Berita Wisata

Ratusan lampion bertema Natal mulai dipajang di Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Gede

RADARSOLO.ID – Ratusan lampion cantik bertema Natal menghiasi kawasan Jenderal Sudirman di Pasar Gede pada Kamis (1/12) malam. Suasana meriah akan memeriahkan malam Natal dan Tahun Baru di Kota Bengawan.

General Manager Panitia Natal Bersama Kota Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan, ide menghias Jalan Jenderal Sudirman, Balai Kota Surakarta dan Pasar Gede muncul awal tahun ini.

“Mas Wali dan Pak Wawali mengatakan bahwa itu bisa dihias tidak hanya untuk Tahun Baru Imlek. Karena itu hari kemerdekaan, Idul Fitri dan Natal juga dirayakan dengan pesta lampion kali ini,” ujarnya kemarin.

Suasana malam kota Solo mulai tanggal 1 hingga 31 Desember akan dipercantik dengan lampion warna-warni bertema Natal. Setidaknya ada 18 lampion besar Natal yang dipajang. Mulai dari lampion berbentuk pohon natal, kereta rusa dan kereta Sinterklas, lampion lilin dan ratusan lampion kecil dipasang di berbagai tempat. Akan ada banyak spot foto yang akan diserbu oleh masyarakat

Selain itu, penampilan musik bertema natal juga akan memeriahkan suasana natal nanti. “Mungkin ada pedagang kaki lima atau kuliner,” ujarnya.

Disinggung potensi gesekan atau celah yang bisa muncul dengan hadirnya tema Natal di kawasan pusat kota, Sumartono tidak khawatir. Memang Wali Kota Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa memberikan restu.

Lampion Natal ini dihadirkan untuk meningkatkan rasa keberagaman dan merupakan simbol kemajemukan masyarakat Kota Bengawan. “Solo cukup sensitif dengan hal-hal seperti itu, sempat ada masalah kristenisasi saat pemancangan Jensud-Pasar Gede beberapa tahun lalu. Apa tidak takut diserang masalah SARA? Kami komunikasikan dengan Mas Wali, kalau ada yang punya protes, bisa diskusikan langsung dengan beliau. Saya hargai sikap beliau. Selain itu, acara ini bukan sekedar lampion. Nanti juga akan ada aksi donor darah, akan ada penanaman pohon aktif dan Natal bersama kota Surakarta, dia menjelaskan.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan keamanan dan kelancaran acara lampion natal tersebut. Dia mencontohkan, kawasan Jensud, balaikota dan Pasar Gede merupakan ruang publik. Tentunya bisa digunakan untuk semua kegiatan dan oleh semua kelompok masyarakat tanpa terkecuali.

Sopo bernyanyi demonstrasi? Ini tempat umum untuk semua, silakan jika Anda mau memakaitidak hanya untuk acara hanya religius, tapi juga untuk semua,” kata Gibran. (ves/nik/bendungan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button