Berita Wisata

Resmikan Masjid Hidayatullah di Kota Tarusan XI, Gubernur Mahyeldi Sebut Masjid Hidayatullah Mandeh Potensi Wisata

Sabtu 12 November 2022 | 19:13 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Padang, Info Publik – Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi meresmikan Masjid Hidayatullah di Kota XI Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan pada Jumat (11/11/2022). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Pembangunan Masjid Hidayatullah dirancang dan memiliki arsitektur modern dengan mengambil konsep rumah kokoh gadang kajang yang merupakan ciri khas rumah gadang selatan Pesisir di Sumatera Barat. 40% dari bangunan ini dilubangi dengan ornamen ukiran kaligrafi, Syahadat, yang digunakan sebagai ventilasi untuk masjid.

Gubernur Mahyeldi mengatakan masjid ini dibangun berukuran 15 x 16,5 meter dengan fasilitas wuduk dan tanah dengan luas total 3.200 meter yang didirikan oleh keluarga almarhum. Rusniman Rajo Basa yang dirancang oleh Ar. Renggo Pernanda, adalah salah satu arsitek desain Archividea dari Indonesia.

“Membangun masjid membutuhkan perencanaan sejak dini, bukan sesaat, tapi jangka panjang agar nantinya tidak ada pembongkaran yang nantinya tidak indah dan sesuai keinginan,” ujarnya, kata gubernur.

Gubernur Buya Mahyeldi mengatakan keberadaan masjid di dekat kawasan Mandeh, Kecamatan Kota XI Tarusan ini merupakan bentuk format atau variasi dalam rangka meningkatkan pariwisata dan keberadaan masjid ini akan melengkapi keberadaan Mandeh sebagai tempat wisata.

“Semoga pembangunan masjid ini merupakan implementasi dari apa yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Lokasi masjid yang dekat dengan wisata Mandeh berpotensi untuk mengembangkan wisata halal yang sejalan dengan falsafah adat basandi. syarak, syarak basandi Kitabullah’,” kata gubernur.

Menurut gubernur, pentingnya kehadiran masjid sebagai solusi berbagai permasalahan masyarakat. Masjid adalah tempat ibadah sekaligus tempat musyawarah.

“Semoga apapun yang diberikan keluarga besar Almarhumah Rusniman Rajo Basa kepada pimpinan masjid ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, sehingga banyak orang yang datang untuk meningkatkan semangat beragama di masyarakat kita, khususnya umat nagari masjid ini,” kata Gubernur. berharap.

Dalam acara tersebut, gubernur juga memuji pembacaan Al-Qur’an oleh Latifatul Tirta, salah satu peserta MTQ Sumbar tingkat nasional yang meraih juara 2 kelompok pengajian untuk anak-anak, pada lomba MTQN Kalsel kemarin, janji gubernur. jika Latifatul Tirta hafal Al-Qur’an 30 Juz Al-Qur’an sendiri akan mendapatkan beasiswa ke Madinah.

Sementara Arsitek Ar Renggo Pernanda, IAI (Archividea Design Indonesia) menjelaskan bahwa masjid ini dibangun dengan gaya modern mengambil konsep rumah gadang kajang kokoh yang merupakan rumah gadang pantai selatan.

“Dalam proses perancangan masjid ini, kami merasakan angin dari laut sangat kencang dan berhembus dengan mantap di area masjid ini. Maka lahirlah ide untuk melubangi bangunan ini pada kaligrafi ornamen ukirannya. syahadat untuk dijadikan ventilasi masjid, jadi tanpa AC sudah bisa merasakan kesejukan di dalam,” ujarnya.

Usai peresmian masjid oleh Gubernur yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, acara dilanjutkan dengan peresmian Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Pesisir Selatan (IPHI) periode 2021-2026. (Melalui/MMC/TOE)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button