Tempat Wisata

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik untuk liburan seru di Kepulauan Seribu

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik untuk liburan seru di Kepulauan Seribu
Biaya tur: Dari Rp 20.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu Administrasi, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Untung Jawa menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau kecil. Wisata laut selalu menjadi incaran para wisatawan yang ingin memanjakan mata dengan pemandangan perairan biru.

Pulau yang satu ini berada di Kepulauan Seribu yang terletak di ibu kota Jakarta, letaknya yang dekat dan alamnya yang indah mampu menarik wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Banyak wisatawan yang terkejut melihat keindahan alam pulau ini.

Anda pun akan dibuat takjub dengan keindahan yang ditawarkan, Anda bisa menghabiskan waktu berlibur di pulau ini. Setelah pulang dari berlibur, dijamin Anda akan merasa lebih bahagia dan segar karena akan melihat alam luas yang luar biasa indah dan bersih.

Daya Tarik Pulau Untung Jawa

Daya Tarik Pulau Untung JawaKredit foto: Google Maps hisyam fikri aditama

Setelah liburan di pulau Untung Jawa, hal pertama yang dikatakan wisatawan adalah oh… ternyata ada tempat wisata yang indah seperti ini di Jakarta. Memang pesona pulau ini tidak main-main, jadi sebelum berkunjung ke sini, simak dulu daya tarik pulau jawa yang beruntung di Kepulauan Seribu ini.

1. Pantainya masih bersih

Daya tarik pertama yang berhasil merebut hati wisatawan adalah pantainya yang bersih dan ombaknya yang menenangkan. Selain pemandangan alamnya yang menarik, udara di tempat ini ternyata masih bagus dan bebas polusi, cocok banget buat kamu yang tinggal di Jakarta.

Dengan kondisi pantai yang bersih ini, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa. Tentu saja, Anda dapat menikmati kehidupan laut secara langsung dengan mata telanjang, pemandangan seperti itu jarang kita lihat di ibu kota. Tapi Anda masih bisa melihatnya di Kepulauan Seribu.

2. Memiliki hutan bakau yang indah

Daya tarik pulau selanjutnya yaitu Untung Jawa memiliki hutan bakau yang luas dan asri. Keindahan alam hutan bakau ini berhasil membuat mata kita terpana dan enggan mengalihkan pandangan karena hamparan laut yang biru dan hijaunya bakau merupakan perpaduan yang sempurna.

Seperti kita ketahui, mangrove sering tumbuh di sekitar pantai, seperti di pinggiran. Pohon ini biasa tumbuh dan ditanam untuk mengurangi polusi pesisir dan menjadi habitat beberapa biota laut. Pohon bakau ini juga biasa dipanen oleh sebagian masyarakat setempat.

3. 1800 jiwa tinggal di pulau Untung Jawa

Siapa sangka pulau yang jauh dari hiruk pikuk kota ini ternyata berpenghuni, tercatat populasinya sekitar 1800 orang. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri karena ternyata meski berada di kepulauan yang jauh dari kota, tetap saja ada orang yang tinggal di sana.

Bahkan mereka juga melakukan aktivitas biasa seperti kita, tak hanya itu keindahan pantainya pun tak kalah menarik. Hingga berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk berkunjung, dan penduduk pulau Untung Jawa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan, misalnya. B. menyediakan akomodasi atau menampung peralatan bermain air.

4. Banyak wisata kuliner

Selain itu, daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke pulau cantik ini adalah banyaknya wisata kuliner. Jadi jangan khawatir kelaparan karena banyak warung makan dengan aneka masakan warga sekitar.

Tentunya ini menjadi pengalaman baru yang tidak akan Anda lupakan, karena selain keindahan alamnya, pulau ini juga memiliki banyak sekali makanan yang bisa disuguhkan. Anda bisa menikmati hidangan yang dipesan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau Untung JawaSumber gambar: Google Maps Ahmad Fakhri

Tentunya setelah melihat hal-hal yang menjadi daya tarik pulau Untung Jawa, Anda juga akan penasaran kan, dimana tepatnya alamat pulau ini dan bagaimana menuju ke sana? Jika Anda sudah penasaran, simak ulasannya di bawah ini.

Alamat wisata ini berada di Kawasan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk bisa datang ke sini, Anda bisa dengan mudah membeli paket wisata. Karena sudah banyak layanan open travel yang membuka destinasi ke pulau ini, namun jika berniat melakukannya sendiri bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Untuk menuju pulau ini Anda bisa melewati 4 rute berbeda dengan jenis kapal yang berbeda. Jika ingin murah dan cepat, wisatawan harus menyeberangi pulau ini dari Dermaga Tanjung Pasir, Tangerang, dengan waktu tempuh 45 menit.

Tapi kalau naik angkutan umum bisa start dari Muara Angke atau Ancol bisa ambil Muara Angke jam 09:00 WIB karena kapal berangkat. Rute selanjutnya dari pelabuhan Sunda Kelapa, keduanya kapal KM. Sabuk Nusantara 66 pukul 08.00. Anda bisa memilih rute mana yang paling mudah untuk sampai ke Pulau Untung Jawa.

Tiket Masuk Pulau Untung Jawa

Setelah mengetahui alamat dan jalan menuju tempat tersebut, Anda juga perlu mengetahui biaya masuk ke pulau ini. Tarif masuk ke pulau eksotik ini juga relatif murah dan terjangkau yaitu Rp 20.000 per hari. Namun, harga tersebut masih dapat berubah dan belum menjadi harga kapal.

Harga tersebut juga belum termasuk wahana dan akomodasi, sehingga disarankan untuk bertamasya saat pergi ke tempat ini. Karena di sana Anda bisa mendapatkan perjalanan pulang pergi, akomodasi, dan tiket untuk beberapa perjalanan.

Namun nyatanya, tidak ada harga tiket final Pulau Untung Jawa. Namun beberapa area dan wahana di pulau ini memiliki tarif tersendiri, sedangkan kapal penyeberangan juga disesuaikan dari titik boarding Anda.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa

Aktivitas seru di pulau Untung JawaSumber Gambar: Google Maps Setyo Aji

Liburan ke Kepulauan Seribu tidak pernah membosankan karena banyak pulau yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pulau Untung Jawa, destinasi yang satu ini sangat bisa dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik untuk dilakukan.

1. Menikmati keindahan pantai

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah menikmati keindahan pantai dengan pasir yang bersih dan laut yang indah. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini, Anda langsung disambut oleh pemandangan indah dan ombak yang tenang.

2. Kegiatan snorkeling

Di perairan Pulau Untung Jawa ini anda juga bisa snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah laut yang sangat bagus. Selain itu, karena pulau ini memiliki kekayaan laut yang tak terbantahkan, airnya pun masih jernih dan Anda bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas.

3. Naik banana boat

Cara lain untuk menikmati liburan di pulau eksotik ini adalah berkeliling pulau dengan banana boat. Fast boat ini juga bisa dijadikan akomodasi untuk bersenang-senang dan melihat pulau dari berbagai sisi.

4. Mainkan wahana jet ski

Selain itu, bagi Anda yang gemar olahraga air, bermain jet ski merupakan pilihan yang tepat, apalagi kondisi perairan di pulau ini cukup mendukung bagi pengunjung untuk bermain jet ski juga.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pendirian di pulau Untung JawaSumber gambar: Google Maps Dimas AP

Tentunya untuk menikmati semua itu dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang fasilitas yang ada di pulau Untung Jawa. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan.

  • Toilet bersih dan mushola
  • Pastikan Anda memiliki ruang pencuci piring yang bersih
  • Punya banyak spot foto yang menarik
  • Ada banyak wisata kuliner, fashion dan craft

Itulah ulasan singkat mengenai Pulau Untung Jawa yang layak dikunjungi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau indah bertabur pasir putih ini memang menjadi destinasi liburan yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button