Tempat Wisata

Puncak Dipowono Kulonprogo, harga tiket, fasilitas, atraksi, dll

Puncak Dipowono Kulonprogo, harga tiket, fasilitas, atraksi, dll

KTT Dipowono – Perjalanan liburan ke kota jogja tidak hanya berlama-lama di pusat kota tapi coba kunjungi beberapa kabupaten sekitarnya.

Padahal destinasi wisata di pusat kota ini terkenal sangat menawan dan selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Karena kota jogja merupakan salah satu tujuan wisata di dunia.

Namun untuk memberikan sensasi berbeda saat liburan tiba kami merekomendasikan untuk menjelajahi daerah tersebut lebih jauh lagi, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Kabupaten Kulonprogo.

Meski cukup jauh dari pusat kota Jogja dan berada di sisi paling barat kota, namun bisa memberikan pengalaman berbeda saat berlibur. Sejumlah destinasi wisata alam yang menyenangkan menanti untuk Anda dan keluarga jelajahi. Salah satu objek wisata yang saat ini terdampak adalah Puncak Dipowono.

Pemandangan puncak yang menawan selalu menjadi magnet tersendiri bagi pecinta alam. Bagi Anda yang menginginkan suasana damai dan tenang, mengunjungi puncak Dipowono sangat cocok.

Belum lagi puncak Dipowono yang berada di ketinggian bukit gores jadi idola banyak orang, karena bukit gores yang ada di kota jogja dan jawa tengah ini menjadi primadona para pecinta travelling.

Pemandangan di sekitar bukit sangat mempesona dan akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Apa yang kamu tunggu? Segera kunjungi objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono bersama keluarga dan orang tersayang.

Lokasi Puncak Dipowono

Obyek wisata ini terletak di kawasan perbukitan menorehkan yang sangat populer di kota jogja. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, yaitu berada di kabupaten Kulonprogo, bagian paling barat kota Jogja.

Meski tempatnya cukup jauh dan paling ujung, namun cukup mudah dijangkau dengan sepeda motor atau mobil. Jika Anda kesulitan menemukan lokasinya, Anda bisa mencoba menggunakan Google Maps untuk memandu perjalanan Anda.

Bagi yang penasaran dengan lokasi puncak Dipowono, bisa langsung datang ke kawasan KM Jalan Clereng Tamanan. 6, Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Canting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdbCanting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdb

Rute menuju lokasi puncak Dipowono

Setelah melihat tempat wisata unggulan di Dipowono, sekarang kita akan melihat rute atau medan yang akan kita lalui. Karena letaknya yang berada di puncak gunung, maka perjalanan yang akan dilalui didominasi oleh tanjakan dan belokan yang tajam, maka persiapkan kendaraan anda untuk melaju menuju puncak.

Selain itu, Anda juga harus ekstra hati-hati. Jarak antara puncak Dipowono dengan pusat kota sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.

Perjalanan kita mulai dari pusat Kota Jogja kemudian dilanjutkan ke arah barat menuju Jalan KH. Setelah itu, Ahmad Dahlan langsung menuju jalan Yogyakarta-Wates.

Setelah itu lanjutkan hingga menemukan perempatan, lalu belok ke selatan menuju Jalan Jembatan Gamping, lalu belok ke barat menuju Jalan Lingkar Barat kemudian lurus menuju Jalan Wates – Purworejo.

Setelah itu jalan ke barat jalan Sentolo – Brosot, setelah itu silahkan ke utara melintasi Jembatan Ngelo. Setelah itu lurus saja sampai belok ke barat menuju Jalan Pengasih di pertigaan. Setelah itu lurus terus hingga menemukan jembatan Jalan Clereng.

Silahkan menuju Jalan Dipowono, sesampainya di kawasan tersebut silahkan terus berjalan hingga menemukan papan bertuliskan Wisata Puncak Dipowono.

Biaya masuk ke Puncak Dipowono

Jika kita menyebut lokasi perbukitan yang menorehkan, Anda tentu tidak akan memungkiri segala keindahan alam yang ada di sana, terutama di puncaknya. Salah satu puncak yang sering diperbincangkan adalah puncak Dipowono.

Keindahan perbukitan hijau yang ada sungguh luar biasa dan membuat pengunjung betah. Padahal panoramanya sangat menarik jika dilihat dari segi harga tiket yang ditawarkan, tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar 12.000 rupiah per orang.

Kita sudah lihat harga tiket masuk tempat wisata unggulan di Dipowono ini sangat murah sehingga tidak menguras kantong anda. Sekarang kita coba lihat kaitannya dengan harga tiket parkir yang ditetapkan oleh petugas.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5.000 rupiah. Jika melihat detail dari kedua harga yang ditawarkan, mulai dari harga tiket masuk hingga harga tiket taman, semua orang setuju bahwa tempat wisata yang satu ini tergolong murah.

Mari kunjungi juga:

Penambahan fasilitas di Puncak Dipowono

Meski berada di ketinggian dan letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun dari segi fasilitas tambahan yang tersedia sudah cukup lengkap untuk membuat setiap pengunjung yang datang merasa nyaman. Berikut beberapa di antaranya:

  • area parkir yang cukup luas untuk menampung lebih banyak sepeda motor atau mobil pengunjung
  • tempat peristirahatan umum Yang sudah ada terpelihara dengan baik karena staf kebersihan tersedia di sana
  • ruang sholat yang khusus dibangun untuk pengunjung muslim yang akan melaksanakan sholat
  • warung makan Beragam menu tersedia di sekitar lokasi, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang tentunya memiliki rasa yang nikmat. Menu minumannya juga cukup lengkap terutama penghangat badan mulai dari kopi panas, teh panas hingga berbagai jenis minuman
  • zona tenang
  • paviliun atau pengintai

Yuk naik perahu lewat IG @trisnoarybudiYuk naik perahu lewat IG @trisnoarybudi

Pesona Puncak Dipowono

Beberapa tahun lalu, Bupati Kulonprogo meresmikan Puncak Dipowono sebagai salah satu tempat wisata di Kulonprogo. Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu, wisata ini langsung dibanjiri pengunjung, tidak hanya dari Jogja dan sekitarnya, tetapi banyak juga yang datang dari luar daerah.

Udara dingin yang hadir memungkinkan pepohonan tumbuh dengan sangat subur. Jadi jika melihat lembahnya secara langsung, Anda akan terkagum-kagum. Puncak Dipowono juga ideal bagi pecinta fotografi.

Spot Foto Kece via IGSpot Foto Kece via IG

Anda bisa mengambil foto alam sebanyak-banyaknya dari semua sudut yang tepat, hasil jepretannya pasti sangat mengesankan dan fotogenik.

Udara di puncak sangat sejuk dan menyenangkan, seperti di dataran tinggi pada umumnya yang cuacanya di bawah 20 derajat.

Kunjungi juga: Fasilitas Wisata Waduk Mini Kleco Kulonprogo

Dari atas puncaknya kamu bisa melihat dengan jelas keindahan rangkaian bukit menoreh yang ditumbuhi pepohonan hijau yang sangat sejuk untuk dipandang. Menengok ke selatan, mata kita dimanjakan dengan keindahan Waduk Sermo yang dikelilingi hutan.

Jika Anda datang pada hari yang cerah Anda bisa melihat pantai dan laut selatan dari jauh. Gardu pandang di puncak Dipowono merupakan salah satu tempat yang paling diminati pengunjung.

Pos pengamatan yang ada memiliki beberapa bentuk yang unik, salah satunya berbentuk perahu. Banyak yang mengatakan bahwa puncak Dipowono hampir sama dengan wisata Kalibiru yang berada di kawasan yang sama, apalagi pemandangan yang disuguhkan juga sama yaitu pemandangan Waduk Sermo yang menakjubkan.

Puncak Dipowono melalui IG @trisnoarybudiPuncak Dipowono melalui IG @trisnoarybudi

Untuk membedakan kedua tempat wisata tersebut, beberapa pejabat dan warga sekitar telah melengkapi kawasan ini dengan berbagai fasilitas menarik, mulai dari flying fox, arena outbond hingga arena camping.

Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat favorit anak muda dan mahasiswa pecinta alam untuk mengadakan acara camping di camping ground yang tersedia.

Camping biar makin seru lewat IG @rizal.fathurahmanCamping biar makin seru lewat IG @rizal.fathurahman

Menyaksikan sunset dari Puncak Dipowono

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di sini adalah menyaksikan betapa indahnya langit sore saat matahari perlahan terbenam di ujung barat. Momen sunset menjadi semakin tak terlupakan jika Anda menyaksikannya dari atas.

Bahkan ada sekelompok orang yang sengaja datang untuk melihat betapa indahnya langit jingga yang memancarkan siluet yang mempesona dan sulit untuk kita lupakan.

Jangan lupa untuk mengambil foto saat matahari mulai terbenam yang pastinya akan menghasilkan foto yang instagramable.

Jadi saat sudah berada di puncak Dipowono, jangan buru-buru pulang karena saat sudah sampai di puncak langit akan berubah menjadi jingga keemasan yang memukau.

Menyaksikan sunset di Bukit Canting Mas, Puncak Dipowono via IG @emil_dausMenyaksikan sunset di Bukit Canting Mas, Puncak Dipowono via IG @emil_daus

tips liburan

Berkunjung ke puncak Dipowono saat liburan akan datang memang menjadi momen yang tak terlupakan, namun untuk menambah keseruan dan memaksimalkan liburan anda, silahkan simak tips berikut ini :

  • Puncak Dipowono merupakan jalur pendakian gunung yang pastinya berada di tempat yang tinggi dengan udara yang dingin dan angin yang kencang. Untuk mencegah agar tubuh tidak kedinginan, maka sebaiknya gunakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater.
  • Tentunya untuk mencapai puncak diperlukan perjuangan yang tidak mudah karena rute yang akan kita lalui tentunya cukup menantang. Jadi pastikan tubuh Anda dalam kondisi prima untuk bisa mengatasi segala rintangan.
  • Satu hal yang perlu diperhatikan selama berlibur di puncak Dipowono adalah membawa kamera yang berkualitas karena banyak spot pilihan dengan panorama yang mempesona di tempat ini.

Itulah tadi perjalanan kami di puncak Dipowono yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Dari atas bukit terlihat pemandangan hijau dan keindahan Waduk Sermo yang terkenal di Kabupaten Kulonprogo.

Para pecinta foto selfie tentunya tidak segan-segan mengambil foto diri dengan background alam yang memukau. Perjalanan liburan juga akan terasa lebih bermakna saat Anda berlibur bersama keluarga tercinta. Selamat berkunjung dan menikmati hari di puncak Dipowono. Cukup sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga: Nikmati panorama dari puncak Gunung Lanang Kulonprogo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button