Tempat Wisata

Rasakan keindahan air terjun yang diapit bukit-bukit mempesona di Tegal di Curug Cantel

Rasakan keindahan air terjun yang diapit bukit-bukit mempesona di Tegal di Curug Cantel

Curug Cantel terletak di daerah Tegal, Jawa Tengah dengan menawarkan keindahan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Ada pula mitos yang diyakini warga.

Harga tiket: Rp8.000, Jam beroperasi: 08.30 – 16.00 WIB, Alamat: Sigedong, Kec. Bumijawa, Kab.Tegal, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Curug Cantel merupakan destinasi wisata alam yang cukup terkenal di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Wisatawan disuguhkan air terjun eksotis dengan ketinggian sekitar 60 meter. Keindahan air terjun dan berbagai fasilitas yang tersedia pastinya akan memanjakan mata para wisatawan yang datang berkunjung.

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Cantel, udara yang dibalut udara sangat sejuk membuat setiap orang merasa nyaman saat beristirahat. Bahkan sebagian besar wisatawan yang datang ke air terjun ini berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat bahkan Jabodetabek dengan tujuan untuk merasakan suasana liburan yang tenang dan nyaman.

Curug Cantel tentunya sangat cocok dijadikan tempat bersantai yang direkomendasikan bagi wisatawan yang merasa lelah bekerja. Suasana sejuk, gemericik air terjun, dan pemandangan alam yang indah akan kembali menyegarkan pikiran Anda. Banyak juga wisatawan yang menghabiskan waktu bermain air di kawasan air terjun.

Cek tiket Trans Studio Mini Tegal

Objek wisata yang ditawarkan Curug Cantel

Daya tarik air terjun CantelFoto: Google Maps/Bakhtiar Mazr

Wisatawan yang berwisata ke Kota Tegal dan merasa bosan bisa memilih berlibur di Air Terjun Cantel. Wisata alam yang fenomenal ini tidak akan mengecewakan pengunjungnya, malah sebaliknya, mereka tidak akan mau pulang. Air terjun ini menawarkan berbagai daya tarik sehingga menarik perhatian masyarakat luar kota, khususnya warga sekitar.

✦ Air terjun yang menjulang tinggi dan indah

Curug Cantel di Kota Tegal terkenal dengan air terjunnya yang cukup tinggi sehingga terlihat sangat indah dari sisi manapun. Di sekitar air terjun juga ditemukan bebatuan berwarna hitam berlumut yang terlihat indah jika dilihat dari atas. Namun wisatawan perlu berhati-hati saat berjalan di atas bebatuan karena permukaannya licin.

Saat air jatuh dari atas, wisatawan bisa menyaksikan warna-warna kontras yang sangat indah seperti gradasi pelangi. Airnya terasa dingin dan menyegarkan, sehingga semua orang tak sabar untuk bermain dan berenang bersama di air. Sebaiknya mengunjungi air terjun ini pada musim kemarau agar aliran airnya tidak terlalu deras dan berbahaya.

✦ Menyajikan medan tracking yang unik dan menarik

Air Terjun Cantel di Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah menawarkan medan tracking yang cukup unik namun seru jika Anda menikmatinya. Jalur menuju kawasan air terjun cukup panjang bahkan harus menyusuri sungai, namun pemandangan di sepanjang perjalanan sungguh menakjubkan.

Tiket Trans Studio Mini Pekalongan

Medan tracking dengan jarak sekitar 400 meter ini terbilang unik karena wisatawan melakukan trekking di antara dua sisi bukit. Wisatawan juga akan melintasi sungai-sungai kecil, namun alirannya tergantung kondisi cuaca. Jika menempuh jalur tersebut saat musim hujan, arus sungai bisa jadi akan terasa semakin deras dan kondisi jalan pasti akan sangat licin.

✦ Dikelilingi perbukitan dengan pemandangan yang indah

Sesampainya di Curug Cantel, wisatawan bisa langsung mendengar suara air yang jatuh di antara bebatuan yang menjulang tinggi dari atas. Suasana alam yang hijau di sekitar air terjun seakan semakin menambah indah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Apakah Anda yakin masih ragu untuk mengunjungi tempat ini?

Kehadiran perbukitan yang mengapit air terjun membuat pemandangan semakin indah, apalagi jika potretnya diambil dari bawah. Air terjun tersebut seolah didominasi oleh warna hijau tanaman sehingga membuatnya semakin unik dan mengesankan. Suasana alam yang sangat tenang dan damai membuat potret alam terlihat semakin indah dan nyaman sebagai tempat penyembuhan.

✦ Mitos diyakini masyarakat

Ada mitos yang masih diyakini warga sekitar Air Terjun Cantel. Mitos tersebut pasti akan membuat para wanita lajang penasaran dan kemudian mengunjungi objek wisata alam ini. Mitos yang diyakini masyarakat adalah jika belum mempunyai pasangan, bisa berwudhu di sana dan tidak lama lagi Anda akan bertemu jodoh.

Cek hotel murah di Tegal

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug CantelFoto: Google Maps/Nurul Aini Fadilah

Air terjun cantik ini terletak di Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya tepat di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Di sekelilingnya Anda akan menemukan tebing-tebing, pepohonan, dan tanaman hijau yang akan menyegarkan mata Anda saat melihatnya.

Dari Alun-Alun Tegal yang berjarak sekitar 45 km dari objek wisata, lebih mudah untuk menuju kawasan Bumijawa terlebih dahulu. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Talang, lalu belok kiri menuju Jalan Wreda Meta. Untuk menuju Curug Cantel, anda bisa terus lurus hingga bertemu pertigaan lagi lalu belok kiri di desa Batumirah.

Sesampainya di Persimpangan Mentik, wisatawan bisa mengambil jalur langsung menuju kawasan Desa Kalipedes. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Jembatan Kalipedes sehingga perjalanan bisa dilakukan dengan santai. Sesampainya di kawasan air terjun Anda akan diberikan informasi yang jelas mengenai tempat parkir yang bisa digunakan.

Biaya masuk wisata alam

Jam buka wisata Air Terjun Cantel umumnya buka setiap hari pada hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau dan biasanya tertera di papan masuk air terjun. Tiket masuk Rp 8.000 per orang, parkir sepeda motor Rp 2.000, dan parkir Rp 5.000 per unit.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Curug CantelFoto: Google Maps/Wahyu Azi Saputra

Hampir seperti wisata air terjun lainnya, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di sini. Umumnya di akhir pekan, tempat wisata dibanjiri masyarakat asal Jawa Tengah yang akan berlibur bersama keluarga. Namun, pastikan untuk lebih selektif terhadap cuaca agar liburan bisa berjalan sesuai rencana.

1. Bermain air

Saat anda berkunjung ke objek wisata Curug Cantel Bumijawa Tegal, kurang lengkap rasanya jika belum merasakan segarnya mata air yang ditawarkan oleh air terjun tersebut. Air terjun ini tingginya sekitar 60 meter dan memiliki arus yang cukup deras, sehingga pengunjung diperbolehkan berenang di bawah air yang mengalir.

2. Banyak spot selfie yang bisa kamu temukan di Curug Cantel

Saat berkunjung ke Curug Cantel, aktivitas favorit pengunjung tentu adalah mencari lokasi tertentu untuk mengambil foto estetik. Air terjun yang tinggi dan pemandangan yang indah akan menjadi background paling favorit pengunjung saat berfoto selfie. Kawasan perbukitan yang hijau juga bagus untuk membuat konten video yang menarik bagi pengunjung.

3. Menikmati pemandangan alam

Selama berwisata, pengunjung hanya diperbolehkan bermain air di pinggir kolam. Aliran air di bawah air terjun sangat deras sehingga membahayakan anak-anak atau pengunjung yang tidak bisa berenang dengan baik. Jika tidak ingin berenang, pengunjung bisa duduk-duduk di atas bebatuan sambil menikmati pemandangan alam perbukitan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Sistem air terjun CantelFoto: Google Maps/Tafsir Fth resmi

Air Terjun Cantel dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai seperti fasilitas air bersih, tempat parkir, toilet umum, musala, lapak wisata dan spot foto menarik. Tentu saja dengan harga tiket masuk yang terjangkau, fasilitas yang tersedia di air terjun ini sudah memuaskan para pengunjung.

Tinggalkan rasa lelah Anda dan nikmati pemandangan serta fasilitas menarik di Curug Cantel. Karena tempat wisata ini terletak di kaki lereng gunung, maka disarankan untuk mengenakan pakaian tebal di sana. Pastikan juga Anda mengunjungi lokasi pada musim kemarau agar medan tracking tidak licin dan berisiko.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button