Berita Wisata

Puluhan anak muda lebih terlatih menjadi penjaga pantai

22 11 27 19 37 27 205IKUTI PELATIHAN – Puluhan anak muda dari kampung ekses, saat mengikuti pelatihan penyelamatan pantai, Minggu (27/11/2022).

Gianyar, DENPOST.id

Pesisir selatan Kabupaten Gianyar mulai dari daerah Siyut, desa Tulikup hingga daerah Lembeng, desa Ketewel, Sukawati merupakan daerah pesisir dan banyak dikunjungi oleh masyarakat maupun wisatawan. Di sepanjang pantai ini pun tak jarang orang tersapu ombak. Beberapa meninggal dan beberapa hilang dan tidak ditemukan, dan beberapa diselamatkan.

Untuk mengamankan kawasan pesisir, puluhan pemuda Desa Lagi, Gianyar, digembleng atau dilatih penyelamatan pantai/Balawista. Pelatihan dilakukan oleh tenaga profesional di More Village, Gianyar pada Minggu (27/11/2022). Pelatihan penyelamatan pantai ini diamankan oleh polisi dan TNI.

Pelatihan Balawista dihadiri oleh anggota DPRD Gianyar, Ketua Balawista Indonesia, I Made Suparka; Ketua Balawista Gianyar, I Nyoman Weta, anggota masyarakat Balawista dan kepala desa lainnya.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Presiden Balawista Indonesia, I Made Suparka. Kemudian dilanjutkan dengan lomba standar penyelamatan pantai seperti beach run up to 100m, beach swim up to 400m dengan waktu tempuh 8 menit dan dilanjutkan dengan berbagai beach rescue.

Pelatihan Balawista diikuti oleh pemuda desa yang berusia di atas 17 tahun. Di mana, diklat Balawista yang lolos seleksi akan mendapatkan sertifikat beach rescue bertaraf internasional dari Balawista Indonesia.

Kapolres Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa mengatakan Bhabinkamtibmas harus selalu hadir di tengah masyarakat yang dibantunya untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif. (116)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button