Tempat Wisata

Puncak Mandeh, tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset di pantai selatan

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Barat; Map: verifikasi lokasi

Salah satu provinsi di negara Indonesia yang tak pernah gagal menyuguhkan keindahan alam yang begitu mengagumkan adalah Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota provinsi ini adalah Padang. Di sana Anda akan menemukan tempat wisata menawan yang layak dikunjungi bersama keluarga atau pasangan.

Tempat wisata tersebut bernama Puncak Mandeh. Kota resor ini merupakan salah satu kawasan wisata di pantai selatan. Ada banyak keindahan dan kegembiraan yang ditawarkan tempat ini. Karena keindahannya yang nyaris sempurna, tempat ini dengan sendirinya mendapat julukan “Raja Ampat Sumatera”.

Luas kawasan wisata Mandeh adalah 18.000 hektar. Di areal yang begitu luas Anda bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri dan masih alami. Tidak hanya pemandangan perbukitan atau pantainya saja, tetapi juga keindahan alam bawah laut akan disuguhkan kepada Anda.

Daya tarik Puncak Mandeh

Objek Wisata Puncak MandehFoto oleh Grameca Channel di Google Maps

✦ Matahari terbenam yang sangat indah

Ada banyak atraksi yang ditawarkan Puncak Mandeh sebagai salah satu wisata terpopuler di kota Padang. Pasti kalian semua pernah mendengar kepopuleran Raja Ampat kan? Kawasan wisata ini dikenal tidak hanya karena keindahan daratannya, tetapi juga keanekaragaman alam bawah lautnya.

Namun tentunya karena faktor biaya dan juga jarak tempuh, banyak dari Anda yang belum pernah menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Namun tidak perlu bersedih disini, karena keindahan seperti Raja Ampat juga dapat ditemukan di provinsi Sumatera Barat yaitu di kota Padang.

Keindahan tempat wisata Puncak Mandeh hampir bisa disamakan dengan Raja Ampat. Kawasan wisata ini terletak di kawasan pantai selatan. Jika Anda berangkat dari kota Padang, jarak yang ditempuh sekitar 56 km.

Ada banyak hal menarik yang mungkin belum pernah Anda alami sebelum mengunjungi tempat ini. Salah satu yang begitu memesona yang mungkin tidak bisa Anda lupakan adalah keindahan sunset Mandeh.

Panorama matahari terbenam tidak pernah gagal memukau siapa pun yang melihatnya. Apalagi jika Anda mengalami senja di kawasan Mandeh ini. Jika Anda berada di daerah yang tinggi, Anda tentu bisa melihat cakrawala dengan lebih jelas. Dan itu adalah pengalaman yang menggembirakan yang tidak boleh dilewatkan.

Puncak Mandeh sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat yang bisa menampilkan keindahan senja yang menakjubkan. Keindahan ini menyerupai pulau-pulau lain yang dulunya jauh lebih terkenal, bahkan tidak kalah.

Jadi, jika Anda memang menyukai keindahan sunset, jangan ragu dan segera kunjungi tempat wisata di kota Padang ini.

✦ Pemandangan indah dari puncak

Memang Puncak Mandeh sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin merasakan keindahan lingkungan alam dari atas. Saat berada di atas puncak Anda bisa melihat banyak perahu wisata dan perahu nelayan mengitari pulau-pulau.

Dalam perjalanan menuju kawasan wisata, Anda juga bisa menemukan banyak tempat yang menyewakan perahu bagi mereka yang tertarik untuk berlayar dan mengekspor keindahan Pulau Mandeh.

Anda tidak perlu takut tersesat karena nanti saat berada di atas kapal, seorang guide akan membawa Anda ke spot-spot terindah dari tempat wisata tersebut.

✦ Memiliki banyak pulau kecil yang masih perawan

Di kawasan wisata ini banyak terdapat pulau-pulau kecil yang masih alami atau perawan. Dengan perahu sewaan Anda bisa mengelilingi pulau-pulau yang begitu eksotik. Sangat sulit untuk menggambarkan keindahan sebenarnya dari tempat ini dalam satu kalimat.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa tersebut, Anda harus langsung menuju ke Puncak Mandeh. Ada banyak pulau yang tersebar di sekitar kawasan Mandeh, seperti Pulau Sirandah, Pulau Cubadak, Pulau Cingkuak, Pulau Pagang dan masih banyak lagi pulau-pulau eksotis lainnya.

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata ini, ada baiknya Anda berlibur beberapa hari agar bisa menjelajahi semua keindahan tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak MandehFoto oleh Ryu Adventure di Google Maps

Puncak Mandeh terletak di provinsi Sumatera Barat yaitu di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Koto XI Tarusan. Berangkat dari Kota Padang, Anda dapat menempuh jarak sekitar 56 km atau sekitar 1,5 jam. Akses jalan menuju desa ini cukup bagus dan beraspal.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin pergi ke tempat wisata. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, namun berhati-hatilah saat berkendara karena jalur menuju tempat ini cukup berliku dan memiliki banyak tanjakan yang menanjak.

Jika Anda berangkat dari Bengkulu atau Jambi, Anda bisa melewati Painan nanti. Dari kota Painan, jarak menuju tempat wisata Mandeh sekitar 30 km.

Anda dapat menempuh rute ini dalam waktu sekitar 40 menit. Untuk memudahkan menemukan kawasan wisata, sebaiknya gunakan bantuan navigasi peta lokasi yang sudah terintegrasi di smartphone Anda.

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Puncak Mandeh, menariknya lagi tidak ada biaya masuk atau tiket masuk ke kawasan wisata ini. Namun, ada biaya yang dikenakan bagi wisatawan yang ingin melakukan berbagai aktivitas seru di tempat ini.

Misalnya, ada biaya untuk naik banana boat, diving, camping, dll. Besaran biaya yang dikenakan cukup terjangkau, jadi disini anda tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang banyak untuk liburan di Puncak.

Ingat, jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata, sebaiknya pilihlah waktu yang cuacanya benar-benar cerah, agar hujan tidak mengganggu liburan Anda. Jam buka tempat wisata ini buka setiap hari dan 24 jam sehari. Dengan begitu, Anda dan rombongan bisa berkunjung kapan pun Anda mau.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Puncak MandehFoto oleh Fuad Fuad di Google Maps

1. Berburu Foto di Puncak Mandeh

Puncak Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan memang menawarkan panorama menakjubkan yang tidak akan pernah Anda lupakan. Hamparan pulau-pulau kecil dan laut biru jernih membuat tempat wisata ini layak dikunjungi seperti Raja Ampat, Sumatera Barat.

Ada banyak kegiatan seru dan menarik untuk dilakukan di kawasan wisata ini. Salah satu kegiatan tersebut tentunya hunting foto dengan background yang indah. Ada banyak spot foto yang menarik, juga area pinggir jalan di tempat ini akan menyuguhkan keindahan tersendiri.

Artinya kamu cukup berpose di area pinggir jalan saja dan hasil foto yang bisa kamu ambil sudah sangat Instagrammable. Namun pastikan bahwa sudut pengambilan gambar benar-benar tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Kegiatan hunting foto di Puncak Mandeh juga bisa dilakukan dengan drone.

Tentunya dengan menggunakan drone, anda juga bisa mengabadikan landscape tempat wisata secara keseluruhan. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki drone, tidak ada salahnya membawa alat ini saat berlibur ke tempat ini. Keindahan alam Mande tidak boleh disia-siakan.

2. Santai

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah bersantai di Puncak Mandeh. Pesona alam bukit asri ini begitu asri dan berbagai jenis keindahan yang ditawarkannya menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat liburan yang cocok. Tempat ini sangat alami dan seolah-olah tidak pernah dijamah.

Jika Anda mencari tempat yang tenang bersama keluarga atau pasangan, Mandeh sangat direkomendasikan. Kamu bisa mencoba mengatur kencan dengan pasangan menggunakan background landscape yang begitu menggemaskan di tempat ini. Tawaran alam yang mempesona menemani kemesraan Anda dengan pasangan.

Duduk santai sambil merenungi luasnya laut merupakan ide menarik yang tak boleh Anda lewatkan. Pasir putih, udara segar dan hal menarik lainnya yang ada di tempat ini merupakan anugerah alam yang sangat memukau semua orang.

3. Menyelam

Ada area terumbu karang yang sangat luas di sekitar Puncak Mandeh. Luas terumbu karangnya 70 hektar. Tidak hanya luas, terumbu karang di sana juga terjaga dengan baik sehingga masih banyak biota laut yang hidup di kawasan terumbu karang ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keindahan tempat wisata di Mandeh tidak hanya sebatas di permukaan tanah, tetapi juga di bawah permukaan air. Oleh karena itu, jangan lewatkan aktivitas menyelam di tempat ini. Penyelaman ini memungkinkan Anda menjelajahi semua keindahan laut.

Di tempat ini juga terdapat spot diving yang sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menyelam. Spot diving merupakan kapal karam dengan kedalaman hingga 25 meter.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak MandehFoto oleh Akur Sudibjo di Google Maps

Puncak Mandeh merupakan salah satu kawasan wisata terpopuler dan terbaik di Sumatera Barat. Untuk itu tidak sulit menemukan fasilitas di tempat ini. Fasilitas yang disediakan pengelola sangat memadai.

Untuk akomodasinya sendiri, Anda bisa menemukan area untuk tidur di sana. Sebagian besar akomodasi adalah keluarga angkat yang dikelola langsung oleh penduduk setempat. Untuk harga homestay sendiri cukup berbeda. Namun, perlu diingat bahwa jika ingin menginap dengan homestay, Anda harus memesan secara offline.

Selain keluarga angkat, Anda juga akan menemukan resor di sini. Untuk fasilitas umum, Anda tidak akan kesulitan menemukan toilet, ruang ganti, atau mushola. Jadi, jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak akan bingung mencari fasilitasnya.

Puncak Mandeh merupakan tempat wisata pantai selatan yang sangat direkomendasikan bagi anda yang saat ini sedang merencanakan liburan bersama kerabat. Jangan ragu dan berwisata ke Kota Padang, Sumatera Barat. Karena di tempat ini anda akan merasakan keseruan yang tidak bisa anda dapatkan di tempat lain.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button