Berita Wisata

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap, keripik sukun di Rempeyek

TEMPO.CO, Jakarta – Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kawasan yang memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Tak heran, Cilacap selalu ramai dikunjungi pengunjung atau wisatawan, saat liburan tiba. Sambil menikmati keindahan wisata alam di Kabupaten Cilacap, tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi seni kuliner kota ini.

Berbagai makanan olahan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat tersedia di kabupaten terluas di Jawa Tengah ini. Masakan Cilacap juga memiliki cita rasa yang unik dan khas, termasuk oleh-oleh yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, orang terkasih atau rekan kerja di kampung halaman. Berikut empat oleh-oleh khas Cilacap yang bisa dibeli:

1. Keripik sukun

Keripik sukun adalah oleh-oleh khas Cilacap yang direkomendasikan. Seperti namanya, keripik sukun terbuat dari sukun. Sukun dikenal rasanya pas dan tidak terlalu manis, sehingga saat diolah menjadi keripik, rasanya akan lebih nikmat dan renyah.

2. Lempar

Lanting adalah nama jajanan khas Cilacap yang berbahan dasar ubi jalar atau singkong. Bentuk lantingnya juga unik, yaitu bulat namun memiliki lubang di tengahnya sehingga terlihat seperti cincin kecil. Camilan ini rasanya asin dan renyah, sehingga cocok dijadikan teman bersantai bersama orang terdekat.

Baca: Jangkrik Surabaya Renyah Renyah

3. Rempeyek dari Yutuk

Rempeyek yutuk merupakan rekomendasi oleh-oleh untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Kabupaten Cilacap. Seperti namanya, rempeyek yutuk terbuat dari yutuk, hewan laut yang menyerupai udang atau kepiting di Cilacap. Yutuk Rempek memiliki rasa asin dan renyah yang membuat siapa saja yang memakannya ketagihan. Jika Anda tertarik untuk membawa oleh-oleh khas Cilacap itu, Anda bisa menemukan Keripik Kacang Yutuk di sekitar kawasan pantai Cilacap.

4. Candi

Templeng adalah nama jajanan khas Cilacap yang bentuknya mirip kacang. Templeng terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan bumbu yang menggugah selera. Meski cara pengolahannya mirip dengan rempeyek, canding memiliki isian yang beragam, mulai dari kacang tanah, udang rebon, kedelai, teri hingga kacang hijau.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca juga: Keunikan Kota Cilacap, Tradisi Sedekah dari Laut Punya 3 PLTU

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. Klik Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button