Berita Wisata

RS Dr M Djamil Raih Penghargaan Kementerian Kesehatan Kesling Kesling

Penulis: fajril

bidang, Arunala.com – RSUP dr M Djamil Padang kembali menorehkan prestasi nasional. Rumah sakit rujukan wilayah tengah Sumatera ini telah meraih penghargaan bidang kesehatan lingkungan rumah sakit dari Kementerian Kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan di Discovery Ancol Hotel Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta pada Rabu (23/11).

Tidak hanya rumah sakit, penghargaan juga diberikan kepada pelabuhan, sanitasi total masyarakat dan pusat makanan cepat saji atau kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi.

Baca juga

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih atas pencapaian ini. Hal ini tidak lepas dari dukungan Dewan Pengawas, Direksi serta seluruh staf medis dan karyawan RS Dr M Djamil”, ujar Direktur SDM, Pendidikan dan Umum dr RS M Djamil Padang, dr dr Dovy Djanas SpOG KFM MARS, at Arunala.com Minggu (20/11).

Ia menjelaskan, RSUP Dr M Djamil Padang berkomitmen untuk mewujudkan green hospital sebagai bentuk dukungan terhadap inisiatif global untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan di bidang kesehatan.

Termasuk mendorong kebijakan yang mendukung kesehatan lingkungan dan masyarakat.

“Konsep green hospital mengorientasikan rumah sakit sebagai bangunan yang berwawasan lingkungan dan sebagai respon terhadap tuntutan pelayanan dan pelayanan yang komprehensif berlandaskan kenyamanan dan keamanan lingkungan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, konsep green hospital menghadirkan kenyamanan layaknya rumah sendiri. Strategi tersebut terdiri dari optimalisasi ruang taman, menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang perawatan.

“Suasana di rumah sakit tegang dan segar. Anggaran rumah sakit yang terbatas mendorong kami untuk berinovasi secara mandiri dan berkolaborasi dengan cleaning service,” ujar Ketua POGI Sumbar.

Alhasil, kata Dovy, 85% luas taman di lingkungan rumah sakit berubah. Ada juga perubahan antara lain taman bunga yang ditata dengan aneka bunga, ornamen batu putih, air mancur dan lain-lain.

Kemudian kebun buah, kebun sayur hidroponik, vertical garden dan wall aquarium.

“Kesan asri di RSUP Dr M Djamil Padang semakin kuat,” kata Dovy seraya mengatakan, ada juga spot foto yang instagramable yang bisa diunggah di media sosial.

Taman tersebut, kata Dovy, dilengkapi dengan biopori sehingga meningkatkan daya serap air. Penyiraman dilakukan dua kali sehari dengan menggunakan air dari instalasi STEP rumah sakit.

“Dan memasang pengharum ruangan di ruang perawatan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS mengatakan, penghargaan di bidang kesehatan lingkungan ini merupakan bentuk advokasi dan peningkatan komitmen pembinaan untuk mendorong, menstimulus keberhasilan pelaksanaan program perbaikan lingkungan.

Serta apresiasi terhadap kinerja pejabat, lembaga dan pemerintah daerah.

Hadiah yang diberikan antara lain. Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Bersih (PBUS), Penghargaan Sanitasi Total Masyarakat (STBM).

Penghargaan kepada organisasi rumah sakit kesehatan lingkungan dan penghargaan kepada pusat makanan jajanan/kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi.

  • Ada apa

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button