Berita Wisata

Romokalisari Adventure Land surganya para penikmat wisata adrenalin | BANGSAONLINE.com – Berita Terbaru


Romokalisari Adventure Land, surga bagi pecinta wisata adrenalin Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan istri menjajal wahana kano di Romokalisari Adventure Land.

TULIS INI MEMENANGKAN KOMPETISI KARYA JURNALISTIK YANG DISELENGGARAKAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA TAHUN 2022 KATEGORI MEDIA TERTULIS DENGAN PREDIKAT JUARA 3

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Apakah Anda suka perjalanan adrenalin? Silahkan datang ke Romokalisari Adventure Land (RAL) di Surabaya Barat. Lokasinya jauh dari kebisingan Jalan Raya Tambak Oso Wilangon.

Berlokasi di Jl Rusunawa Romokalisari, Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Tepatnya di kawasan pesisir Teluk Lamong yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Gresik di sisi utara.

Mengusung konsep wisata petualangan, RAL menggabungkan wisata bahari, eduwisata, ekowisata, ekowisata, wisata olah raga, dan wisata kuliner. Konsep wisata alam yang digagas Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara cerdas dan cermat, sengaja dikemas sedemikian rupa untuk menarik lebih banyak pengunjung atau wisatawan.

Untuk menarik wisatawan mancanegara, Pemkot Surabaya sengaja menggandeng Seadoo Safari Surabaya, sebuah jet ski tour operator bertaraf internasional. Siapa tahu? tempat ini awalnya hanya sebagai pusat pemancingan dan telah disulap menjadi tempat wisata alam dengan konsep petualangan.

Dengan konsep yang sudah dipersiapkan dengan baik, kami sepertinya tidak menyadari kalau itu ada di Surabaya. Baik di Bali dengan pantai Sanurnya, maupun di Batu dengan Jatim park-nya, maupun di Pasuruan dengan Cimory Dairyland-nya.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, RAL merupakan sentra perikanan bernama Romokalisari Fish Center (SIR). Saat itu, SIR diresmikan oleh walikota sebelumnya, Tri Rismaharini, pada 10 Desember 2020.

Saat ini ada tujuh wahana di RAL yang siap memberikan keseruan. Ada arena berkuda, sepeda air, perahu wisata, kano, sekoci, ATV, dan jet ski. Tiket terjangkau. Mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000.

Jet ski misalnya, tiketnya cukup mahal. Kisarannya mulai dari 1 hingga 3 juta rupiah. Bukan hanya jarak tempuh. Sensasinya memang luar biasa. Pengunjung bisa menaiki jet ski sendiri atau bersama-sama.

Ada juga wahana kebun binatang mini dan taman bermain. Yang ini gratis. Pengunjung hanya perlu membeli makanan rusa berupa kacang panjang yang bisa didapatkan di dekat wahana. Mengingatkan kita pada wahana di Flora Park atau Nursery, Bratang, Surabaya.

Masih banyak wahana di RAL yang masih dalam tahap pengembangan. Terbukti dengan pembangunan kawasan peternakan dan perikanan yang masih berlangsung hingga tulisan ini dibuat. Sedangkan wahana lainnya juga masih dalam tahap pembangunan, kandang kelinci, kura-kura dan domba hias.

Setelah mencoba semua wahana, wisatawan bisa menuju Pusat Kuliner. Tersedia menu spesial dari surabaya dan jawa timur. Soto, kepiting, penyetan, ikan asap. Ditambah minuman kelapa muda beku. Semua itu bisa dinikmati bersama keluarga, sahabat, pasangan atau kolega sambil mengagumi pemandangan Pulau Galang dengan sejumlah spesies burung. Pemandangan yang sangat bagus juga bisa dilihat pada malam hari dengan kelap-kelip lampu Terminal Teluk Lamong.

Lelah dan penat setelah mendayung kano di tengah hutan mangrove, mengayuh sepeda air di danau, menunggang kuda, bersepeda gunung atau jet ski menuju jembatan Suramadu, akan terbayarkan.

Masih banyak wahana di RAL Tourisme Nature yang masih dalam tahap pengembangan. Hal ini terlihat dari pembangunan areal pertanian dan perikanan yang masih dalam proses hingga tulisan ini dibuat. Sedangkan wahana lainnya masih dalam tahap pembangunan yaitu kandang kelinci, kura-kura dan domba hias.

Kehadiran investor sangat dinantikan agar RAL dapat berkembang lebih jauh lagi dan bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian ratusan warga MBR yang ikut serta.

Libatkan 100 MBR, latih nelayan

Lokasi RAL yang dekat dengan Rusunawa Romokalisari dimanfaatkan Pemkot Surabaya untuk memberdayakan masyarakatnya. Ada 100 orang dari masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang terlibat dalam operasi RAL.

Kepala Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek SUgiharti mengatakan, 100 warga Rusunawa Romokalisari MBR siap dilibatkan dalam pengelolaan RAL. Mulai dari tempat parkir, operator wahana, warung makan dan minum, kios souvenir, security, hingga ada yang direkrut oleh Seadoo Safari Surabaya.

“Memang wahana-wahana yang kita siapkan, antara lain warung makan dan minum, cinderamata, dll, itu untuk keterlibatan MBR di aset kita. Prinsipnya dari MBR, oleh MBR, dan untuk MBR 100 orang ini semuanya bekerja di manajemen Romokalisari Adventure Land, ”kata Antiek HARI BANGSA baru-baru ini.

Temukan semua berita…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button