Tempat Wisata

Puncak Widosari, Nikmati panorama alam Kulon Progo dari ketinggian

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Tegalsari, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Hal ini tak lepas dari torehan perbukitan yang membentang jauh hingga ke kawasan tersebut. Puncak Widosari merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kulon Progo. Puncak dengan ketinggian 900 mdpl ini menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 2012, namun saat itu belum memiliki banyak fasilitas. Akses jalan juga masih seadanya, pagar juga terbuat dari bambu dengan undakan berupa tanah. Tahun 2017 menandai awal renovasi sekaligus menjadi perubahan besar bagi Puncak Widosari. Hingga saat ini akses jalan dan fasilitasnya sudah mumpuni dan layak disebut sebagai objek wisata terbaik.

Mencapai puncak yang indah ini membutuhkan tenaga ekstra dan kondisi fisik yang prima. Dari tempat parkir Anda harus menaiki sekitar 240 anak tangga. Jumlah yang banyak tentunya dan cukup melelahkan. Tak sedikit turis yang berhenti di tengah jalan untuk mengisi energi. Beruntung tersedia cukup banyak bangku dan pendopo sebagai tempat istirahat.

Daya tarik Puncak Widosari

Objek wisata puncak WidosariKredit foto: Google Maps Antonius J. Haryono

Puncak panorama tidak hanya dikunjungi oleh mereka yang mencari relaksasi, tetapi juga oleh pecinta alam dan pramuka. Hal ini tentu ada alasannya, yaitu dari data daya tarik yang menarik. Apa Saja Daya Tarik Puncak Widosari? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Pemandangan perbukitan yang indah

Karena letaknya yang berada di atas ketinggian, jelas daya tarik pertama adalah keindahan perbukitannya. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan Menoreh membuat pemandangan semakin indah. Pepohonan hijau yang rindang tak pernah luput dari pandangan.

Di sisi lain, kebun teh warga melengkapi lukisan alam. Panorama semakin menakjubkan ketika berbagai burung terbang seolah menyapa. Kontur perbukitan yang khas terlihat jelas dan terlihat indah dari atas.

2. Panorama pantai selatan terlihat jelas

Belum selesai menikmati keindahan perbukitan di Puncak Widosari, Anda akan melihat betapa luasnya hamparan air laut di seberang sana. Bibir South Beach bisa terlihat jelas meski berada di atas ketinggian. Sayangnya, ombak khas pantai tidak bisa terlihat. Namun, panorama alam ini menjadi daya tarik lain bagi wisatawan.

Keindahan panoramanya semakin memukau dengan kontras antara hijaunya perbukitan dan birunya lautan. Langit biru jernih semakin menyempurnakan tampilan. Hanya jika cuaca tidak mendukung, Anda tidak akan melihat panorama ini. Karena itu, lebih baik mengunjungi tempat wisata populer ini saat cuaca cerah.

3. Kemegahan pegunungan terlihat nyata

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak WidosariSumber gambar: Google Maps Agus San

Meski keindahan pantainya kurang indah saat cuaca mendung, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang berbeda. Puncak Widosari di Kulon Progo menyuguhkan pemandangan alam lain berupa pegunungan. Bukan hanya satu atau dua gunung, tapi empat gunung yang bisa Anda nikmati dengan segala kemegahannya.

Empat gunung yang dimaksud masih berada di kawasan Jogja dan sekitarnya, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing. Cuaca cerah maupun mendung tetap indah menghiasi pegunungan. Anggap saja, saat cuaca diselimuti awan tebal, pemandangan gunung terlihat semakin mempesona.

4. Tebing bebatuan yang menjulang tinggi

Tepat di atas puncak bukit terdapat bongkahan batu besar yang berdiri tegak seolah berusaha menggapai langit. Atraksi ini tidak ditemukan di daerah lain. Selain itu, keindahannya lebih mudah dinikmati karena jarak pandangnya sangat dekat dengan titik terakhir tempat Anda berdiri.

Bentuknya yang memanjang, seperti balok, tidak bisa dipanjat, namun bisa Anda gunakan sebagai background foto yang cantik. Turis lain juga melakukan hal yang sama, yang batunya menjadi titik pemotretan utama untuk foto atau video.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak WisosariKredit foto: Google Maps Aynia Ashfa

Untuk menuju Puncak Widosari, Anda perlu berkendara sekitar 1,5 jam dari pusat kota Jogja atau Tugu Jogja. Waktu ini dibutuhkan untuk menempuh jarak minimal 40 kilometer. Alamat lengkapnya Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ada banyak rute yang bisa Anda tempuh, namun umumnya menggunakan jalur yang mengarah ke Jalan Godean atau Ring Road. Dari pusat kota Jogja, ambil arah barat hingga pertigaan ring road. Setelah melewati Jembatan Progo dan sampai di perempatan belok kanan menuju kawasan Dekso.

Lurus sampai pertigaan Dekso, lalu ambil jalur kiri dan masuk ke kecamatan Samigaluh. Sesampainya di pertigaan Plano, silakan belok kanan dan ikuti rambu yang ada di lokasi. Akses jalan yang harus dilalui cukup baik, namun beberapa tanjakan bisa menyulitkan.

Biaya masuk ke objek wisata

Harga tiket Puncak WidosariKredit foto: Facebook Shin Dulaga

Puncak Widosari memungut biaya masuk untuk setiap wisatawan yang berkunjung. Namun harganya masih terjangkau dan jauh dari kata mahal. Tidak ada perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa, semuanya membayar dengan harga yang sama yaitu 5.000 rupiah. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Manajer.

Selain tiket masuk, biaya parkir kendaraan juga harus dibayar. Sesuai standar harga objek wisata, mobil dikenakan tarif 5.000 rupiah dan sepeda motor 2.000 rupiah. Tidak ada biaya lain yang perlu Anda keluarkan selain dua hal tersebut. Tentunya hanya mereka yang ingin menikmati makanan dan minuman di stand tersebut yang harus membayarnya.

Aktivitas menarik di Puncak Widosari

Aktivitas menarik di Puncak WidosariKredit foto: Google Maps Dimas Arif Antonio

Kegiatan wajib dilakukan saat berkunjung ke Puncak Widosari. Sebagian besar wisatawan menggunakan alasan ini untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Menikmati keindahan alam adalah salah satunya. Tentu masih banyak lagi yang bisa dilakukan seperti kegiatan ini!

1. Menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang indah

Masih di atas keindahan alamnya, Anda bisa menyaksikan matahari perlahan terbit di atas kepala Anda. Sebaliknya, keindahan sunset juga bisa disaksikan di tempat yang sama. Meski tidak seluruhnya, tertutup pegunungan, pancaran pancaran sinarnya seolah tidak menutupi eksotismenya.

Kegiatan ini dianggap wajib bagi sebagian wisatawan yang berkunjung ke Puncak Widosari. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang rela berangkat subuh untuk menyaksikan matahari terbit. Bagi yang ingin menikmati keindahan sunset, hal ini tidak terlalu sulit. Waktu keberangkatan bisa dimulai pada sore hari.

2. Pelacakan lokasi yang canggih

Bagi mereka yang menyukai tantangan, 240 level yang harus dilalui tidak akan menjadi kendala. Justru dengan hadirnya angka-angka inilah aktivitas selama perjalanan menjadi lebih seru. Apalagi setiap langkah selalu diiringi panorama indah khas perbukitan, pegunungan dan pantai selatan.

Banyak pengunjung Puncak Widosari menggunakan sepeda. Kegiatan ini tentunya sangat menantang karena jalur yang ditempuh tidak mulus. Ketika sampai di anak tangga mereka harus membawa sepeda ke puncak puncak yang indah ini. Meski terlihat melelahkan, banyak turis yang justru melakukannya karena memang menyenangkan.

3. Berburu spot foto dengan panorama fantastis

Tentunya semua aktivitas yang dilakukan masih kurang lengkap jika tidak mengabadikan momen Anda berada di Puncak Widosari. Anda bisa mendapatkan lanskap alam lengkap dari berbagai tema dan menggunakannya sebagai latar belakang. Pantai, pegunungan dan kontur perbukitan yang khas menjadi background yang tepat untuk menghiasi setiap pemotretan.

Meski pengelola tidak membangun spot khusus, namun wild spot telah memberikan hasil yang memuaskan. Dari sekian banyak titik, yang paling penting dan menjadi favorit sebagian besar pengunjung adalah tebing batu yang menjulang tinggi. Kedekatan dengan viewpoint atau titik terakhir puncak menjadi alasan tersendiri. Hasil fotonya tentu sangat jernih, apalagi jika bisa mendapatkan angle yang pas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak WidosariSumber gambar: Google Maps Prasetyo

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fasilitas yang ada di Puncak Widosari sudah cukup memadai. Penduduk lokal yang didukung oleh pemerintah berhasil membuat kawasan wisata ini semakin populer. Untuk menunjang dan memberikan kenyamanan para pengunjung, ada beberapa fasilitas penting yang dapat digunakan.

Toilet bersih dalam kondisi baik menjadi perhatian utama setiap wisatawan. Ada juga musala yang terbuka bagi siapa saja yang ingin berdoa. Parkir aman sebelum menuju ke atas juga cukup luas. Saat berkendara menuju puncak bukit, tersedia bangku dan paviliun sebagai tempat istirahat.

Ada banyak kios makanan dan minuman yang tersedia untuk penyegaran di sepanjang jalan. Harap dicatat bahwa tidak ada warung atau penjual di atas, jadi pastikan untuk membawa perbekalan dari bawah. Kios-kiosnya bertebaran di sekitar area parkir dengan harga standar tempat wisata bahkan ada yang cukup murah.

Bisa dikatakan pesona Puncak Widosari di Kulon Progo masih unggul dibandingkan beberapa tempat wisata di kawasan yang sama. Bukit tinggi dan jalan yang harus dilalui tidak mudah, pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar sebelum menuju ke lokasi. Anda juga harus merencanakan waktu yang cukup, karena dijamin Anda akan merasa nyaman di sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button