Tempat Wisata

Pulau Waigeo Raja Ampat – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya

Biaya Tur: Mulai dari Rp 500.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat:Kepulauan Raja Ampat, Kab.Raja Ampat, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pulau Waigeo di Raja Ampat juga dikenal sebagai Amberi atau Waigiu. Terletak di Papua Barat, pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat. Sebagai salah satu destinasi liburan Raja Ampat, pulau eksotis ini merupakan satu-satunya pulau dengan jalan beraspal yang baik dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Sebagai pulau yang paling mudah diakses dengan mobil atau kendaraan umum, akomodasi dan transportasi di pulau ini juga paling mudah di antara pulau-pulau lain di Raja Ampat. Akomodasi ini akan memudahkan wisatawan untuk menjangkau berbagai tempat wisata yang tersebar luas, namun tidak akan membatasi petualangan Anda di pulau ini.

Karena meski infrastrukturnya bagus, keadaan alam di Pulau Waigeo juga sangat terjaga. Pulau Waigo telah menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna langka yang berkeliaran liar di perairan dan di hutan belantara. Sebagian besar pulau belum terjamah dan tidak ada akses ke sana, sehingga lingkungan dan alam masih terjaga dengan baik.

Atraksi yang dimiliki Pulau Waigeo

Atraksi Pulau WaigeoKredit foto: Google Maps Selamatkan laut kita

Pulau ini adalah surganya para petualang. Banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi dengan keindahannya yang masih sangat terjaga kelestariannya. Mencapainya juga tidak mudah. Tapi justru itulah yang membuatnya begitu menarik, karena semua usaha itu dibalas dengan surga yang tersembunyi.

1. Pulau Karang

Pulau Waigeo memiliki keindahan pulau karang yang menjulang tinggi dengan berbagai ukuran membentuk gugusan yang indah. Berbentuk seperti batu karang dengan pepohonan hijau di atasnya, pulau karang ini tersebar di berbagai wilayah pulau. Berdiri di atas laut biru dari atas menambah keindahan pemandangan yang menarik wisatawan.

Beberapa pulau karang juga memiliki pantai pasir putih yang indah. Air laut di sekitar pantai sangat jernih dan terlihat seperti kristal. Ditambah dengan bebatuan karang menjadikannya perpaduan alam yang menakjubkan. Wisatawan tidak akan menyesal datang ke pulau dengan pemandangan karang ini.

2. Keindahan bawah laut

Wisata di Kepulauan Raja Ampat memanfaatkan keindahan bawah lautnya termasuk menjadi daya tarik tersendiri bagi Pulau Waigeo. Dengan air yang sangat jernih, menjadi rumah bagi berbagai jenis spesies karang, berbagai ikan dan biota laut yang sangat kaya. Bahkan ada 8 spesies paus dan 7 spesies lumba-lumba yang hidup di perairan ini.

Pulau besar di Kepulauan Raja Ampat ini juga menjadi habitat duyung, penyu, hiu dan berbagai hewan endemik yang hanya hidup di Papua. Oleh karena itu, pulau ini menjadi salah satu tempat menyelam paling populer tidak hanya bagi wisatawan lokal tetapi juga bagi wisatawan asing. Dive site ini sangat tenang dan kedalaman airnya bisa mencapai 25 meter.

3. Teluk Mayalibit

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau WaigeoSumber gambar: Twitter Jan

Salah satu destinasi wisata yang menjadi daya tarik Pulau Waigeo adalah Teluk Mayalibit. Di teluk ini terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti Desa Lopintol, Air Terjun dan Kalibiru. Berkunjung ke Desa Lopintol, wisatawan bisa berkenalan dengan kearifan lokal yang sangat khas bagi warga sekitar.

Sedangkan Air Terjun adalah tempat dimana wisatawan dapat menemukan air terjun yang tingginya hanya 50 hingga 100 sentimeter. Air ini merupakan air tawar yang turun dari pegunungan kemudian jatuh ke laut, mengubah air di sekitarnya menjadi air payau. Daerah ini memiliki ombak yang sangat tenang, sehingga wisatawan dapat menikmati alam sambil berenang.

Sedangkan Kali Biru berada di Teluk Mayalibit. Merupakan kolam benang air berwarna biru dan sangat dingin. Cukup melelahkan untuk sampai ke tempat ini karena Anda harus mendaki selama 15 menit dan menyeberangi sungai kecil. Meski demikian, perjalanan ke kawasan ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Hutan Observasi

Beberapa area pulau adalah hutan belantara. Berbagai flora dan fauna hidup di dalamnya, beberapa di antaranya merupakan endemik Papua. Hutan ini biasa disebut sebagai hutan observasi. Salah satu hewan langka adalah burung Maleo Waigeo yang hidup di alam bebas dan cukup sulit ditemukan.

Burung ini berukuran cukup besar dengan panjang tubuh 43 sentimeter. Burung ini memiliki dominasi warna coklat pudar dan kombinasi abu-abu di punggungnya. Kepala dan lehernya sendiri hampir tidak berbulu. Karena ia hidup di alam liar, hanya wisatawan yang beruntung yang bisa melihat burung unik ini secara langsung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau WaigeoSumber gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Waigeo adalah salah satu pulau dari Kepulauan Raja Ampat di provinsi Papua Barat. Untuk menuju Raja Ampat, Anda dapat berkendara melalui Jakarta atau Bali dan berganti kereta di Makassar untuk menuju Sorong. Dari Bandara Sorong, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sorong dengan menyewa kendaraan.

Di Pelabuhan Sorong, Anda bisa menyewa perahu yang sudah tersedia untuk langsung menuju Waisai di kawasan pulau. Wahana air yang akan Anda tempuh ini memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Setibanya di sana Anda bisa menyewa kendaraan untuk menuju ke tempat tujuan, baik langsung ke tempat wisata maupun ke tempat Anda menginap.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Waigeo

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau WaigeoSumber gambar: Google Maps Boru Dwi Sumarna

Biaya ke Pulau Waigeo banyak dihabiskan untuk transportasi. Saat masuk Raja Ampat, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 500.000. Selanjutnya Anda perlu menyewa kendaraan. Sewa mobil biasanya seharga Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan biaya akomodasi yang harganya bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan. Anda bisa memilih tempat menginap yang sesuai dengan selera dan budget Anda.

Aktivitas seru di Pulau Waigeo

Aktivitas di Pulau WaigeoKredit foto: Instagram Reza Yanuar Satria

Saat Anda mengunjungi pulau eksotis ini, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Berbagai aktivitas tersebut tentunya akan membuat pengalaman liburan Anda menjadi sangat menyenangkan dan tak terlupakan. Dengan berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi, berikut aktivitas yang bisa dilakukan.

1. Snorkeling atau Menyelam

Dengan air yang sangat tenang dan jernih, Pulau Waigeo merupakan tempat yang populer untuk snorkeling atau menyelam. Selain itu, di kawasan ini Anda akan menemukan berbagai jenis terumbu karang, biota laut, serta ribuan spesies ikan yang akan berenang bersama Anda. Selain itu, perairan ini juga menjadi rumah bagi hewan besar seperti paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain yang akan Anda temukan.

2. Lihat kearifan lokal

Jika Anda berkunjung ke desa Lopintol, Anda akan menemukan kearifan lokal dari penduduk setempat. Salah satu kegiatan yang menarik adalah menangkap ikan dengan cara tradisional. Biasanya, saat panen tiba, warga berkumpul untuk membangun keramba ikan batu. Pada malam hari mereka menangkap ikan lema di dalam keramba dengan cara menyendoknya dengan berbagai alat.

3. Pengamatan satwa endemik Papua

Jika Anda seorang pecinta alam yang suka melihat atau mengamati hewan langka, maka Anda bisa datang ke hutan observasi. Di hutan ini Anda bisa melihat hewan langka, beberapa di antaranya endemik dan hidup bebas di alam liar. Hutan ini hanya tempat untuk melihat hewan langka, tidak dibenarkan untuk berburu.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit Foto: Google Maps Talaip Homestay

1. Resor Pandawa

Merupakan penginapan populer dengan lokasi strategis dan memiliki akses wisata wajib. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, antara lain AC, resepsionis 24 jam dan pilihan hiburan seperti kegiatan memancing atau menyelam. Penginapan ini menawarkan pemandangan pantai dan juga dijaga oleh satpam 24 jam.

2. Homestay di Talaip

Penginapan ini sangat nyaman dengan bangunan berdinding kayu. Homestay Waigeo Barat ini dekat dengan berbagai destinasi wisata yang mungkin ingin Anda kunjungi. Dengan kamar yang bersih, penginapan ini juga ramah anak.

3. Kamaraja Hometsay

Terletak di Waigeo Barat. Penginapan ini sangat nyaman dengan dinding kayu. Pemandangan di sekitarnya juga indah. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau WaigeoKredit foto: Google Maps Ria Aria Lai

Pulau Waigeo memiliki fasilitas berupa akomodasi dasar dan transportasi. Dengan jalan beraspal, mudah untuk melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang dapat diakses di daerah ini. Berbagai penyewaan mobil atau motor tersedia, dan transportasi umum juga dapat digunakan.

Di kawasan pulau ini Anda juga akan menemukan banyak penginapan. Anda dapat memilih homestay atau hotel tergantung pada anggaran Anda. Sedangkan fasilitas yang Anda dapatkan tergantung dari harga sewa per malam.

Fasilitas lainnya termasuk penyewaan peralatan untuk kegiatan seperti menyelam atau snorkeling. Beberapa hotel biasanya menawarkan wisata atau akomodasi untuk kegiatan ini. Anda juga dapat mencari panduan untuk menunjukkan situs menyelam terbaik.

Pulau Waigeo merupakan salah satu pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat yang memiliki akses jalan yang cukup baik. Alamnya yang masih terjaga membuat pulau ini sangat cocok bagi para pencari petualangan. Banyak tempat keindahan yang menakjubkan untuk dikunjungi. Juga sebagai tempat untuk melihat langsung flora dan fauna langka dan endemik Papua.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button