Berita Wisata

Ribuan wisatawan mengunjungi ketiga objek wisata di Lembang ini saat liburan tahun baru

Laporan wartawan Tribun Jabar Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT – Tiga objek wisata favorit di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini ramai dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah dalam dua liburan Tahun Baru 2023.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) KBB, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Kebun Binatang Taman Lembang per 31 Desember 2022 mencapai 4.537 orang dan per 1 Januari 2023 sebanyak 5.637 orang.

Sedangkan wisatawan yang berkunjung ke The Great Asia Africa Lembang pada 31 Desember 2022 mencapai 1.722 orang dan pada 1 Januari 2023 sebanyak 2.310 orang.

Sedangkan objek wisata Pasar Terapung mencapai 3.900 orang per 31 Desember 2022 dan 3.500 orang per 1 Januari 2022.

Baca Juga: Volume Kendaraan Menurun, Lalu Lintas Lembang Sepi Saat Libur Tahun Baru 2023

Kepala Dinas Pariwisata Disparbud Bandung Barat, David Oot mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan itu berdasarkan laporan pengelola objek wisata selama dua hari terakhir yang dilaporkan hingga pukul 17.00 WIB.

“Jadi kalau dilihat dari data, jumlah kunjungan wisatawan ke Lembang naik dua kali lipat atau meningkat sekitar 90% dibanding libur tahun baru 2022,” ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar, Minggu (1/1/2023). .

Dua hewan langka Binturung lahir di Taman dan Kebun Binatang Lembang, masing-masing diberi nama Covid dan Corona.Dua hewan langka Binturung lahir di Taman dan Kebun Binatang Lembang, masing-masing diberi nama Covid dan Corona. (TribunJabar.id/Syarif Pulloh)

Ia menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya kunjungan wisatawan saat liburan Tahun Baru 2023.

Memang setiap tempat wisata selalu menghadirkan destinasi terbaru yang bisa membuat wisatawan penasaran.

“Faktor utamanya adalah setiap objek wisata mengutamakan kenyamanan, tempat parkir yang luas mampu menampung ratusan kendaraan dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri,” kata David.

Selain itu, kata dia, untuk saat ini tidak ada lagi pembatasan kunjungan seperti libur tahun baru 2022, karena kebijakan pemerintah pusat untuk memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut.

“Jadi dengan kondisi seperti ini, tempat wisata di Lembang yang menjadi barometer banyak dikunjungi wisatawan saat liburan tahun baru 2023,” ujarnya.

Meski banyak dikunjungi wisatawan dan tidak ada larangan, pihaknya tetap mengimbau pengelola objek wisata tidak membiarkan daya tampung penuh karena kasus Covid-19 di KBB belum sepenuhnya hilang.

“Berdasarkan data Dinkes KBB, hingga kemarin masih ada 45 kasus aktif Covid-19, sehingga kami mengimbau agar kapasitas tidak penuh,” kata David.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button