Tempat Wisata

Ranu Kumbolo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman tapi belum yakin mau ke mana? Jika ya, coba kunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Ranu Kumbolo. Ranu atau bisa juga disebut danau ini terletak di Gunung Semeru, lebih tepatnya di kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Ranu Kumbolo memiliki pesona alam yang sangat menarik, sehingga jika anda sedang berada di Lumajang namun tidak sempat mengunjungi tempat wisata alam ini sangat disayangkan.

Ranu Kumbolo merupakan salah satu objek wisata Gunung Semeru dan salah satu danau terindah di Indonesia. Suasana keindahannya selalu mengundang pengunjung untuk kembali ke danau. Karena danau ini terletak di Gunung Semeru, mau tidak mau Anda juga harus mendaki Gunung Semeru untuk mencapai lokasi Danau Ranu Kumbolo. Sebelum memulai pendakian, Anda harus melapor terlebih dahulu ke pos jaga dengan membawa KTP dan surat keterangan sehat. Jangan berharap bisa melewati pos jaga jika Anda tidak memilikinya. Satpam juga akan memeriksa berbagai perlengkapan dan perbekalan yang Anda bawa. Data yang dikumpulkan digunakan untuk memantau sampah yang perlu Anda hapus nanti.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Objek Wisata Ranu Kumbolo

Obyek wisata alam ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Semua fasilitas tersebut membuat pengunjung merasa nyaman di Ranu Kumbolo. Terdapat tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tidak jauh dari Pos Jaga Gunung Semeru, sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat parkir kendaraan anda. Di sekitar Ranu Kumbolo juga terdapat rest area bagi para pendaki yang ingin bersantai setelah sampai di objek wisata alam ini.

Tak jauh dari pos jaga juga terdapat tempat ibadah bagi pendaki yang ingin menunaikan kewajibannya setelah berkunjung ke Ranu Kumbolo, belum lagi toilet bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Anda juga akan menemukan tempat perkemahan tidak jauh dari tempat ibadah. Karena pesona alamnya yang indah, tempat wisata ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin berfoto bersama teman atau keluarga. Percuma tidak mengabadikan momen kebersamaan di Ranu Kumbolo.

Berburu foto kekinian di objek wisata Ranu Kumbolo

Jika anda ingin berfoto bersama teman atau keluarga di tempat wisata Ranu Kumbolo ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui Pekerjaan dengan mana Anda dapat membuat foto keren. Di jalan setapak Anda bisa berfoto di sekitar hutan pinus yang kering. Jangan lupa untuk berfoto saat tiba di Ranu Kumbolo. Hasil foto kamu dijamin makin keren dan tentunya up-to-date!

Anda juga bisa mengambil foto beberapa pengunjung yang pernah ke sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga.

Baca juga: Danau Kastoba, danau di atas bukit di tengah Pulau Bawean

Akses jalan dan harga tiket masuk objek wisata Ranu Kumbolo

Tentunya jika ingin berkunjung ke objek wisata Ranu Kumbolo, Anda perlu mengetahui lokasi dan akses jalan. Jangan sampai tersesat karena ini akan membuang waktu dan tentunya bahan bakar kendaraan Anda. Lokasi objek Ranu Kumbolo perlu Anda ketahui terlebih dahulu karena akses jalan menuju objek wisata ini sebenarnya bisa dibilang cukup mudah. Bila Anda berada di Lumajang, Anda bisa melalui Jl. Raya Nasional III merupakan rute atau jalur tercepat untuk mencapai lokasi objek wisata Ranu Pane. Gunakan peta ini untuk mempermudah perjalanan Anda berikutnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Pantura dan Probolinggo – Wonorejo sebagai jalur alternatif. Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan roda 2 dan roda 4 pribadi untuk menuju lokasi objek wisata Ranu Kumbolo. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat berhenti di halte terdekat kemudian dilanjutkan dengan atau dengan ojek. Seperti, sangat sederhana, bukan?

Biaya masuk ke objek wisata Ranu Kumbolo

  • Tiket masuk tiket domestik weekdays: Rp 19.000/orang
  • Harga tiket domestik akhir pekan: Rp 24.000/orang
  • Harga tiket masuk internasional pada hari kerja: Rp 210.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan internasional: Rp 310.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka obyek wisata Ranu Kumbolo

Tips liburan ke tempat wisata Ranu Kumbolo

Jika Anda sudah menyiapkan semua rencana untuk mengunjungi objek wisata ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan wisata ini untuk menghormati para pejabat yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Anda dapat membawa kantong sampah untuk dibuang dan kemudian membawanya ke pos jaga. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika ingin mengambil foto yang bagus di sini.

Jangan lupa membawa KTP dan kartu sehat agar bisa masuk ke kawasan Gunung Semeru. Karena Ranu Kumbolo berada di dataran tinggi, sebaiknya kamu juga memiliki jaket atau perlengkapan lain yang dapat menghangatkan tubuh. Juga tidak diperbolehkan membawa sabun atau pasta gigi saat berada di Ranu Kumbolo. Namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan selama perjalanan atau nanti saat berada di Ranu Kumbolo.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Ranu Kumbolo, salah satu danau terindah di Indonesia yang terletak di Gunung Semeru. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri foto Ranu Kumbolo

Selamat datang di Ranu Kumbolo
Potret laut dari bukit
Berkemah di tepi danau
Potret Keindahan oleh Ranu Kumbolo
Matahari terbenam di Ranu Kumbolo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button