Berita Wisata

Rekomendasi tempat wisata NTT terpopuler yang wajib dikunjungi, berikut daftarnya

Merdeka.com – Tidak diragukan lagi keindahan alam dan pemandangan NTT atau Nusa Tenggara Timur. NTT menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Di sini, banyak pantai indah yang bisa dijelajahi. Ada juga taman nasional Komodo dan Kelimutu yang eksotis dan menarik untuk menambah pengalaman dan mengisi waktu liburan Anda. Dijamin, Anda tidak akan kekurangan tempat wisata saat memutuskan untuk berlibur ke NTT.

taboola tengah artikel

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi wisata pilihan NTT yang kami rangkum khusus untuk Anda.

2 dari 4 halaman

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

©Pixabay

Rekomendasi wisata unggulan NTT adalah Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo meliputi Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan beberapa pulau kecil lainnya. Di sini Anda dapat menemukan banyak kegiatan untuk dilakukan.

Sebut saja dia melihat kadal raksasa, yaitu komodo. Ini adalah daya tarik utama yang diincar oleh wisatawan. Pengalaman mendebarkan mengamati komodo dari dekat akan menjadi kisah liburan yang akan dikenang seumur hidup.

Komodo sendiri merupakan hewan purba yang menjadi bagian dari keajaiban dunia dan keberadaannya sangat dilindungi. Selain melihat langsung habitat komodo, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pulau, perbukitan, savana dan tentunya pantai sekitar yang menawan.

2. Taman Nasional Kelimutu

Rekomendasi wisata NTT yang kedua adalah Taman Nasional Kelimutu. Sebagai salah satu tujuan wisata utama NTT, Taman Nasional Kelimutu menampilkan kawasan perbukitan dan pegunungan dengan Gunung Kelimutu dan danau tiga warna sebagai titik fokusnya. Danau ini merupakan bagian dari kawah Gunung Kelimutu. Telaga atau Tiwu Kelimutu terbagi menjadi tiga bagian sesuai dengan warna telaga.

Danau Biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal. Danau Merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya arwah orang mati yang semasa hidupnya selalu melakukan kejahatan/sihir. Sedangkan telaga putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya arwah kerabat yang telah meninggal.

3 dari 4 halaman

3.Labuan Bajo

Potret Ari Lasso di Labuan Bajo

©2022 Merdeka.com/Instagram Ari Lasso

Rekomendasi wisata NTT yang ketiga adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo akhir-akhir ini menjadi sangat populer dan menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan yang lelah dari Bali atau Gili Trawangan. Hal ini dikarenakan Labuan Bajo memiliki keindahan pulau, pantai dan alam bawah laut kawasan ini yang begitu memikat.

Akses menuju Labuan Bajo juga cukup lengkap, mulai dari bandara, dermaga dan pelabuhan laut yang menjadi pintu masuk tempat wisata NTT lainnya. Dari Labuan Bajo, wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau cantik yang mengelilinginya. Salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Labuan Bajo adalah menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

4. Pantai Merah Muda

Destinasi wisata NTT yang keempat adalah Pink Beach. Inilah salah satu pantai paling populer di NTT. Setiap wisatawan yang berkunjung ke NTT pasti pernah menginjakkan kaki di pantai ini sendirian minimal satu kali. Seperti namanya, pantai ini memiliki hamparan pantai berpasir merah muda.

Pink Beach atau Pantai Pink memang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Pulau Komodo. Terletak di cekungan bagian selatan Pulau Komodo, warna pink pantai ini berasal dari karang yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan bahwa pasir merah muda berasal dari hewan mikroskopis bernama firaminifera.

4 dari 4 halaman

5. Puru Kambera Sabana

Rekomendasi wisata NTT yang kelima adalah Sabana Puru Kambera. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke NTT tapi tidak mengunjungi salah satu savananya. Salah satu sabana yang paling populer adalah Sabana Puru Kambera yang terletak di Kabupaten Sumba Timur. Pemandangan sabana yang begitu luar biasa.

Di kawasan ini wisatawan bisa melihat langsung kawanan kuda liar yang menjadi magnet Sabana Puru Kambera dengan latar belakang laut biru yang indah. Tak jauh dari padang savana, Anda bisa menikmati momen relaksasi di pantai pasir putih yang masih sangat asri.

6. Desa Wae Rebo

Rekomendasi wisata NTT yang keenam adalah Desa Wae Rebo. Wae Rebo merupakan desa adat yang ditetapkan pada tahun 2012 sebagai Situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Desa Wae Rebo memiliki pesona yang sangat eksotis, berkat rumah adat berbentuk kerucut yang unik.

Terletak di Kabupaten Manggarai, desa ini berdiri di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai desa di atas awan. Di desa ini terdapat 7 rumah adat berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang. Rumah-rumah ini telah bertahan selama 19 generasi dan bahkan lebih indah dengan latar belakang pegunungan yang indah dan sejuk.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button