Tempat Wisata

Pura Tirto Raharjo: jam buka, fasilitas, atraksi

Yogyakarta sangat lekat dengan destinasi wisata candinya, seperti Candi Tirto Raharjo. Sedikit berbeda dengan candi pada umumnya karena candi ini bukan merupakan peninggalan dari kerajaan kuno. Namun, ini adalah candi buatan yang penuh cerita romantis dari pemiliknya.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sana. Dimulai dengan mengunjungi candi, wisata kuliner dan melakukan berbagai acara. Suasana yang asri dan kekayaan budaya yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke tempat ini.

Apa itu Candi Tirto Raharjo?

Candi ini merupakan bangunan milik seorang seniman Yogyakarta bernama Timbul. Bangunan itu sebelumnya dibangun sebagai hadiah untuk istrinya. Meski begitu, pemiliknya ingin agar candi ini bermanfaat bagi orang lain juga.

Saat ini, Pura Tirto Raharjo difungsikan sebagai situs Konferensi, pertemuan dan pameran (MICE) dengan latar belakang Candi Pertama di Yogyakarta. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan seperti sedang makan di dekat bangunan candi di sekitarnya.

Tidak jarang pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk mengadakan berbagai acara. Mulai dari pernikahan makan malam pribadi, reuni keluarga, dll. Selain itu di tempat ini anda bisa merasakan keindahan dan kesejukan. Karena ada banyak pohon rindang di sekelilingnya.

Tinggal lebih lama di area ini juga dimungkinkan. Karena di kawasan pura terdapat penginapan yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Tentu ini akan menjadi momen liburan yang langka bagi Anda dan keluarga. Pasalnya, seseorang bisa langsung merasakan sensasi berada di dekat pura selama 24 jam.

daya tarik

Layaknya tempat wisata di Jogja lainnya, Tirto Raharjo bisa membuat Anda terpukau dengan setiap sudut lokasinya. Jatuh cinta dengan suasananya, buat diri Anda seperti di rumah dan tetap di sana. Dari mana? Karena kawasan wisata tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

1. Unsur tradisional pada setiap sisi bangunan

Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan hati pasti bisa sampai ke lubuk hati siapapun yang melihatnya. Begitu juga dengan Tirto Raharjo. Mulai dari candi hingga beberapa fasilitas lainnya seperti restoran dan penginapan.

Selain bangunan tersebut dimaksudkan sebagai hadiah pernikahan untuk istri tercintanya, pemilik pura juga menginginkan agar bangunan tersebut dapat bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya. Atas dasar itulah ia akhirnya membangun Tirto Raharjo.

Selama kunjungan Anda, Anda pasti dapat mengagumi berbagai ukiran seni tradisional Jawa. Kursi rotan berlapis rapi, meja marmer Jawa bundar, dan sederet karya seni dipajang di setiap dinding bangunan.

2. Tempat multifungsi

Kawasan ini difungsikan sebagai tempat MICE dengan background view Candi Pertama di Yogyakarta dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai acara.

Belum lagi tata letak ruang outdoor dan semi indoor yang jelas dan mudah disesuaikan dengan berbagai acara. Ada juga rumah makan Tirto Raharjo yang memudahkan penyelenggara untuk berhenti mencari sumber makanan untuk acara mereka.

fasilitas yang ditawarkan

Untuk menunjang aktivitas Anda di kawasan Tirto Raharjo, pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang dapat membuat kunjungan Anda menyenangkan.

1. Pura Pernikahan Tirto Raharjo

Berbagai acara sukses digelar di lokasi ini. Salah satunya adalah upacara pernikahan. Jika Anda ingin merayakan pernikahan di sini, tentu ini adalah pilihan yang tepat.

Suasana asri dengan backdrop pura dan diiringi deretan gamelan bisa membuat pernikahan Anda kental dengan budaya tradisional Jawa.

Hanya dengan Tito Raharjo Anda dapat mengatur panggung pernikahan di sebuah kuil. Anda tidak perlu pusing dengan berbagai ornamen dan dekorasi panggung, karena hanya dengan sedikit bunga, tanaman dan daun kelapa, panggung pernikahan Anda akan terlihat mewah.

Selain itu, terdapat kolam tepat di depan pura yang dapat menambah suasana hening. Selama acara berlangsung, Anda dapat mendengar air yang menetes dari patung-patung tersebut.

2. Pura Resto Tirto Raharjo

Tirto Raharjo tidak hanya menawarkan tempat untuk pertemuan dan acara besar, tetapi juga memiliki restoran. Tirto Raharjo Resto menawarkan berbagai menu spesial mulai dari masakan pedas Indonesia hingga Western fare. Anda hanya bisa mencobanya di Tirto Raharjo Resto.

Setiap sudut restoran dipenuhi dengan sentuhan tradisional Jawa. Pendopo yang ditopang oleh kayu yang kuat, meja persegi panjang yang besar dan kursi rotan juga menambah suasana tradisional.

Selain itu, beberapa bagian dinding dipenuhi dengan lukisan dan beberapa ornamen antik. Tentu saja, yang mahal dan tidak akan Anda temukan di tempat lain adalah perasaan makan dengan latar kuil.

Berkunjung ke sini akan mengisi perut Anda dengan aneka hidangan. Mulailah dengan makanannya makanan ringansalad, mie dan supmakanan pokok khas nusantara, sampai hidangan penutup. Harga makanan ini mulai dari Rp 34.000 hingga Rp 195.000.

Restoran ini tidak hanya menawarkan makanan, tetapi juga berbagai macam minuman. Dimulai dengan minuman minumanKopi, teh, minuman tradisional, jus, bis mocktail sepenuhnya tersedia. Harga minuman ini berkisar antara Rp22.000 hingga Rp35.000.

3. Homestay Tirto Raharjo

Berada di lokasi yang sama dengan kawasan Pura Tirto Raharjo, penginapan ini dikenal dengan Tirto Raharjo 01 Ethnic Wooden Villa. Penginapan ini terbilang dekat dengan kawasan tempat candi ini berada.

Karena keduanya masih dalam satu tempat. Untuk mencapai keduanya, Anda tidak lagi membutuhkan kendaraan karena kedua tempat ini dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Meminimalkan rasa lelah dan memudahkan Anda untuk bolak-balik saat menjalankan suatu acara.

Anda bisa mengandalkan tempat ini tidak hanya sebagai akomodasi saat mengadakan acara. Namun Anda juga bisa berlibur ke sini, karena jaraknya yang sangat dekat dan Anda bisa menjangkau beberapa tempat populer yang sering dijuluki oleh para turis.

Seperti Mal Malioboro, Tugu Tugu, Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau Masjid Dongkelan. Selain itu, lokasi ini juga dekat dengan hub transportasi umum yaitu Stasiun Trans Jogja Gamping dan Stasiun Lempuyangan.

Dijamin Anda tidak akan kecewa setelah menginap di sini karena penginapan ini menawarkan berbagai fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengunjung. Mulai dari perabot kamar, layanan hotel, makanan dan minuman, olahraga dan rekreasi hingga layanan antar-jemput.

Jam buka dan pemandangan

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dan terletak di Dusun Tirto RT.03, Jalan Kasongan, Tirto, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Akses jalan menuju tempat wisata ini bisa dibilang cukup memadai. Meski berada di tengah pemukiman penduduk Yogyakarta dan terdapat beberapa rambu di jalan, akan sangat membantu Anda untuk menemukan kawasan Tirto Raharjo ini.

Menutup

Ingin mengunjungi Candi Tirto Raharjo? Mulailah merencanakan liburan Anda sekarang dan nikmati hidangan khas Indonesia yang akan menggelitik lidah Anda dengan latar belakang pura dan suasana khas Bali.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button