Berita Wisata

Rekomendasi Destinasi Wisata Jepara yang Wajib Anda Kunjungi

Merdeka.com – Kota Jepara terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Wisata Jepara menyuguhkan berbagai destinasi yang bisa Anda kunjungi, mulai dari hutan, bukit, goa, museum hingga pantai. Saat berlibur, semua destinasi wisata di Jepara ini akan memanjakan mata Anda.

Jepara merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan industri mebelnya. Sejak zaman dahulu, Jepara juga merupakan kawasan perdagangan utama di Pulau Jawa dan memiliki beberapa tokoh berpengaruh, seperti RA Kartini dan Ratu Kalinyamat.

taboola tengah artikel

Destinasi wisata Jepara yang banyak dan sejarahnya menarik banyak orang untuk berkunjung untuk berlibur. Dengan berbagai tempat wisata, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, Jepara menjadi kota yang wajib Anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Jepara.

Wisata alam di Jepara
1. Taman Nasional Karimunjawa
Karimun Jawa memang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Wisata alam di Jepara yang satu ini memiliki pemandangan yang indah, sehingga cocok bagi anda yang ingin menyejukkan diri dan melepas penat.

Karimun Jawa terdiri dari lebih dari 20 pulau kecil dengan berbagai situs menarik. Anda bisa menikmati keindahan laut Karimun Jawa dengan snorkeling, mengunjungi penangkaran hiu, hutan mangrove, wisata kuliner atau sekedar jalan-jalan santai.

2. Danau Blingoh

Wisata Jepara selanjutnya adalah Danau Blingoh. Danau ini memiliki tampilan yang unik dan indah karena dikelilingi oleh bebatuan kapur berwarna putih. Airnya jernih dengan warna hijau tosca.

Danau Blingoh adalah sebuah danau yang tercipta secara tidak sengaja. Awalnya, kawasan ini merupakan kawasan penambangan liar lama, yang lama kelamaan membentuk kubangan besar. Pasca direbutnya aktivitas penambangan liar, kawasan ini dibiarkan terbengkalai sehingga saat hujan, air mengisi genangan hingga membentuk danau.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berkunjung, sebaiknya lakukan pada musim hujan untuk mendapatkan pemandangan danau secara utuh. Saat musim kemarau, air di Danau Blingoh mengering sehingga pemandangan tidak sebagus saat musim hujan.

2 dari 4 halaman

Wisata pantai di Jepara

1. Pantai punuk sapi
Destinasi wisata di Jepara yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Punuk Sapi. Wisata pantai di Jepara ini juga dikenal dengan nama pantai Lemah Abang yang berarti “pantai tanah merah” karena warna perbukitan dan tanahnya yang merah.

Kekhasan pantai ini adalah pasirnya yang hitam. Meski begitu, keindahannya tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya. Di pantai ini, Anda bisa bersantai menggunakan hammock atau menikmati semilir angin dengan menaiki ayunan yang tersedia.

2. Pulau Panjang

Destinasi wisata Jepara lainnya adalah Pulau Panjang. Pulau ini memiliki luas 19 hektar yang dikelilingi pantai dengan perairan dangkal penuh terumbu karang dan air jernih. Kecantikannya tak kalah dengan Karimun Jawa.

Anda bisa menyewa sepeda untuk menikmati keindahan pulau ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kegiatan outdoor lainnya, seperti camping, camping, dan snorkeling.

3 dari 4 halaman

Wisata di Jepara yang lagi hits

1. Gua Manik

Obyek wisata Jepara ini berjarak sekitar 5 km dari obyek wisata air terjun Songgo Langit dan terletak di desa Sumanding. Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda harus berhati-hati karena jalurnya terjal dan licin.

Di kawasan ini terdapat dua gua yang salah satunya berada di bawah pancuran. Hingga saat ini goa tersebut masih digunakan sebagai tempat meditasi oleh sebagian orang.

Selain ritual yang dilakukan di dalam goa, udara di sekitar goa selalu sejuk karena berada di daerah pegunungan. Anda bisa bersantai sambil menghirup udara segar.

2. Benteng Portugis

Destinasi wisata di jepara selanjutnya adalah benteng portugis. Benteng yang terletak di desa Banyumanis, kecamatan Donorojo, tepat di tepi laut ini memberikan pemandangan yang menakjubkan pada benteng Portugis ini.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan lain karena belum ada jalur transportasi umum yang dapat menjangkau objek wisata ini. Benteng Portugis buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 16:00 WIB.

Dari Senin hingga Jumat, tiket untuk dewasa dihargai Rp3.000 dan anak-anak Rp2.000. Pada akhir pekan dan hari libur, harga tiket dewasa naik menjadi Rp5.000 dan Rp3.000 untuk anak-anak, sudah termasuk biaya parkir.

4 dari 4 halaman

Wisata di Jepara selain pantai

1. Air Terjun Setatah

Wisata alam di jepara yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah air terjun setatah. Destinasi wisata Jepara ini memiliki bentuk yang luas dan bertingkat serta cenderung memiliki elevasi yang rendah. Keindahan lingkungan sekitar juga sangat terjaga karena dikelilingi pepohonan dan persawahan.

2. Bukit Bejagan

Tempat Wisata di Jepara selain pantai adalah Bukit Bejagan. Bukit yang terletak di desa wisata Tempur, Kabupaten Jepara ini menyuguhkan pemandangan pepohonan hijau dan pegunungan yang memberikan rasa tenang dan rileks.

Namun untuk mencapai puncak bukit ini, Anda harus menyiapkan tenaga yang berlebih karena harus mendaki. Di atas bukit, Anda bisa menikmati rumah yang diubah menjadi pos pengamatan dan tempat foto wisata.

3. Museum R.A. Kartini

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum RA Kartini. Wisata Jepara yang terletak di Jalan Alun-Alun No. 01, Panggang, Kabupaten Jepara ini dikhususkan untuk melayani RA Kartini.

Bangunan Museum RA Kartini terdiri dari 3 bangunan yang memiliki desain menyerupai huruf K, T dan N. Meski disebut Museum RA Kartini, namun tidak semua benda yang di koleksi merupakan peninggalan Raden Ajeng Kartini. Ada beberapa koleksi antik dan peninggalan sejarah lainnya.

Museum RA Kartini dibuka dari Senin hingga Minggu, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp 2.000 di hari biasa dan Rp 3.000 di akhir pekan.

4. Museum Patung Nusantara

Museum Patung Nusantara merupakan bekas gudang milik SMPN 6 Jepara yang terletak di Jalan Kartini No. 40, Panggang, Kecamatan Jepara. Bangunan SMPN 6 ini sendiri juga cukup unik karena masih identik dengan bangunan zaman Hindia Belanda.

Museum ini merupakan museum patung pertama di dunia. Salah satu koleksi museum yang terkenal adalah bola dunia kayu berukir. Balon ini konon dibuat atas permintaan Presiden Soekarno saat berkunjung ke SMPN 6 Jepara pada tahun 1962.

Seni patung yang ditampilkan tidak hanya dari Jepara. Banyak patung yang berasal dari luar Jepara, seperti milik suku Asmat yang berasal dari Papua. Selain menikmati keindahan dan keunikan patung yang ada, pengunjung juga bisa belajar membuat patung yang indah.

Itulah beberapa destinasi wisata Jepara yang bisa Anda kunjungi selama liburan. Dengan banyaknya destinasi wisata yang berbeda, Anda bisa memilih untuk mengunjungi wisata alam atau wisata sejarah.

(mdk/manajemen)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button