Tak Berkategori

Pulau Wisata Lakkang, sebuah pulau eksotik di Makassar yang diapit oleh tiga sungai

Pulau Wisata Lakkang di Makassar merupakan sebuah pulau unik eksotik yang lokasinya diapit oleh tiga sungai dan menjanjikan pengalaman wisata yang berbeda dan mempesona.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Lakkang, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Wisata Lakkang mungkin masih belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Pasalnya destinasi wisata ini cukup tersembunyi di Makassar dan diapit oleh tiga sungai sekaligus.

Sungai Pampang, Sungai Tallo, dan Sungai Unhas membuat pulau ini tak terlihat. Padahal keindahan alamnya sangat indah dan menakjubkan.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menyimpan jejak sejarah masa lalu. Ada tiga bunker Jepang yang saat ini terkubur di dalam tanah.

Bunker ini dimanfaatkan warga setempat untuk tujuan tertentu. Sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai petani dan nelayan, hal ini cukup unik karena kedua profesi ini biasanya terpisah.

Mengunjungi tempat wisata memang memerlukan banyak perhitungan, apalagi mengingat objek wisata yang ada di sana. Sebagai tempat wisata alam dan sejarah, kali ini memiliki banyak keistimewaan unik yang wajib Anda ketahui.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menjelaskan lebih detail mengenai objek wisata, lokasi, biaya masuk dan fasilitas yang ditawarkan.

Pemandangan Pulau Wisata Lakkang

Daya tarik pulau wisata LakkangFoto oleh Oei Herman di Google Maps

Pulau adalah suatu daratan yang dikelilingi oleh air, baik laut maupun danau. Kondisi pulau wisata Lakkang juga sama, diapit oleh tiga sungai sekaligus.

Untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung harus menggunakan transportasi air. Selama Anda di sini Anda akan menemukan banyak hal menarik.

Keindahan alam pulau wisata Lakkang

Daya tarik utama yang menjadikan objek wisata ini layak untuk dikunjungi adalah keindahan alamnya.

Pulau yang tercipta dari segmentasi sungai ini dikelilingi oleh berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh subur di sekitarnya. Sebagian besar merupakan pohon bambu, yang daunnya tipis dan lebat memberikan keteduhan.

Pulau wisata Lakkang di Makassar tampak semakin indah karena jarangnya pengunjung yang datang. Hal ini memberikan kesan alami dan indah sehingga cocok dijadikan tempat penyembuhan.

Seperti yang sudah disebutkan, pulau ini dikelilingi oleh tiga sungai sekaligus. Pemandangan semakin menawan ketika air sungai mengalir tenang dan menenangkan hati.

Uniknya, tidak ada akses darat berupa jembatan atau sejenisnya untuk mencapai pulau ini. Wisatawan yang penasaran dengan keindahan dan suasana alam harus menggunakan transportasi air.

Namun, tak perlu khawatir karena tersedia banyak perahu yang siap mengantar pengunjung. Hanya saja Anda perlu mempersiapkan biaya yang harus ditanggung.

Sebagai wisata sejarah

Bunker Jepang masih banyak terdapat di berbagai tempat, termasuk di Pulau Wisata Lakkang Makassar. Anda bahkan bisa menemukan tiga bunker sekaligus, tidak terlalu jauh.

Bunker memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung tujuan pembangunan dan letak geografis atau tempat dibangunnya.

Selama Perang Dunia II, Jepang membangun banyak bunker di berbagai wilayah yang dikuasainya sebagai bagian dari sistem pertahanannya.

Ada pula yang dibangun dengan tujuan untuk menyimpan berbagai senjata, atau bisa dikatakan sebagai gudang senjata. Saat Anda berada di sini, Anda dapat melihat seperti apa dan setiap bagiannya.

Suasana indah dan alami

Suasana kawasan wisata Pulau Wisata Lakkang masih terasa alami dan asri karena jarang diperhatikan oleh wisatawan. Setidaknya untuk saat ini Anda bisa menikmati keindahan dan suasana sejuk saat berkunjung.

Pepohonan yang masih alami tumbuh dengan sendirinya karena proses alami, warna hijau juga disebabkan oleh banyaknya vegetasi yang ada disekitarnya.

Meski berada di kawasan perkotaan, nuansa pedesaan masih bisa kamu rasakan di sini. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa perahu nelayan sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Mereka memancing dengan jaring, ada juga yang memancing di tepian sungai. Festival tradisional lokal berlangsung pada waktu-waktu tertentu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau wisata LakkangFoto oleh Slamet Apriyanto di Google Maps

Jika Anda tertarik dan ingin mengunjungi pulau wisata Lakkang, Anda harus bersiap melintasi pulau tersebut dengan menggunakan perahu. Tak perlu khawatir karena perjalanan dijamin aman.

Tidak ada ombak seperti di laut, hanya saja arusnya terkadang cukup deras. Ada tiga dermaga untuk penyeberangan perbatasan itu sendiri.

Anda bisa memilih dermaga di Talo, Kecamatan Pampang dan dermaga di samping Tol IR Sutami. Cara Anda mencapai setiap dermaga tergantung dari mana Anda berangkat.

Terletak di Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pulau cantik ini sangat mudah dijangkau.

Pulau wisata Lakkang terletak tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa menjadikan Makassar Town Square sebagai referensi utama Anda.

Anda juga dapat menggunakan Stasiun Kereta Api Sultan Hasanudin karena letaknya tepat di sebelahnya. Jika masih bingung atau ragu, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya.

Biaya masuk dan jam buka

Pulau eksotik ini memiliki luas sekitar 195 hektar, sehingga membutuhkan banyak waktu untuk mengelilinginya. Sekitar 300 kepala keluarga tinggal dan bekerja sebagai petani dan nelayan di kawasan ini.

Mengunjungi objek wisata alternatif ini tidak memerlukan tiket masuk alias gratis, Anda bisa langsung masuk di lokasi.

Namun karena pulau wisata Lakkang di Makassar tidak memiliki jalur darat, maka Anda harus melintasi pulau tersebut dengan menggunakan perahu. Tidak terlalu mahal, cukup bayar 3.000 rupiah untuk satu orang.

Jika membawa kendaraan, biaya penyeberangan sebesar 5.000 rupiah. Anda bisa mampir kapan saja, namun penyeberangan dimulai pukul 07.00 – 18.00 WITA.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Pulau Wisata LakkangFoto oleh Oei Herman di Google Maps

Keindahan pulau yang eksotik dan masih alami menjadi daya tarik utama tempat wisata alternatif di Makasar ini. Tak heran jika banyak yang penasaran dan ingin berkunjung. Ada juga banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan secara lokal.

1. Jelajahi pulau

Aktivitas menarik yang pertama di Pulau Wisata Lakkang Makassar adalah jalan-jalan. Karena pulau ini sangat besar, Anda memerlukan banyak waktu untuk menjelajahi semua tempat.

Anda dapat memilih lokasi-lokasi penting termasuk Bunker Budaya Jepang. Kegiatan ini sangat menyenangkan terutama bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran dari kepenatan sehari-hari.

2. Menikmati keindahan alam dan pemandangan indah di pulau wisata Lakkang

Tak hanya sekedar berjalan-jalan, Anda juga bisa menikmati keindahan yang ada di hadapan Anda. Pulau cantik ini masih belum terjamah dan dihiasi banyak tumbuh-tumbuhan hijau.

Telah disebutkan bahwa sebagian besar merupakan pohon bambu. Selain itu masih banyak terdapat pohon-pohon besar, bahkan ada yang berumur mencapai ratusan tahun jika dilihat dari ketinggiannya.

3. Memancing di tepi sungai

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan di pulau wisata Lakkang adalah memancing. Objek wisata ini dikelilingi oleh tiga sungai sekaligus, sehingga mencari tempat yang tepat tentu tidak sulit.

Selain itu, sungai di sini menjadi rumah bagi banyak jenis ikan antara lain ikan nila, ikan gabus, lele, nila, dan juga ikan mas.

4. Keseruan mengendarai perahu

Perjalanan dengan perahu merupakan aktivitas yang wajib dilakukan di sini mengingat harus melintasi pulau. Hanya saja Anda bisa berjalan-jalan di sekitar sungai agar lebih seru.

Perahu nelayan tersedia di dermaga untuk menemani aktivitas ini. Anda bisa menegosiasikan harga yang telah disepakati terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau Wisata LakkangFoto oleh Oei Herman di Google Maps

Meski saat ini pengunjungnya masih sedikit, namun fasilitas yang ada di Pulau Wisata Lakkang Makassar sudah sangat memadai. Akses utama menuju penyeberangan adalah dengan perahu, kemudian terdapat tempat parkir mobil dan toilet.

Jika ingin beribadah, silakan menggunakan musala di dekat dermaga. Ada juga tempat berteduh yang nyaman dan kedai makanan ringan tersedia di sini.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang beragam adalah Makasar. Semua kategori wisata terwakili di sini, mulai dari wisata alam, religi, budaya, pendidikan, hingga gaming.

Contohnya adalah wisata Pulau Lakkang yang kita bahas kali ini termasuk wisata alam yang mempunyai potensi keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button