Berita Wisata

Rumah Budaya Solo Kratonan menampilkan destinasi bersejarah dengan kemasan kekinian

Metro, Suara.com- Rumah Budaya Kratonan yang terletak di Jalan Manduro No. 6, Gang Kartotiyasan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, menampilkan berbagai informasi tentang sejarah politik di Indonesia, termasuk Kota Solo, sejak hari-hari pertama kedatangan VOC. serikat pekerja untuk revolusi.

Gedung Budaya Kratonan merupakan bangunan milik istri mantan Ketua DPR RI Akbar Tanjung Krisnina Maharani. Tempat ini merupakan ruang kreatif di Surakarta yang menyediakan fasilitas umum berupa kegiatan pendidikan budaya. Berbagai kegiatan dilakukan di Rumah Budaya Kratonan, seperti latihan tari, latihan gamelan, latihan bahasa Jawa, latihan bahasa Inggris, dan diskusi budaya. melalui buku dan film. .

Dalam kunjungannya ke Rumah Budaya Kratonan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Rumah Budaya Kratonan di Solo yang menampilkan destinasi sejarah dan budaya yang dikemas dengan kekinian.

“Sebelumnya, saya tidak tahu apa yang ingin saya lihat, tetapi ternyata ada perpaduan yang sangat padat antara sejarah dan budaya, tetapi juga sesuatu yang kontemporer. Ada spot selfie, ada spot foto yang menarik wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga, saat berkunjung ke Rumah Budaya dan Kratonan di Solo, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Mengusung Jejak Pusaka Tak Bermotor, Berikut Usulan Penataan Kawasan Wisata Metro Bersejarah Mahasiswa ITERA

Selain itu, Sandiaga mendorong Solo untuk menyiapkan event dan paket wisata dalam upaya membantu pemerintah memenuhi target perjalanan wisata dalam negeri pada 2023 yang mencapai 1,4 miliar kunjungan.

“Tentunya kita harus mempersiapkan banyak event untuk masuk ke Solo untuk meningkatkan jumlah wisatawan hingga mencapai pergerakan wisatawan 1,4 miliar tahun depan,” kata Menparekraf.

Sandiaga juga mengatakan akan berupaya meningkatkan jumlah penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo untuk memudahkan perjalanan wisatawan ke Solo.

“Harapannya semakin banyak penerbangan dan kursi yang tersedia. Nanti otomatis harga tiket semakin terjangkau,” kata Sandiaga.

Dengan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau, target pergerakan wisatawan domestik sebesar 1,4 miliar sepanjang tahun 2023 diharapkan dapat terpenuhi.

Sandiaga juga berharap ada penerbangan internasional langsung ke Bandara Adi Soemarmo, untuk memudahkan perjalanan wisman ke Solo.

“Penerbangan itu ada saat ASEAN Para Games Solo kemarin, tetapi setelah acara berakhir, penerbangan internasional langsung dihentikan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button