Tempat Wisata

Pura Ngetos: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di negeri kita tercinta Indonesia memang selalu kaya akan budaya termasuk di pulau Jawa sendiri Kerajaan-kerajaan yang muncul di berbagai daerah di Jawa Timur pada zaman dahulu tentu banyak meninggalkan benda-benda bersejarah mulai dari senjata, perhiasan, prasasti, candi dan lain-lain. lebih . Sesekali tidak ada salahnya kita orang yang tinggal di Indonesia lebih banyak belajar tentang hal-hal bersejarah di sekitar kita. Caranya sederhana dan Anda bisa membuatnya menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Minum air saat menyelam. Sambil bersenang-senang, Anda bisa belajar tentang sejarah negara kita. Di Nganjuk, pastikan Anda tidak melewatkan Candi Ngetos dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Candi Ngetos merupakan salah satu candi yang ada di Pulau Jawa yang lokasi tepatnya berada di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos, 17 km dari Nganjuk Jawa Timur. Pura ini sudah lama populer di kalangan masyarakat sekitar Nganjuk. Candi Ngetos merupakan candi penting dari zaman Majapahit dan terletak di lereng utara Gunung Wilis. Dikenal sebagai candi tempat dimakamkannya abu Raja Hayam Wuruk, candi ini memiliki ciri-ciri bangunan Majapahit. Papan informasi di sana menyebutkan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-15. Sangat disayangkan bentuk asli candi ini sudah rusak secara fisik, bahkan sebagian sudah hilang.

Tidak banyak yang diketahui tentang sejarah Candi Ngetos. Berdasarkan mitos yang berkembang, candi ini diyakini sebagai tempat lahirnya Hayam Wuruk, raja terbesar Majapahit yang bergelar Rajasa Negara. Pendiri candi ini adalah paman Hayam Wuruk yaitu Raja Ngabei Siloparwoto dengan perdana menterinya bernama Raden Bagus Condrogeni/Condromowo dari kerajaan bawahan Majapahit bernama Ngatas Angin (sekarang dekat Nganjuk). Candi ini didirikan di lereng Gunung Wilis, salah satu gunung suci di Jawa. Pembangunan candi yang terletak di lereng gunung ini dimaksudkan untuk mendekatkan bangunan suci dengan tempat tinggal para dewa. Karena menurut kepercayaan terdahulu, puncak gunung merupakan tempat bersemayamnya para dewa.

Karena berada di lereng gunung, Anda tidak hanya memiliki pemandangan Candi Ngetos, tetapi Anda juga dapat melihat pepohonan dan tumbuhan yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, udara di sana terasa sejuk dan sejuk membuat pengunjung betah. Apa yang kamu tunggu? Jika ingin berwisata sekaligus mengenang sejarah, Anda bisa datang ke Candi Ngetos.

Fasilitas di Pura Ngetos

Sedangkan fasilitas objek wisata Candi Ngetos tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa Anda temukan seperti di antaranya;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain-main di kuil selama berjam-jam pasti membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai dan menikmati pemandangan candi dan pepohonan hijau di sekelilingnya.

– Akomodasi

Di sekitar area candi, bagi Anda yang membutuhkan akomodasi dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area candi.

Berburu foto di Candi Ngetos

Di Pura Ngetos, bagi Anda yang menyukai seni fotografi bisa mengambil foto dari tempat-tempat menarik. Pasti sangat menarik untuk mengabadikan pemandangan Candi Merah dengan bentuknya yang unik dan kemudian mempostingnya di media sosial agar banyak orang mengetahui keindahan Candi Ngetos. Selain itu, terdapat tempat-tempat yang juga banyak digunakan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekedar bersenang-senang. Lokasi tersebut berpusat di sekitar pepohonan rindang yang mengelilingi kawasan candi dan di depan relief yang terpahat indah. Anda bisa meminta orang lain untuk mengambil foto Anda sambil duduk atau berdiri, ditemani backdrop pura yang indah.

Baca juga: Jurang Gathuk, Perjalanan Mencari Petunjuk

Akses jalan menuju Candi Ngetos

Rute yang bisa Anda tempuh adalah rute standar untuk sampai ke Nganjuk. Rute ini sangat mudah untuk diikuti. Berikut detail rute dari Blitar ke Candi Ngetos: Blitar – Srengat – Kediri – Pace (Nganjuk) – Berbek – Ngetos. Titik penting jalur ini ada di pertigaan Kantor Kecamatan Pace. Dari pertigaan ini, rute tercepat ada di pertigaan kiri. Dengan mengikuti rute tersebut kami sampai di Berbek. Dari Berbek Anda melanjutkan perjalanan menuju Sedudo, namun tidak jauh dari situ kita menemukan plang penunjuk arah menuju Candi Ngetos. Jika Anda mengikuti petunjuk pada papan petunjuk, Anda akan sampai di Pura Ngetos.

Biaya masuk ke Candi Ngetos

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Selain itu, saat berkunjung ke Candi Ngetos, Anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya parkir. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Candi Ngetos

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan di Candi Ngetos

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pura Ngetos semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Ngetos adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Pura Ngetos bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pura Ngetos.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pura Ngetos.

Galeri foto Candi Ngetos

Selamat datang di Candi Ngetos
Candi Ngetos
Spot foto di Pura Ngetos
Potret udara desa Ngetos
Potret Candi Ngetos

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button