Berita Wisata

Puncak Bau Nyale 2023 akan dipusatkan di Pantai Tanjung Aan

KOMPAS.com – Pantai Tanjung Aan di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi pusat Perayaan Puncak Bau Nyale Penangkapan Cacing Laut tahun ini, mulai Jumat (2/10/2023) hingga Sabtu (2/11/2023).

“Malam puncak Bau Nyale di (Tanjung) Pantai Aan. Bau Nyale menginap di Pantai Seger pada pagi hari,” kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri seperti dikutip dari Kompas.com. Termasuk antaraJumat (20/1/2023).

Baca juga :

Ia menambahkan, Pantai Tanjung Aan dipilih untuk mengawal pembangunan di wilayah barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Sirkuit Mandalika (Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika).

Hal itu, kata dia, karena pada Maret 2023 akan ada event World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Kisah Festival Bau Nyale Bisa Jadi Nilai Jual Pariwisata

Warga ikut menangkap nyale atau cacing laut yang konon merupakan perwujudan Putri Mandalika, saat puncak tradisi Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022).  Tradisi Bau Nyale dirayakan setiap tahun oleh masyarakat Sasak di sepanjang pantai selatan Pulau Lombok pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Februari 2022.KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI Warga ikut menangkap nyale atau cacing laut yang konon merupakan perwujudan Putri Mandalika, pada puncak tradisi Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022). Tradisi Bau Nyale dirayakan setiap tahun oleh masyarakat Sasak di sepanjang pantai selatan Pulau Lombok pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Februari 2022.

Ia pun mengimbau agar pemilihan venue tidak dipersoalkan, sekaligus mengajak semua pihak untuk mendukung tradisi ini.

Dilaporkan sebelumnya Kompas.comPada Rabu (11/1/2023), tanggal puncak Bau Nyale ditetapkan berdasarkan hasil ritual penangkapan tokoh budayawan dan pemuka agama Warige setempat.

Baca juga :

“Sesuai hasil warige atau musyawarah, Bau Nyale di Pantai Seger ditetapkan sejak Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari,” kata budayawan Agus Fathurrahman, Rabu 11/01/2023.

Selama Bau Nyale, masyarakat akan pergi ke pantai untuk berburu cacing laut yang konon merupakan perwujudan Putri Mandalika. Cacing yang tertangkap biasanya berwarna hijau dan merah.

Baca Juga: Itinerary Wisata Budaya 2 Hari 1 Malam di Mandalika Lombok Tengah

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button