Tempat Wisata

Puncak Suroloyo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Puncak atau perbukitan adalah salah satu tujuan wisata paling populer dan banyak tujuan untuk berhenti dari kehidupan sehari-hari. Saat menuju lantai atas mata Anda akan disuguhi pemandangan dari atas yang tentunya menakjubkan dan wajib ditambahkan ke dalam bucket list liburan Anda. Indonesia memiliki tempat wisata yang tersebar hampir di seluruh wilayah.

KTT Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah sebuah bukit di dekat Candi Borobudur dan puncak tertinggi dari Perbukitan Menoreh. Dari puncak puncak, wisatawan bisa melihat keindahan Yogyakarta dan keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang dari atas awan, seperti negeri di atas awan dalam legenda.

Objek wisata Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo memiliki pesona yang dihadirkan diantaranya :

1. Pemandangan yang menakjubkan

Dari ketinggian puncaknya yaitu 1000 mdpl, Anda bisa menikmati keindahan kota Yogyakarta dan Magelang, serta keindahan Candi Borobudur yang berdiri tegak dan diselimuti awan. Dari atas Anda juga bisa melihat beberapa gunung tertinggi di Jawa Tengah antara lain Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Merapi.

Dikarenakan faktor jarak yang membuat lokasi tersebut tidak dapat terlihat dengan jelas, maka disarankan agar anda membawa teropong agar lokasi yang anda lihat dapat terlihat dengan jelas. Anda menikmati panorama seperti negeri di atas awan dari legenda dan dongeng.

2. Tiga aula

Di area puncak Anda akan menemukan tiga paviliun di berbagai titik, yang dapat Anda gunakan sebagai titik pandang. Ketiga paviliun tersebut dimulai dari paviliun paling bawah yaitu Pendopo Suroloyo. Kemudian, naik ke atas, seseorang sampai di Balai Sariloyo dan akhirnya ke Balai Pertapaan Kaendaran, yang merupakan yang tertinggi.

3. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Ini akan luar biasa bagi Anda yang suka menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Dari atas, nikmati indahnya matahari terbit yang bertepatan dengan Gunung Merapi. Sementara itu, saat matahari terbenam, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam perlahan dengan latar belakang Pegunungan Menoreh.

4. Kabut

Kabut inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Puncak Suroloyo saat cuaca tidak mendukung. Dengan adanya kabut, Anda akan merasa seperti berada di negeri di atas awan. Anda akan melihat kabut menyelimuti pemandangan yang membentang di sepanjang area puncak.

5. Arca Bathara Guru

Di puncak puncak terdapat arca Bathara Guru yang menghadap ke dataran luas sambil menunggangi lembu Andini. Arca Bathara Guru merupakan representasi Dewa Siwa dalam agama Hindu. Anda bisa menjadikannya spot foto yang bagus untuk mengisi galeri foto Anda dengan foto-foto cantik.

6. Mistisisme atmosfer

Setiap peninggalan sejarah pasti mengandung cerita mistis dan mitos yang membuatnya unik. Berdasarkan sejarah yang berkembang di masyarakat, puncak ini konon merupakan puncak tempat tapak kaki Sultan Agung Hanyokrokusumo yang mendapat ilham sebelum bertapa di tempat ini.

Selain itu, ada cerita lain yang mengatakan bahwa tempat ini dulunya adalah situs rumah tokoh Punokawan dan merupakan kiblat pancering di bumi (titik tengah dari empat penjuru bumi). Tak heran jika tempat ini diselimuti suasana mistis akibat mitos dan cerita yang tersebar di masyarakat.

7. Kopi Suroloyo

Di puncak Anda bisa bersantai dengan segelas kopi yang diolah oleh petani setempat. Setiap pengunjung berkesempatan untuk menikmati kopi Arabica dan Robusta olahan lokal yang akan membuat Anda lebih tentram dengan pemandangan yang indah dan mempesona.

Fasilitas Puncak Suroloyo

Fasilitas yang memadai tersedia saat Anda mengunjungi puncak ini, antara lain:

  1. Toilet tersedia
  2. Ada warung makan dan minum
  3. Akomodasi ada di vila atau homestay
  4. tempat parkir tersedia

Jam buka dan harga tiket Puncak Suroloyo

Tempat ini buka 24 jam. Harga tiket yang ditawarkan sangat murah yaitu Anda hanya dikenakan biaya Rp 2.000 per orang untuk masuk ke area puncak. Namun jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda 4.

Biaya masuk ke Puncak Suroloyo

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Waktu operasional puncak di Suroloyo

Lokasi dan jalur Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak di Perbukitan Menoreh, lebih tepatnya di Dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari lokasi ke pusat kota Yogyakarta cukup jauh sekitar 35,6 kilometer. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, mulailah dari arah barat hingga tiba di Jl. Wates.

Kemudian menuju utara lurus melewati Jl. Siliwangi ke perempatan belok ke barat sampai perempatan Jl. Godean. Belok ke utara menuju pertigaan Jl. Candi Gedongan, belok ke barat hingga melewati Jl. Raya Banjararum. Masuki pertigaan, lalu belok kanan hingga sampai di pertigaan, belok kiri menuju Jl. Kepiton langsung ke Jl. Berkendara melalui Suroloyo hingga Anda mencapai tempat wisata alam.

Memang, nama Suroloyo yang berarti “berani mati” sangat tepat untuk menggambarkan kondisi yang akan Anda hadapi saat mencapai puncak. Anda akan menghadapi jalan yang terjal dan menanjak, jadi persiapkan diri dan hati Anda sebelum menuju ke Puncak Suroloyo. Selebihnya nikmati keindahan puncak yang dijamin tidak akan mengecewakan.

Peta puncak Suroloyo

Tips mengunjungi Puncak Suroloyo

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Puncak Suroloyo semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Suroloyo adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Puncak Suroloyo bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Puncak Suroloyo.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Puncak Suroloyo.

Galeri Puncak Suroloyo

KTT SuroloyoPuncak Suroloyo Salah Satu Sumber : instagram.com/mmdjogja/KTT SuroloyoPuncak Suroloyo Sumber: instagram.com/sukiminthio/Selamat datang di Puncak SuroloyoSpot foto di Puncak SuroloyoPotret dari puncakFasilitas kedai kopiTempat foto terbaikPotret yang indah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button