Tempat Wisata

Pulau Wisata Lakkang, wisata laut eksotis penuh sejarah di Makassar

Pulau Wisata Lakkang, wisata laut eksotis penuh sejarah di Makassar
Biaya tur: Bebas, Waktu aktif: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Lakkang, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Wisata Lakkang merupakan sebuah pulau yang berada di pusat kota Makassar, pulau ini terletak di kecamatan Tallo. Keberadaannya terkesan tersembunyi karena diapit oleh 3 sungai sekaligus, yakni Sungai Pampang, Sungai Tallo, dan Sungai Unhas. Ketiga sungai inilah yang membuat pulau ini tidak terlihat dan jarang orang yang tahu tentang pulau ini.

Jika Anda seorang pecinta alam dan menyukai hal-hal bersejarah ketika Anda datang ke Makassar, Anda tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi pulau ini. Untuk menuju ke sini Anda bisa menggunakan jalur air dari berbagai dermaga di dekat pulau ini.

Di Pulau Wisata Lakkang banyak dimanfaatkan untuk memancing oleh masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan dari pulau yang didominasi bambu ini karena masyarakat pulau ini dulunya membuat kerajinan tangan dari bambu yang kemudian dijual. Pada artikel kali ini kita akan membahas pulau ini secara lengkap, jadi pastikan untuk menyimaknya ya!

Daya tarik pulau wisata Lakkang

Atraksi yang Dimiliki Pulau Wisata LakkangSumber gambar: Google Maps Abdul Muis

Pulau Lakkang memiliki pesona tersendiri yang membuatnya berbeda dengan objek wisata lainnya,

1. Wisata Sejarah

Desa ini memiliki banyak daya tarik, salah satunya desa wisata yang unik. Di sini Anda bisa belajar membuat kerajinan tangan dari bambu. Terkubur juga 3 bunker Jepang yang digunakan oleh Tentara Jepang selama perang dan juga menjadi tempat pelarian.

2. Keindahan Pulau Lakkang yang masih tersisa

Letaknya yang berada di delta sungai Tallo dan Pampang membuatnya semakin unik karena konon katanya pulau ini terbentuk dari ruas-ruas sungai selama ratusan tahun dan yang lebih menarik lagi keindahan dan keasrian pulau ini tetap terjaga meski berada di tengah kota.

3. Memiliki keunikan tersendiri

Selain itu, daya tarik utama pulau cantik ini adalah kawasan pertanian dan juga kawasan nelayan di tengah kota, tambak dan juga pepohonan yang berusia ratusan tahun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju lokasi pulau wisata LakkangSumber Gambar: Google Maps Nask Hansam

Situs Pulau Wisata Lakkang ini terletak di tengah kota dengan luas sekitar 195 hektar dan juga dihuni oleh 300 kepala keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Untuk jalan menuju pulau ini ada 3 dan melalui dermaga untuk bisa menyeberanginya. Dermaga pertama adalah Monkey Pier di kampus UNHAS, yang kedua di jalan tol lama di kawasan industri Makassar, Sulawesi Selatan, dan dermaga lainnya berbentuk kolam.

Karena tidak ada jembatan atau jalan penghubung langsung, seseorang harus melalui dermaga dan menggunakan perahu sebagai alat transportasi. Anda hanya perlu membayar Rp3.000 untuk pulang pergi, jika ingin menyeberang sepeda motor bolak-balik itu adalah Rp5.000. Untuk kapasitas kapalnya sendiri, setelah diangkut bisa menampung 7 orang sekaligus, namun harus menunggu sekitar 15-30 menit untuk penjemputan kapal.

Jarak ke pulau eksotis ini sekitar 25-30 menit, tapi karena Anda akan duduk di atas perahu dan menikmati pemandangan, tidak akan memakan waktu lama dan akan menyenangkan. Jam operasionalnya sendiri adalah dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore WITA, di luar jam tersebut Anda tidak akan bisa melintasi pulau ini.

Biaya masuk untuk tur pulau

Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke pulau ini, cukup membayar biaya penyeberangan dengan kapal.

Aktivitas seru di pulau Lakkang

Aktivitas seru di pulau LakkangSumber Gambar: Google Maps Nisma Usral

Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Wisata Lakkang

1. Berperahu

Tentunya seperti yang sudah dijelaskan bahwa pulau ini dikelilingi oleh tiga sungai sekaligus, untuk mencapai pulau ini anda harus menggunakan perahu agar bisa menyeberang dan masuk ke pulau ini. Dalam perjalanan menyusuri sungai anda akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Anda juga bisa melihat langsung kawasan mangrove yang rimbun dan keindahan persawahan yang ada di desa tersebut.

2. Penelitian

Selain keunikan dan pesonanya, pulau eksotik ini juga sering menjadi tujuan para mahasiswa atau akademisi untuk melakukan kegiatan penelitian, pulau ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi objek penelitian bagi para pecinta alam dan peneliti.

3. Berkeliling

Setelah puas melihat dan menikmati pemandangan sambil naik perahu ke pulau ini, Anda bisa berkeliling pulau ini. Kegiatan yang satu ini sangat digemari oleh banyak pengunjung walaupun terdengar sangat sederhana, namun kegiatan jalan kaki ini sangat menarik karena pengunjung juga dapat melihat secara langsung rumah adat Bugis yang ada di kawasan ini.

Selain itu, jika Anda berjalan melalui desa Anda juga dapat melihat aktivitas sehari-hari masyarakat setempat yang masih sangat kental dengan nuansa pedesaan. Anda juga bisa mencari tempat-tempat menarik untuk berfoto, salah satunya bunker yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang.

4. Memancing

Di awal artikel kami sedikit membahas tentang pulau wisata Lakkang yang biasa digunakan untuk memancing, bagi anda yang senang menghabiskan waktu memancing bisa mencobanya saat berkunjung ke sini.

Masyarakat setempat telah menyediakan kolam khusus pemancingan yang dapat digunakan untuk memancing pengunjung. Kegiatan yang satu ini memang sangat baik untuk menyalurkan hobi atau sekedar untuk menghilangkan stress dan menenangkan pikiran.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau LakkangSumber gambar: Google Maps Oei Herman

Walaupun pulau ini merupakan kawasan wisata yang terpencil, namun tidak perlu khawatir karena pulau cantik ini memiliki fasilitas yang memadai seperti dermaga penyeberangan, toilet umum, tempat berteduh, tempat parkir, pedagang kaki lima dan penginapan.

Bagi Anda yang ingin menginap di desa ini, Anda bisa menikmati liburan dengan menyewa salah satu penginapan yang disediakan oleh pemandu. Anda tidak perlu khawatir karena tempatnya sangat aman dan nyaman tentunya anda tidak perlu khawatir untuk membawa keluarga anda berlibur ke sini.

Jika Anda berencana mengunjungi Pulau Wisata Lakkang, pastikan untuk melindungi kulit Anda dengan tabir surya yang memadai. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang tunai karena akses ATM juga tidak tersedia. Anda juga bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen di sana, tentu sangat menyebalkan saat Anda keluar tetapi tidak membawa satu foto pun, bukan?

Anda juga bisa membawa makanan dan minuman jika mau, namun tidak perlu khawatir karena di pulau ini juga banyak dijumpai warung atau kafe sederhana yang menjual berbagai jenis masakan khas desa yang akan menggugah selera. Pastikan Anda membawa alat pancing jika ini tujuan memancing Anda, berhati-hatilah agar tidak meninggalkan sampah dan tetap menjaga kebersihan dan sopan santun kepada penduduk setempat.

Bagaimana? Sudahkah Anda memutuskan ke mana akan pergi berlibur bersama keluarga? Atau kamu sudah penasaran? Pulau Wisata Lakkang?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button