Berita Wisata

Ranu Segaran Tiris, sebuah danau vulkanik di lereng Gunung Lemongan

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wisata alam di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur masih menjadi andalan seperti danau atau ranu. Salah satunya adalah Ranu Segaran yang terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Ranu Segaran merupakan salah satu danau di kecamatan Tiris dan salah satu wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Masih ada beberapa danau lainnya di wilayah selatan Kabupaten Probolinggo. Seperti, Ranu Agung, Ranu Petok dan Ranu Merah.

Danau-danau ini merupakan danau vulkanik, dampak dari keberadaan Gunung Lemongan. Gunung Lemongan sendiri merupakan salah satu gunung api aktif di Jawa Timur.

Secara geografis lereng utara Gunung Lemongan termasuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo. Sedangkan posisi Gunung Lemongan sendiri masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang.

Ranu-Segaran-2.jpgAnjungan berwarna cerah menjadi ciri khas Ranu Segaran, Tiris, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Instagram @yokisetiawan)

Konon sebenarnya Gunung Lemongan merupakan gunung api teraktif di Jawa Timur. Namun di sekitar gunung terdapat banyak danau, salah satunya adalah Ranu Segaran yang mengurangi aktivitas gunung.

Karena itu Ranu Segaran sering mengeluarkan gelembung di tengah danau. Gelembungnya juga berbau belerang, sehingga banyak ikan Ranu Segaran yang berhenti.

Sehingga ketika banyak ikan yang tertangkap, warga sekitar datang mengambilnya dengan menggunakan alat seadanya. Meski ikannya tidak terlalu besar, ikan air tawarnya masih segar.

Pengurus Ranu Segaran dan tour director Harianto mengatakan bahwa danau ini ada kaitannya dengan Gunung Lemongan. Ranu Segaran berada di utara Gunung Lemongan, kata Harianto.

Selain mengeluarkan gelembung akibat dampak aktivitas Gunung Lemongan, lanjutnya, di kaki Ranu Segaran terkadang terdengar suara gemuruh.

Menurut Harianto, suara gemuruh tersebut menandakan adanya peningkatan aktivitas di Gunung Lemongan. Biasanya suara serupa juga terdengar di tiga danau lain di Kecamatan Tiris.

Ranu-Segaran-3.jpgPengunjung dapat mengelilingi Ranu Segaran menggunakan perahu motor yang disediakan pengelola. (Foto: Rhomadona/TIMES Indonesia)

Meski terdengar menakutkan, tanda-tanda aktivitas gunung berapi sangat jarang terjadi. Oleh karena itu, Ranu Segaran tetap aman untuk dikunjungi.

Sudah beberapa tahun Ranu Segaran menjadi destinasi wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus memoles danau tersebut.

Beberapa fasilitas telah dibangun di Ranu Segaran. Seperti mushola, food court, toilet, paviliun dan area parkir. “Tiket per orang Rp 10.000,” kata Harianto.

Nah, bagi pengunjung yang ingin menjelajah Ranu Segaran, pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan jasa sewa perahu dan bebek dayung. “Kalau mau pakai rakit juga ada,” ujarnya.

Destinasi wisata Ranu Segara buka setiap hari dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Wira, salah satu pengunjung Kota Probolinggo mengatakan, mengunjungi Ranu Segaran bukan sekadar kunjungan. “Sejenak menyegarkan otak di tengah kesibukan pekerjaan,” ujarnya.

Menurutnya, fasilitas kawasan wisata alam Kabupaten Probolinggo saat ini sudah cukup lengkap. Ada food court, mushola, toilet, pendopo dan perahu motor.

Wira sendiri mengaku beberapa kali mengunjungi Ranu Segaran, salah satu objek wisata alam Kabupaten Probolinggo di lereng utara. gunung lemon ini. “Saya juga mengunjungi danau lain di Tiris, Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button