Tempat Wisata

Pura Batu Bolong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah. Terutama Lombok yang menawarkan banyak tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Pura Batu Bolong, pura yang sudah ada sejak lama dan digunakan oleh warganya untuk memuja Sang Hyang Segara. Padahal, banyak pura di Lombok yang dibangun ratusan tahun silam saat kerajaan-kerajaan kuno masih kuat.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, candi-candi tersebut biasanya dijadikan sebagai objek pemujaan atau penghormatan terhadap dewi-dewi. Itulah mengapa Lombok selalu dikenal dengan sejarahnya yang mistis dan misterius. Selain kegunaan pura ini yang unik bagi wisatawan, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah karena letaknya yang persis di tepi pantai. Jadi, datang ke sini tidak hanya memberi Anda pengetahuan sejarah baru tentang Lombok, tetapi juga memanjakan mata Anda.

Daya Tarik Pura Batu Bolong :

1. Pemandangan menakjubkan

Saking indahnya tempat ini, banyak wisatawan yang sekedar berwisata ke sana untuk menikmati pemandangan dan berfoto daripada belajar sejarah candi. Landmark di sana adalah matahari terbenam. Banyak wisatawan yang rela menunggu hingga matahari terbenam untuk melihat sunset yang sangat indah dari sisi manapun di pura. Matahari biasanya terbenam di tengah laut, namun jika ingin berfoto dengan suasana sunset, memotret di dekat Gunung Agung juga bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Tempat memancing yang bagus

Ketika Anda mengunjungi candi ini, Anda mungkin sering bertemu dengan para pemancing yang sering pergi ke sana untuk mencari ikan. Bisa dibilang para pemancing ini adalah penduduk lokal dengan cara memancing tradisional. Ini sering dilakukan seolah-olah budaya telah muncul di sekitar candi. Bisa dibilang pemancingnya adalah seorang nelayan cilik yang sedang mencari ikan untuk dimakan.

3. Batu Berongga

Batu Bolong bukan sekadar nama tanpa makna. Namanya berasal dari bahasa Jawa. Batu berarti batu sedangkan bolong berarti berlubang di tengahnya. Batu berongga ini berfungsi sebagai penyangga tegakan candi. Batu tersebut juga menjadi jalur akses warga untuk memasuki hutan Senggigi dan mencari kayu. Jika air surut atau ketinggian air tidak tinggi, wisatawan yang datang bisa melalui lubang tersebut dan air akan mengalir ke Pantai Duduk.

4. Batu dengan corak yang khas

Di bawahnya terdapat batu berlubang, di atasnya tersusun indah susunan batu ala Lombok yang khas. Beberapa pohon kaktus tumbuh di atas batu karang dan ada juga pohon khas yang biasanya tumbuh di perbukitan berbatu. Tidak jarang Anda melihat sarang burung atau burung yang melayang-layang di sekitar pohon tersebut karena banyak burung yang hinggap di sana. Pola-pola di sana cukup menarik dan terlihat sangat kuno. Menyaksikannya sambil ditemani suara debur ombak bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Suara kicau burung dan deburan ombak bisa menjadi melodi yang merdu.

5. Cerita yang begitu dalam dan bermakna

Sejarah Pura Batu Bolong merupakan kisah sejarah tentang masuknya umat Hindu ke Lombok dan Bali. Sekitar tahun 1533 pura ini dibangun untuk menyebarkan agama Hindu di negara Bali kemudian ke Lombok. Tempat ini juga diyakini memiliki nuansa spiritual karena berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali. Seseorang harus mengenakan pakaian kuning untuk menghormati kuil dan bersikap sopan.

Fasilitas Pura Batu Bolong:

Fasilitas yang disediakan cukup baik dan dapat memenuhi kebutuhan pengunjung secara umum. Fasilitas yang ditawarkan antara lain tempat parkir, penginapan, warung makan, toilet, kafe, penjual souvenir dan bahkan ada ATM di area tersebut. Selain itu, ada fasilitas lain selain pura itu sendiri. Tumbuhan merupakan mata air suci yang dapat mendatangkan banyak manfaat, baik kesehatan maupun kebahagiaan, bagi orang yang menggunakannya.

Biaya masuk ke Pura Batu Bolong

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Pura Batu Bolong:

Lokasi dan Rute Pura Batu Bolong:

Lokasinya tak jauh dari Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Denpasar, Cab Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya dekat dengan Pantai Senggigi. Dari sana hanya sekitar 5 hingga 10 menit berjalan kaki ke Pura Batu Bolong. Dari kota Mataram ditempuh sekitar 20 menit dengan sepeda motor, bus atau mobil pribadi dengan jarak tempuh 18 kilometer. Anda juga bisa melakukan perjalanan darat dari Pelabuhan Bangsal. Bagi Anda yang mengikuti google map, arahkan saja ke Batu Layar dan tanyakan lokasi Pura Batu Bolong kepada penduduk setempat. Anda juga bisa mengarahkan langsung ke Pantai Senggigi, lalu jalan kaki sebentar dan sampai di Pura Batu Bolong.

Selain kekayaan sejarah yang ditawarkan Pura Batu Bolong, juga menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan. Lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata di Lombok Barat, terutama Pantai Senggigi.

Denah lokasi Pura Batu Bolong

Tips Mengunjungi Pura Batu Bolong

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pura Batu Bolong semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Batu Bolong adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Pura Batu Bolong bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pura Batu Bolong.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pura Batu Bolong.

Galeri Foto Pura Batu Bolong

Pura Batu BolongCandi Batu Bolong Sumber: instagram.com/eralopeztroitino/Pura Batu BolongPura Batu Bolong Sumber : instagram.com/sayyidah.bil/Potret Pura Batu BolongDi depan kuilSpot foto di depan candiAcara di Pura Batu BolongTempat foto terbaikMatahari terbenam di Pura Batu Bolong

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button