Berita Wisata

Rekomendasi Tempat Wisata Mangrove di Kalimantan Barat

Selasa, 8 November 2022 – 19.33 WIB

BANDUNG – Kota Mempawah, Kalimantan Barat terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan mempesona. Salah satu objek wisata yang paling diminati adalah wisata mangrove.

Objek wisata mangrove ini terletak di desa Pasir, kabupaten Mempawah, provinsi Kalimantan Barat. Tempat wisata ini buka setiap hari dan tidak dipungut biaya. Jaraknya kurang lebih 2 jam dari kota Pontianak. Dalam perjalanan menuju objek wisata Mangrove, Anda akan melewati kota Siantan, Jungkat dan Mempawah.

Obyek wisata mangrove Kementerian Lingkungan Hidup dan BPDAS Kalbar sudah beberapa kali direhabilitasi. Hasil dari rehabilitasi tersebut adalah hutan mangrove semakin meluas dan pantai laut yang terkikis oleh ombak kini mulai terdampar.

Destinasi ini menyuguhkan panorama yang indah dan alami dengan suasana yang segar dan sejuk. Tempat wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2016, tempat wisata ini banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat wisata ini juga menawarkan sejumlah tempat untuk berfoto Selvi dan hutan mangrove yang rimbun serta panorama laut yang sangat luas terbentang di depan hutan mangrove.

Kawasan konservasi ini juga berhasil menarik ribuan wisatawan. Banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di tempat-tempat yang mengusung konsep edu-ekowisata. Selain itu, hutan mangrove ini juga merupakan tempat berkembang biaknya kepiting, udang, dan ikan.

Penasan bagaimana keindahan agrowisata mangrove, mengajak dan membawa sanak saudara atau sanak saudara untuk berkunjung sekaligus menghilangkan kepenatan rutinitas kantor sehari-hari.

Selain di Kabupaten Mempawah, wisata mangrove ini juga terdapat di Kabupaten Kubu Raya di kecamatan Batu Ampar. Wisata mangrove di kawasan ini tidak kalah menariknya dengan di Kabupaten Mempawah.

Jika Anda mengunjungi Batu Ampar menggunakan jalur air, sejauh mata memandang dari Muara Kubu ke Batu Ampar, Anda akan disuguhkan dengan hutan mangrove yang tumbuh subur dan jika makanannya enak, Anda juga bisa melihat binatang.

Untuk menjaga kelestarian hutan mangrove ini, di Desa Batu Ampar dan sekitarnya juga telah dibentuk pengelolaan hutan desa. Selain itu, berkat program Kementerian Lingkungan Hidup, rehabilitasi juga dilakukan.

Nah, buat kamu yang hobi traveling dan riset, sepertinya dua tempat wisata mangrove di Kabupaten Mempawah dan Kecamatan Batu Ampar ini menjadi pilihan yang tepat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button