Tempat Wisata

Rawa Bento: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Keindahan alam Kerinci mampu menimbulkan kekaguman dan perhatian khusus di kalangan wisatawan. Kawasan ini memiliki berbagai wisata alam seperti danau, gunung, dan air terjun. Tempat wisata baru kini bermunculan, semakin menonjolkan Kerinci sebagai surga wisata Jambi. Salah satunya Rawa Bento yang kini juga tengah menyita perhatian wisatawan.

Dari Rawa Bento Anda bisa menikmati berbagai pemandangan indah. Gunung Kerinci menjulang megah, begitu pula dengan padang rumput hijau dan pepohonan yang menciptakan suasana asri. Udaranya yang sejuk dan segar menambah keindahan rawa ini.

Rawabento

Secara administratif Rawa Bento terletak di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi rawa ini terletak sekitar 44 kilometer dari kota Sungai Banyak dan dapat diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Setidaknya perjalanan ini memakan waktu lebih dari satu jam karena tidak mudah untuk sampai ke kawasan rawa.

Setelah sampai di Desa Kersik Tuo, wisatawan harus melanjutkan perjalanan melintasi Sungai Rawa Bento. Pengunjung dapat menyewa perahu milik penduduk setempat dan dengan senang hati mengantarkannya ke tempat tujuan. Karena letak perairan yang dangkal, akses dengan perahu semakin sulit. Diharapkan pemerintah daerah segera melakukan normalisasi sungai agar perjalanan menuju rawa menjadi lebih mudah.

Pesona Rawa Bento

Terletak di ketinggian lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut, Rawa Bento merupakan kawasan lahan basah tertinggi di Sumatera. Luas wilayahnya mencapai 1.000 hektar dan merupakan rawa berisi air tawar. Berbagai jenis vegetasi juga dapat ditemukan di sekitar rawa, antara lain jenis rumput Leerxia hexandra dan jenis Eugenia spicata.

Kawasan rawa tidak hanya dihiasi dengan berbagai jenis rumput, tetapi juga beberapa jenis pepohonan. Oleh karena itu kawasan rawa ini biasa juga disebut hutan rawa. Rawa Bento dulunya adalah sebuah danau, namun karena proses sedimentasi, aliran sungai di sekitarnya membuat danau tersebut semakin dangkal. Diketahui, di sekitar rawa tersebut terdapat beberapa sungai yang bersumber dari Gunung Kerinci.

Rawabento

Dari kejauhan, air di Rawa Bento tampak gelap gulita. Padahal air di rawa ini sangat jernih jika dilihat dari dekat bahkan wisatawan bisa melihat berbagai ikan dan ular yang sering berjalan-jalan. Berbagai jenis ikan hidup di rawa ini antara lain ikan Semah, ikan Seluang, ikan Pareh dan juga belut. Biasanya ikan ini bersembunyi di tanaman eceng gondok yang memenuhi seluruh tepian rawa.

Pengunjung dapat menjelajahi rawa menggunakan kano yang disediakan oleh penduduk setempat. Kegiatan ini menarik minat yang besar tidak hanya di kalangan wisatawan lokal tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara. Selain menikmati pemandangan yang indah, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai jenis burung yang hidup di sekitar rawa.

Kegiatan mengamati burung banyak diminati oleh para pecinta burung. Ada berbagai jenis burung seperti burung pemangsa, udang raja, scaup, snipe dan masih banyak lagi. Burung ini terbang bebas dan sering mencari makan di Rawa Bento. Menurut penelitian, lebih dari 400 burung yang terbagi dalam 12 spesies merupakan endemik rawa ini.

Keindahan Rawa Bento tidak lepas dari berbagai permasalahan yang menjadi kendala. Misalnya, sungai dan beberapa lahan basah telah diratakan dan kini diubah menjadi lahan pertanian. Selain itu, semakin banyak pula tanaman eceng gondok yang tak terkendali menutupi permukaan rawa.

Fasilitas di Rawa Bento

Ini merupakan tempat wisata yang tergolong baru sehingga fasilitas di Rawa Bento masih sangat minim. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, musala atau masjid dan toilet di sekitar rawa belum dibangun. Pengunjung dapat menemukan fasilitas terdekat di Desa Jernih Jaya atau Desa Kersik Tuo.

Selain itu, akses menuju lokasi Rawa Bento masih sulit dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi kendala bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Di rawa, kano dan perahu tradisional bisa disewa dengan harga terjangkau. Perahu-perahu ini milik warga sekitar dan digunakan untuk menangkap ikan atau mengangkut hasil pertanian.

Masih sulitnya mencari akomodasi di sekitar Rawa Bento. Namun jangan khawatir, wisatawan bisa menemukan beberapa homestay di Desa Kersik Tuo. Ada juga beberapa hotel di Kota Sungai Banyak yang bisa dijadikan alternatif saat homestay sedang penuh tamu.

Baca juga: Indahnya Pantai Koto Petai, pantai eksotik di pinggir Danau Kerinci

Mengunjungi Rawa Bento bisa menjadi alternatif wisata saat berada di Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat menjelajahi rawa.

Nikmati keindahan alam

Jika bosan dengan berbagai wisata di Kerinci, cobalah datang ke Rawa Bento. Tempat ini masih tergolong baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Keindahan alamnya tidak kalah dengan tempat wisata di Kerinci lainnya. Dari rawa ini terlihat pemandangan Gunung Kerinci dan padang rumput hijau luas serta hutan rawa.

Anda bisa berkano melewati rawa dan menikmati setiap tempat menarik yang ditawarkan Rawa Bento. Sebelum berkano Anda harus melintasi lanskap berumput dan berawa. Berjalan melalui tempat ini menawarkan perasaan tersendiri. Tanah rawa yang lembut dan basah memerlukan kehati-hatian saat melintasinya.

Mengamati burung dan memancing

Bagi pecinta burung, Rawa Bento ibarat surganya berbagai jenis burung liar. Mengamati burung itu sendiri sungguh menyenangkan. Dengan sampan Anda bisa melihat burung-burung liar terbang bebas. Terkadang mereka mendarat untuk minum atau mencari makan di rawa.

Selain itu, Anda juga bisa mencurahkan hobi Anda untuk memancing di rawa. Di rawa ini Anda bisa menangkap berbagai jenis ikan. Salah satunya adalah ikan Semah yang terkenal enak dan memiliki nilai jual yang tinggi. Sambil bersantai di pinggir rawa, Anda bisa menyantap ikan hasil tangkapan dengan cara dibakar.

Perburuan Foto

Pemandangan yang ditawarkan Rawa Bento bisa menjadi tujuan para fotografer amatir. Keindahan alamnya sungguh menakjubkan dan sayang sekali jika tidak diabadikan. Anda juga bisa berfoto di rawa ini dan mengabadikan megahnya Gunung Kerinci yang berdiri tepat di belakang kawasan rawa. Banyak juga fotografer yang datang untuk memotret burung-burung di sekitar rawa.

Tak jauh dari rawa juga terdapat jembatan unik yang sering digunakan untuk fotografi. Jembatan ini juga menjadi salah satu tempat paling menarik di Rawa Bento. Anda bisa berfoto sambil menikmati hamparan hijau hutan rawa dan keagungan Gunung Kerinci.

Baca juga: 235 Tempat Wisata Di Jambi Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Biaya masuk Rawa Bento

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Rawa Bento

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 6 sore

Tips Berwisata di Rawa Bento

  • Jika Anda belum pernah ke rawa ini, ajaklah teman atau warga sekitar yang tahu persis di mana letak rawa ini.
  • Selalu waspada dan berhati-hati di rawa-rawa karena hewan liar sering berkeliaran di sana.
  • Berhati-hatilah saat berjalan di sekitar rawa karena bisa saja Anda terjatuh ke dalam rawa.
  • Wisatawan dilarang menangkap atau menembak burung di rawa.
  • Jaga kelestarian dan kebersihan rawa serta hindari membuang sampah sembarangan.

Galeri Foto Rawa Bento

Selamat datang di Rawa Bento
Potret Rawa Bento di kaki Gunung Kerinci
Perburuan Foto
Spot foto di pinggir rawa
Berkemah di Rawa Bento

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button