Tempat Wisata

Puncak Bukit Tetetana, nikmati panorama kota Manado dari ketinggian di Minahasa

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00 – 18.00 WITA, Alamat: Kecamatan Suluan. Tombulu, Kab.Minahasa, Sulawesi Utara; map: Cek lokasi

Sulawesi seperti surga pecinta alam. Bagaimana tidak, di Sulawesi berbagai destinasi wisata alam yang menakjubkan tersedia lengkap, mulai dari wisata laut dan darat yang sudah tak terhitung banyaknya. Salah satu dari sekian banyak destinasi wisata alam Sulawesi adalah Puncak Bukit Tetetana di Suluan, Minahasa. Bukit yang satu ini wajib kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup.

Puncak yang indah ini menjadi objek wisata di atas sebuah bukit. Puncak bukit ini selalu masuk dalam daftar tujuan wisata kotamadya sekitarnya. Namun, objek wisata ini tidak hanya menyenangkan penduduk setempat tetapi juga banyak wisatawan yang datang dari luar. Rentang bentang alam yang ditampilkan menjadi faktor utama populernya wisata alam ini.

Suasana sejuk yang mengelilingi kawasan perbukitan juga menjadi daya tarik yang harus Anda rasakan setidaknya sekali dalam hidup Anda. Terlepas dari kehidupan sehari-hari, wisatawan menemukan kedamaian sejati di sini ketika mereka bersantai. Ingin menggali lebih dalam semua detail Tetetana Hill Top? Jika iya, yuk simak uraiannya di bawah ini!

Atraksi teratas Bukit Tetetana

Objek wisata puncak Tetetana HillKredit Foto: Instagram oleh ORANG TORANG SULAWESI UTARA

Seperti kebanyakan tempat wisata alam Sulawesi yang keindahannya di atas rata-rata, hal ini tercermin dari Puncak Bukit Tetetana. Seolah semua keindahan di atas bukit ini tersaji secara utuh. Selain keindahannya, aspek pendukung lain yang membuat objek wisata ini sangat populer di kalangan pecinta wisata alam adalah lokasinya yang sejuk dan berbagai atraksi lainnya.

1. Kota Manado yang megah dari atas

Karena objek wisata ini menyandang nama Puncak Bukit Tetetana, lokasi pusatnya tentu saja berada di atas ketinggian. Wisatawan yang datang berkunjung dapat melihat pemandangan Kota Manado yang menakjubkan dari atas. Pemandangan seperti ini bisa menghilangkan stres di pikiran. Karena pemandangannya yang menakjubkan, itu akan memukau siapa pun yang melihatnya.

Selain pemandangan Kota Manado yang mempesona, bukit ini juga menawarkan pemandangan lain yang tidak kalah indahnya dengan pemandangan Kota Manado. Bagaikan megahnya Gunung Klabat yang berdiri kokoh di tanah Sulawesi, keindahan Tugu Kaki Dian Minut menjadi kebanggaan tersendiri bagi wisatawan untuk bisa melihat Bandara Sam Ratulangi saat berada di atas puncak.

2. Hydrangea mekar yang indah

Mungkin anda yang tinggal di perkotaan jarang bahkan tidak pernah melihat bunga hydrangea. Perlu diketahui bahwa bunga hydrangea merupakan bunga cantik berbentuk seperti nub awal dengan warna biru, pink dan ungu. Bunga Hortensa berasal dari wilayah Asia Timur Asia Selatan dan Amerika Utara dan Selatan. Bunga cantik ini juga tumbuh di Jepang dan China.

Bunga Hydrangea jarang ditemukan bahkan di daerah perkotaan karena bunga ini hanya bisa tumbuh di tempat-tempat tertentu seperti bukit ini. Wisatawan yang tertarik melihat indahnya bunga hydrangea bisa mengunjungi bukit ini. Ada banyak bunga hydrangea yang tumbuh subur di rerumputan di sini. Warnanya juga bervariasi dari putih, biru hingga ungu. Sangat cantik!

3. Lengkapi “Meadow With Nice Atmosphere”.

Saat mengunjungi puncak Bukit Tetetana untuk pertama kalinya, wisatawan langsung disambut oleh ruang hijau yang luas, yang tidak lebih dari padang rumput. Rerumputan yang tumbuh di sekitar puncak bukit terlihat sangat rapi karena rerumputannya sama tingginya. Rerumputan yang membentang sejauh mata memandang ini tidak hanya rapi tetapi juga memiliki warna hijau muda yang sangat enak dipandang.

Luasnya rumput yang dihadirkan tentu bisa menciptakan udara yang bersih dan asri. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan kenyamanan sejati saat berkunjung ke sini, mulai dari kawasan berumput hingga suasana asri yang tercipta. Tak salah jika puncak bukit ini sangat populer di kalangan wisatawan yang menyukai wisata alam. Memperlakukan pesona bukanlah lelucon.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat teratas Bukit TetetanaKredit foto: Instagram Syarif Rohimi

Puncak Bukit Tetetana Suluan sangat menarik bagi wisatawan untuk merasakan pesonanya. Bisa juga termasuk Anda yang mulai tergiur dengan daya tariknya. Anda tidak perlu khawatir atau bingung saat menemukan alamat dan rute menuju tempat tujuan. Puncak bukit ini terletak di Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Minahasa, Kecamatan Tombulu dan berada di Desa Suluan.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak bukit ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Tomohon. Tujuan dari perjalanan 30 menit ini adalah desa Kumelembuai yang berada tepat di sebelah Minahasa. Tempatnya mudah ditemukan, belum lagi penunjuk arah agar tidak tersesat.

Wisatawan bisa mengarahkan kendaraannya ke Jalan Tondano Kamangta lalu belok kanan menuju Jalan Tondano Rurukan. Setelah itu belok kanan dua kali, dilanjutkan dengan belok kiri dua kali hingga sampai di tempat tujuan wisata. Mendapatkan di sini tidak mudah, sehingga tidak akan membingungkan wisatawan.

Lokasinya yang berada di pedesaan berdampak baik terhadap sikap masyarakat sekitar. Tidak diragukan lagi betapa ramahnya orang-orang di sini. Kalaupun wisatawan masih tersesat, tanyakan saja pada penduduk setempat dan mereka akan menjawab Anda untuk informasi lokasi dengan nada yang sangat ramah. Terasa seperti liburan konsep pedesaan, bukan? Tertarik?

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Tetetana Hill teratasKredit foto: Google Maps Maxi Wowiling

Tentu saja melihat pesona gaya yang disuguhkan membuat orang bingung apakah tempat wisata ini memiliki harga yang fantastis bagi para pengunjungnya. Juga karena sambutan yang buruk, Anda sudah berencana untuk mencegahnya berkunjung ke sini. Anda sebenarnya tidak perlu khawatir atau khawatir dengan harga tiketnya. Karena pastinya ramah kantong.

Cukup menyiapkan Rp 10.000, wisatawan sudah bisa memasuki kawasan perbukitan. Tentu saja harga ini cukup murah ketika wisatawan bisa merasakan liburan yang damai di atas bukit. Berbagai aktivitas menarik yang bisa mengalihkan stres Anda sementara bisa dilakukan hanya dengan Rp 10.000. Jadi tidak ada alasan untuk mengabaikan kunjungan ke puncak bukit ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tetetana Hill

Aktivitas di Bukit TetetanaKredit foto: Instagram Yoh Noegroho

1. Bersantai dengan suguhan Kota Manado

Pemandangan Kota Manado yang luas, hanya tersedia dari puncak Bukit Tetetana di Suluan, menjadi tempat yang sangat bagus untuk bersantai. Wisatawan bisa duduk dan menyaksikan hiruk pikuk Kota Manado dari atas. Tidak hanya itu, pemandangan gunung, monumen wisata populer lainnya, dan bandara yang membanggakan akan menjadi teman bersantai yang sempurna bagi pengunjung.

2. Wefie dengan bunga Hertonsia

Berlibur bersama teman-teman di puncak bukit bukanlah pilihan yang buruk. Wisatawan bisa mengajak teman untuk menyegarkan diri dengan sajian panorama. Kamu juga bisa mengajak wefies bersama teman terdekat untuk diunggah ke media sosial. Tapi potret WiFi Anda jauh dari sempurna tanpa bunga Hertones. Wisatawan dapat mengambil beberapa foto potret dengan bunga ini.

3. Piknik di atas padang rumput

Area datar yang cenderung miring ke atas bisa dijadikan area piknik. Menyebarkan tikar sambil menyantap makanan buatan sendiri terdengar begitu mengasyikkan. Belum lagi menambah pesona kota Manado yang ditampilkan. Suasana sejuk yang mengelilingi kawasan perbukitan juga akan menjadi teman baik bagi Anda yang ingin piknik. Kedengarannya menyenangkan bukan?

Fasilitas yang tersedia di daerah perbukitan

Fasilitas di kawasan Bukit TetetanaKredit foto: Google Maps Markus Sanarko

Masalah fasilitas adalah topik yang tidak pernah muncul di benak pengunjung di sini. Seiring berjalannya waktu, institusi yang sebelumnya tidak lengkap menjadi lebih lengkap dan sesuai. Tentunya wisatawan yang berkunjung dapat menggunakan semua fasilitas yang ada di puncak Bukit Tetetana dengan membayar sedikit biaya tambahan.

Wisatawan yang memiliki hobi makan atau wisatawan yang penat setelah menempuh perjalanan 30 menit dari Kota Tomohon dapat mencoba makanan yang disajikan oleh kantin. Terdapat kantin dimana kantin menyediakan kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman bagi pengunjungnya. Kantin ini dikelola oleh pengelola di sini.

Di sebelah kantin yang menyajikan hidangan lezat. Wisatawan atau ibu-ibu yang menyukai bunga bisa mencuci mata dengan keindahan bunga yang ada di sini. Ada taman bunga di mana berbagai jenis bunga tumbuh dan bunga yang terkenal adalah hydrangea. Wisatawan juga bisa belajar lebih banyak tentang perawatan dan pertumbuhan bunga.

Demikian penjelasan lengkap tentang puncak Bukit Tetetana Suluan. Tidak diragukan lagi betapa mempesonanya tempat wisata di Minahasa ini. Semua hal itu hanya bisa didapatkan wisatawan dengan mengunjungi suatu objek wisata. Selain itu, harga tiket yang relatif murah tentu bisa menjadi alasan lain mengapa Anda harus datang ke sini. Wisatawan tidak akan menyesal berlibur di puncak bukit ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button