Berita Wisata

Putri Koster menghibur rombongan dari “Bali Poetry Tour”

putri KosterPutri Koster menjadi tuan rumah kelompok “Tur Puisi Bali”. Sumber foto: khusus

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ibu Putri Suastini Koster menjamu 40 penyair dari berbagai penjuru Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Rumah Seni Asnur (PERRUAS). Rombongan penyair yang menggelar kegiatan bertajuk “Tur Puisi Bali” itu dijamu dalam jamuan makan malam di Gedung Jayasabha, Denpasar pada Sabtu (19/11/2022).

Dalam sambutan singkatnya, Ibu Putri Koster yang juga dikenal sebagai penyair handal ini menyambut baik rombongan penyair tersebut. Ia berharap para seniman ini tidak hanya mengapresiasi keindahan Bali, tetapi mampu menangkap nuansanya untuk menciptakan sebuah karya puisi.

“Saya berharap para insan seni yang hadir di Bali dapat menyerap nuansa seni dan keindahan alam Bali untuk menjadi inspirasi menulis puisi,” ujarnya. .

Sebagai orang yang juga berkecimpung dalam karya sastra puisi, pendamping orang nomor satu di Bali ini paham betul apa yang dibutuhkan seorang penyair.

“Saat kita merasa senang dan nyaman, suasana ini mendorong kita untuk menghasilkan karya. Pasti ada mahakarya ketika Anda mengunjungi suatu tempat, ”tambahnya.

Kepada 40 penyair anggota kelompok “Bali Poetry Tour”, Putri Koster juga menceritakan pengalamannya jatuh cinta pada puisi. Mengagumi sosok Dhenok Kristianti, ia banyak belajar menulis puisi dari penyair kondang itu. Bahkan, karya Dhenok bertajuk ‘Sumpah Kumbakarna’ itu kerap ditampilkan dalam beberapa penampilan. Ia mengajak seluruh seniman puisi untuk terus berkarya, menghasilkan puisi-puisi indah yang bisa dinikmati pecinta puisi di Indonesia.

Dalam sambutannya, perempuan yang dikenal dengan multi talenta di bidang seni ini juga memaparkan sejarah Gedung Jayasabha yang saat ini menjadi rumah dinas Gubernur Bali. Dalam kesempatan itu, ia juga menyelipkan informasi mengenai Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang saat ini sedang dibangun di lingkungan Pemprov Bali. Ia menjelaskan, diharapkan tempat tersebut nantinya tidak hanya menjadi ajang pameran seni budaya Bali saja, tetapi juga seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, ketua rombongan “Bali Poetry Tour”, Asrizal Nur mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Putri Koster. Penyair yang biasa dipanggil Asnur menyebut Putri Koster sebagai salah satu pembaca puisi terbaik di Indonesia.

“Tidak banyak orang yang bisa membacakan puisi sebaik Ibu Putri Koster. Saya sangat mengagumi beliau dan sekarang saya adalah istri Gubernur Bali,” ujarnya disambut tepuk tangan rombongan penyair yang telah berkumpul di Jayasabha. .

Ditambahkannya, bakat seni Putri Koster menjadi nilai tambah dalam menjalankan tugasnya sebagai Pendamping Kepala Daerah.

“Seni bukanlah bentuk, tetapi semangat. Apapun profesinya, bekal kemampuan seni akan menjadi spirit bagi seseorang. Apalagi untuk PNS,” ujarnya.

Asnur menambahkan, rombongan “Wisata Puisi Bali” itu sebagian besar terdiri dari ibu-ibu yang berprofesi sebagai guru. Selain ke Bali, komunitas ini juga melakukan kunjungan ke daerah lain. Selain diajak jalan-jalan, kelompok penyair ini juga melakukan beberapa kegiatan literasi melalui workshop menulis dan membaca puisi.

Lebih dari itu, di setiap objek wisata yang dikunjungi, para penyair juga memutarkan pembacaan puisi yang kemudian akan dibagikan melalui berbagai media. Kegiatan ‘Bali Poetry Tour’ berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 November 2022.(bpn)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button