Berita Wisata

Rekomendasi Tempat Wisata Lampung Selatan, Dari Pantai Hingga Air Terjun

Lampung Selatan, IDN Times – Lampung Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki luas wilayah 2.007,01 kilometer persegi dan berpenduduk 1.057.664 jiwa yang tersebar di 17 kecamatan, 4 kecamatan, dan 256 desa.

Lampung Selatan dikenal sebagai Sydney van Andalas. Hal ini dikarenakan memiliki letak geografis yang berada di kaki Pulau Sumatera serta merupakan penghubung dengan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda.

Tak heran jika kemudian, daerah yang menyandang motto Khagom Mufakat ini memiliki banyak destinasi wisata termasuk pantai.

Tak hanya pantai, Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki pilihan destinasi wisata alam lainnya seperti air terjun mandi belerang. Berikut 5 rekomendasi wisata untuk Kabupaten Lampung Selatan.

1. Pantai Minang Rua

5 rekomendasi wisata Lampung Selatan, dari pantai hingga air terjunDestinasi wisata Pantai Minang Rua, Lampung Selatan. (Dok. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan)

Pantai Minang Rua merupakan destinasi wisata terlengkap yang paling direkomendasikan di kawasan Kabupaten Lampung Selatan. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai, tempat ini juga dapat menikmati berbagai pemandangan alam lainnya seperti Green Canyon, Underwater Park, Air Terjun Jamara, Air Terjun Khaja Saka, Wisata Camping Batu Alif, Gua Lalay dan Spot Jumping.

Perlu diketahui juga bahwa pantai Minang Rua sering menjadi tempat persinggahan penyu selama migrasi untuk bertelur. Untuk wisata ini memiliki penangkaran penyu di sekitar pantai. Bahkan, memasuki musim penyu bertelur, Pokdarwis akan begadang untuk menyelamatkan telurnya.

Terletak di desa Klawi, kecamatan Bakauheni, berjarak sekitar 6 kilometer dari pelabuhan Bakauheni atau dapat ditempuh sekitar 15 menit, dan sekitar 92 kilometer dari Bandar Lampung atau memakan waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan menuju pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Namun ingat, selama perjalanan, wisatawan harus berhati-hati karena akan melintasi jalan yang sempit, berkelok dan cukup curam seperti menuruni bukit dan lereng. Untuk harga tiket masuk pantai Minang Rua dikenakan biaya Rp 5.000 per orang, sedangkan tiket parkir motor Rp 10.000 per motor dan Rp 20.000 per mobil.

Disini tour operator juga menawarkan daftar harga tour termasuk menyiapkan pemandu wisata dan penawaran lainnya yang tentunya ramah kantong.

2. Pemandian Air Panas Way Sulfur

5 rekomendasi wisata Lampung Selatan, dari pantai hingga air terjunKunjungan ke sumber air panas Way Sulphur. (Dok. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan)

Pemandian Air Panas Way Sulphur merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki berbagai keunggulan, seperti air belerang yang memiliki khasiat. Sulfur baik untuk tubuh untuk menjaga pori-pori tetap bersih, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan kulit, mengobati ketombe, melancarkan peredaran darah dan berbagai khasiat lainnya.

Pemandian air panas ini dikenal memiliki berbagai fasilitas yang tersedia antara lain pemandian air panas, spot foto, kolam air tawar, wahana permainan seperti ayunan, kelelawar buah, taman, pertemuan, peternakan kuda, kamar kecil, ruang pembilasan, fasilitas ibadah dan fasilitas lainnya yang tersedia. .

Jika ingin berkunjung ke sini, siapkan saja tiket masuk sebesar Rp 10.000 dengan jam buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 18:00 WIB. Wisata Pemandian Air Panas Way Sulphur terletak di lereng Gunung Rajabasa, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Baca Juga: 9 Tarian Tradisional Lampung Penuh Makna dan Ditampilkan dalam Acara Istimewa

3. Pulau Noni

5 rekomendasi wisata Lampung Selatan, dari pantai hingga air terjunPulau Mengkudu, Lampung Selatan. (Dok. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan)

Pulau Mengkudu merupakan destinasi wisata yang menawarkan sejuta janji keindahan eksotisme wisata bahari. Lokasinya yang sejuk dan jauh dari pemukiman penduduk, menjadikan wisata ini sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan. Untuk menikmati keindahan wisata yang terletak di desa Totoharjo, kecamatan Bakauheni, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Untuk menuju tempat ini, pengunjung dapat mengakses dua jalur. Pertama, melalui jalur darat melalui Desa Totoharjo. Kedua, melalui jalur laut, Anda bisa naik perahu dari berbagai pantai, mulai dari Pantai Kunjir, Kahai dan Belebuk. Tarifnya bervariasi mulai dari Rp 25 hingga Rp 30 ribu.

4. Jalur Air Terjun Kalam

5 rekomendasi wisata Lampung Selatan, dari pantai hingga air terjunMengunjungi Air Terjun Way Kalam, Lampung Selatan. (Instagram/@candragpernahmaen)

Bagi Anda yang menyukai wisata yang memacu adrenalin, Anda wajib banget mengunjungi Air Terjun Way Kalam yang terletak di kaki Gunung Rajabasa, Desa Way Kalam, Penegahan, Kabupaten Lampung Selatan. Di sana, lelahnya perjalanan menaiki tangga terbayar lunas saat disuguhkan pemandangan pepohonan dan tebing di sepanjang jalan.

Tak hanya itu, suara jangkrik yang saling bergema juga menambah suasana perjalanan semakin menyatu dengan alam. Untuk mencapai destinasi wisata air terjun Way Kalam, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kalianda.

Harga tiket masuk Air Terjun Way Kalam cukup terjangkau, kamu hanya merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Ada juga parkir untuk kendaraan roda empat, dengan biaya parkir sebesar Rp 20.000 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Dengan bujet yang relatif murah, Anda sudah bisa menikmati eksotisme destinasi wisata air terjun.

5. Tur Menara Siger

5 rekomendasi wisata Lampung Selatan, dari pantai hingga air terjunMenara Siger di Kabupaten Lampung Selatan. (IDN Times/Spesial).

Menara Siger merupakan bangunan khas provinsi Lampung yang diresmikan sejak 30 April 2008. Menara ini merupakan bangunan yang sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri dengan menyambut wisatawan dari berbagai daerah yang sengaja berkunjung ke provinsi Lampung.

Di dalam gedung terdapat situs dan informasi tentang ideologi kekayaan sumber daya alam Lampung. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Menara Siger antara lain tempat parkir yang cukup luas, gazebo, spot foto, teropong jarak jauh, tugu, penjualan souvenir, warung, tempat ibadah, toilet dan berbagai fasilitas lainnya yang tersedia.

Jika Anda ingin mengunjungi Siger Tower, Anda hanya akan membayar tiket masuk sebesar Rs 25.000 per mobil dengan jam buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 18:00 WIB. Destinasi wisata Menara Siger terletak di Jalan Lintas Sumatera, Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung.

Pesona pantai dan air terjun menjadi pilihan tepat untuk liburan santai. Bagaimana menurut Anda rekomendasi tempat wisata di Lampung Selatan? Tertarik untuk datang?

Baca Juga: Pesona Pulau Mablack, Surga yang Jatuh di Bumi Lampung

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button