Tempat Wisata

Rasakan sensasi berlibur di pulau pribadi di Kepulauan Seribu di Pulau Onrust

Nikmati pengalaman liburan pulau pribadi di Kepulauan Seribu dengan mengunjungi Pulau Onrust yang pernah menjadi rumah sakit dan penjara serta menawarkan pengalaman unik dan bersejarah.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Daerah. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Memilih berlibur ke destinasi yang unik tentu akan meninggalkan kesan yang unik. Jika Anda bosan menghabiskan waktu berlibur dan menikmati perjalanan di wisata modern, maka alternatif terbaik adalah mengunjungi pulau-pulau kecil Kepulauan Seribu. Salah satu pulau yang menyimpan banyak kenangan sejarah adalah Pulau Onrust.

Pulau cantik ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah namun juga nilai sejarah yang tidak boleh dilupakan. Bahkan, kejadian memilukan kerap terjadi di kawasan pulau kecil ini.

Jika Anda memutuskan untuk datang ke pulau cantik ini, Anda akan merasakan bagaimana penderitaan masyarakat pada masa penjajahan Belanda.

Paket Wisata Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor

Sejarah Pulau Onrust

Shutterstock Sejarah Pulau OnrustFoto oleh Dhodi Syailendra di Shutterstock

Jika menilik sejarah kawasan ini, Anda akan menemukan bahwa kawasan pulau tersembunyi ini pernah dikuasai oleh Sultan Banten dan digunakan sebagai tempat beristirahat atau bersembunyi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sayangnya, hal tersebut tidak berlangsung lama karena penguasa Jayakarta saat itu merasa kawasan pulau indah tersebut masih menjadi miliknya.

Alasan utama penguasa Jayakarta yakin dengan kekuasaan tersebut adalah karena wilayah kepulauan unik ini masih dekat dengan Batavia.

Perebutan kekuasaan ini berakhir tragis karena pulau kecil ini jatuh ke tangan VOC. Tak lama kemudian, VOC mulai memanfaatkan kawasan pulau di tengah lautan ini sebagai tempat persinggahan kapal.

Pemandangan Pulau Onrust

Sensasi liburan seperti di pulau pribadi

Liburan ke Kepulauan Seribu memang menjadi destinasi pilihan bagi siapa pun yang ingin menikmati sensasi liburan di pulau pribadi. Keseruan tersebut bisa Anda rasakan jika memutuskan untuk berwisata ke pulau cantik ini.

Dengan luas pulau 3,5 kilometer persegi, Anda lebih leluasa menikmati sejarah dan pemandangan.

Hotel murah di Kepulauan Seribu

Dikelilingi oleh pemandangan pantai

Melihat kondisi lingkungan tersebut justru memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas menarik.

Keindahan pantainya memikat pengunjung untuk benar-benar menikmati liburan di pulau indah ini. Jaraknya yang jauh dari perkotaan memberikan kesan lebih tenang dan menyenangkan.

Setelah puas dengan keindahan pulau yang dikelilingi pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas menarik. Mandi atau berenang di hamparan pantai yang cukup landai ini juga bisa menjadi alternatif terbaik.

Setelah Anda memastikan kondisi pantai ini cukup aman dan tidak ada ombak yang terlalu besar, Anda bisa bermain air sepuasnya.

Pernah digunakan sebagai rumah sakit dan penjara

Tentu saja bermain air kini sudah menjadi hal yang lumrah dan hanya membawa perasaan gembira. Agar liburanmu semakin berwarna, kamu bisa melihat bangunan-bangunan bersejarah yang masih dilestarikan di kawasan wisata kecil di pulau ini.

Nama Pulau Onrust sebenarnya tidak pernah disebutkan di masyarakat karena selalu digunakan untuk berbagai kegiatan.

Oleh karena itu pulau ini disebut juga Onrust. Karena diterjemahkan, Onrust berarti “Tidak Pernah Istirahat” dalam bahasa Belanda.

Di sini Anda akan menemukan sisa-sisa bangunan yang pernah berfungsi sebagai penjara dan rumah sakit bagi penderita penyakit menular, serta pusat karantina bagi jamaah haji.

Paket Tour 2D1N ke Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau Shutterstock OnrustFoto oleh Raynaldii di Shutterstock

Jika melihat di Google Maps, pulau cantik ini bisa Anda kunjungi dengan berwisata ke Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Rute yang Anda pilih juga terlihat sangat mudah bahkan Anda bisa menggunakan angkutan umum jika memulai dari kawasan Muara Angke.

Salah satu alat transportasi yang wajib digunakan untuk menuju kawasan pulau bersejarah ini adalah perahu motor. Namun jika ingin pilihan transportasi lebih cepat, Anda bisa menggunakan speedboat dari Dermaga Marina di Ancol. Jika ingin perjalanan lebih santai, pilihlah perahu kayu dari Pelabuhan Tanjung Pasir.

Tiket masuk mengunjungi kawasan pulau cantik ini sebenarnya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Menariknya, ada diskon spesial Rp 3.500 per orang jika berwisata bersama rombongan. Namun syaratnya adalah Anda mengundang minimal 30 orang ke dalam satu grup.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pulau OnrustFoto oleh Dani Daniar di Shutterstock

1. Masuk ke area museum Taman Arkeologi Onrust dan Museum Plaza

Demi melestarikan kondisi dan nilai sejarah Pulau Onrust, pemerintah berinisiatif membangun museum plaza sebagai tempat penyimpanan berbagai koleksi peninggalan unik.

Selain Plaza Museum, Anda juga akan menemukan Museum Taman Arkeologi Onrust yang sengaja dibuat sebagai tempat menceritakan kisah masa penjajahan Belanda.

2. Naik ke Menara Keker di Pulau Onrust

Pemandangan pertama yang terlihat saat tiba di Pulau Onrust adalah disambut oleh menara tinggi di dekat dermaga. Keunikannya akan membuat siapa pun yang melihatnya tidak akan mengalihkan pandangan dan langsung naik ke puncak menara. Dari puncak menara Anda bisa mengamati hal-hal luar biasa, seperti datang dan perginya kapal.

3. Berfoto dengan latar belakang yang unik

Karena dulunya digunakan sebagai penjara dan rumah sakit, tentunya banyak tempat unik yang bisa ditemukan. Berwisata tanpa mengambil foto tentu akan terasa membosankan.

Ada banyak spot foto populer yang sering dipilih wisatawan, seperti kincir angin bertanda “Onrust”, Menara Keker, sisa-sisa bangunan rumah sakit dan penjara, bahkan benteng tua.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pulau OnrustFoto oleh Romy.Estradha di Shutterstock

Perlu anda ketahui bahwa kawasan wisata pulau di Kepulauan Seribu ini sudah masuk dalam Daftar Warisan Dunia yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Agar tetap tampil unik dan menarik, kawasan wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai sehingga akan membangkitkan minat dan kenyamanan setiap wisatawan.

Fasilitas pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah akomodasi untuk berwisata ke objek wisata populer ini. Dermaga di pulau mempesona ini masih sangat kuat dan kokoh.

Jika merasa lapar, Anda bisa mampir ke restoran terdekat. Tidak hanya masakan khas Indonesia, tapi juga masakan Jepang, China, dan Barat.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di kawasan Pulau Onrust, seperti menelusuri sejarah pada masa penjajahan Belanda dan menikmati suasana asri.

Kamar mandi dan toilet juga mudah ditemukan di sini. Kehadiran spot foto unik juga bisa dikategorikan sebagai penambah tambahan kawasan wisata.

Sejak ditemukan, kawasan pulau ini telah beberapa kali berubah fungsi. Meski letaknya jauh di Kepulauan Seribu, namun pasti menarik untuk dikunjungi semua orang.

Salah satu keistimewaan pulau ini adalah adanya benteng besar yang pernah digunakan VOC sebagai tempat menembakkan senjata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button