Tempat Wisata

Pura Lempuyang Luhur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sudah menjadi hal yang lumrah jika Bali dikenal di semua kalangan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Memang, pulau ini menyimpan banyak tempat wisata terbaik untuk dikunjungi untuk liburan keluarga. Selain pantai, pulau Bali juga memiliki bangunan keagamaan yang juga dijadikan tempat wisata, diantaranya adalah Pura Lempuyang Luhur Bali.

Di peta wisata Bali, Pura Lempuyang Luhur bisa menjadi destinasi hiking yang menarik bagi wisatawan. Terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah Bali Timur termasuk Amed, Tirtagangga dan Candidasa karena jaraknya yang dekat.

Daya tarik Pura Lempuyang Luhur di Bali

Pura Lempuyang Luhur Bali merupakan salah satu pura yang paling terkenal pada umumnya. Pura ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Hindu pada waktu-waktu tertentu. Bisa dikatakan pura Lempuyang Luhur Bali ini cukup tua dan tidak jelas kapan pura ini pertama kali dibangun. Namun berdasarkan dokumen sejarah pura tersebut, diyakini masyarakat sudah ada di pulau Bali sejak zaman pra-Hindu Buddha.

Pura Lempuyang Luhur Bali memiliki desain bangunan yang sangat klasik. Ada beberapa bangunan utama yang berdiri megah di lahan yang begitu luas. Bangunan ini terbentang di antara pegunungan sehingga kaya akan udara yang sejuk. Pura ini cocok dijadikan tujuan rencana liburan Anda dan keluarga. Pura Lempuyang terletak di sebelah timur Pulau Bali di puncak Gunung Lempuyang.

Untuk menuju Pura Lempuyang Luhur Bali, pengunjung harus melewati tangga terjal dengan lebih dari 1700 anak tangga. Dalam perjalanan menuju puncak, pengunjung disuguhi pemandangan yang tak kalah indah dan bisa berinteraksi dengan puluhan kera. Monyet abu-abu berekor panjang ini telah menghuni hutan pegunungan yang sejuk di sekitarnya.

Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan tangga bergaya Bali yang sangat mengesankan dengan naga di kedua sisi pegangan tangga. Kedua naga tersebut adalah Naga Anantaboga dan Naga Basuki. Tangga-tangga tersebut tidak hanya dihiasi dengan arsitektur naga yang begitu megah, tetapi juga dilengkapi dengan deretan patung Pandawa, mulai dari patung yang lebih rendah yaitu Sahadewa, Nakula, Arjuna, Bima, Yudistira dan di bagian atas patung Krisna. Patung Kresna dipercaya sebagai titisan Dewa Wisnu. Secara psikologis, penempatan patung-patung tersebut pada setiap tingkat kawasan akan memberikan penegasan yang memiliki makna berbeda. Pemandangan terbaik ada di bagian atas tangga, di mana pengunjung bisa melihat hijaunya lereng hutan.

Saat sore menjelang, pengunjung bisa menikmati indahnya cahaya senja keemasan dan mencari spot foto yang cocok di gapura atau Candi Bentar di Pura Lempuyang. Maka tak heran jika tempat ini sering disebut sebagai Gerbang Surga.

Bahkan, Anda akan merasa lelah saat pertama kali mengunjungi Pura Lempuyang Luhur Bali dan menaiki begitu banyak anak tangga. Namun rasa lelah selama berkendara akan terbayar lunas karena Anda akan disuguhi keindahan pemandangan pegunungan yang luas dan sejuk.

Fasilitas Lempuyang Luhur Bali

Fasilitas Pura Lempuyang Luhur Bali memang tidak selengkap tempat wisata lainnya. Pasalnya, tempat tersebut tidak didesain sebagai tempat wisata melainkan sebagai pura persembahyangan. Termasuk adanya peraturan daerah yang melarang pendirian akomodasi wisata dalam batas tertentu candi-candi besar, termasuk Pura Lempuyang.

Namun, fasilitas dasar seperti toilet, warung makan, dan makanan ringan tersedia di lokasi ini. Fasilitas ini ditujukan untuk pemedek (sembahyang) tetapi juga dapat digunakan oleh wisatawan.

Biaya masuk ke Pura Lempuyang Luhur di Bali

Jam buka Pura Lempuyang Luhur di Bali

Adapun waktu bukanya, Pura Lempuyang buka 24 jam sehari. Hal ini karena umat Hindu sering ingin agar kunjungan ke pura ini lebih mudah untuk mekemit (berbelanja di pura).

Untuk tiket masuk, tidak ada tiket khusus berupa tiket masuk kawasan candi ini. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per mobil. Selain itu, ada aturan yang ditetapkan saat memasuki area sekitar pura yaitu memakai pakaian. Penyewaan kain tersedia dengan harga Rp 10.000 jika pengunjung memilih untuk tidak membawanya.

Lokasi dan rute Pura Lempuyang Luhur di Bali

Pura Lempuyang Luhur Bali terletak di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasi ini berada di ujung timur pulau Bali dan di lereng timur Gunung Lempuyang yang berada tepat di lepas pantai timur Bali.

Berangkat dari kota Denpasar, Pura Lempuyang dapat ditempuh melalui kawasan wisata Candi Dasa dan kota Amlapura (ibukota kabupaten Karangasem). Naik motor memakan waktu sekitar dua jam. Ada juga jalur alternatif lain yaitu melalui kecamatan Selat Karaang Asem, melalui kota Samarapura dan melalui jalan menuju Besakih. Perjalanan panjang tidak akan melelahkan karena terbayar dengan indahnya hamparan bukit, air terjun dan pantai dalam perjalanan menuju Pura Lempuyang.

Untuk mencapai Pura Lempuyang, gunakan kendaraan pribadi saja. Tidak ada transportasi umum untuk mencapai lokasi. Pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil sewaan. Kedua opsi tersebut mudah diakses di sekitar Denpasar.

Pura Lempuyang Luhur Bali merupakan tempat ibadah yang juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan objek wisata. Candi ini tidak hanya digunakan sebagai tujuan wisata, tetapi juga sering dijadikan tempat berfoto.

Peta Pura Lempuyang Luhur di Bali

Tips Mengunjungi Pura Lempuyang Luhur di Bali

Jadikan liburan Anda dan keluarga lebih menyenangkan dan berkualitas di Pura Lempuyang Luhur Bali. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura Lempuyang Luhur Bali adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pura Lempuyang Luhur Bali bersama orang tersayang untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres ke Pura Lempuyang Luhur Bali.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pura Lempuyang Luhur Bali.

Galeri Foto Pura Lempuyang Luhur, Bali

Pura Lempuyang LuhurPura Lempuyang Luhur Sumber: instagram.com/aroundbali/Pura Lempuyang LuhurPura Lempuyang Luhur Sumber:instagram.com/tripbly/Pura Lempuyang Luhur yang IndahSpot foto di bawah candiDeretan arca di dalam candiTempat foto terbaikPemandangan indah di area candi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button