Tak Berkategori

Rumah Hobbit Songgo Langit, sensasi wisata dongeng di Bantul

Rumah Hobbit Songgo Langit, sensasi wisata ala dongeng di Bantul, memberikan kejutan dengan hadirnya rumah hobbit yang menawarkan pengalaman magis dan magis.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 05.00 – 22.00 WIB, Alamat: Hutan Pinus J L. Nganjir, Sukorame, Kecamatan Mangunan. Dlingo, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Rumah Hobbit Songgo Langit merupakan sebuah objek wisata di kawasan Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Taman rekreasi ini juga sering disebut dengan Seribu Batu Songgo Langit karena banyaknya bebatuan yang ada di tempat ini. Istilah Songgo Langit sekarang berarti “dukungan dari surga”.

Tempat wisata di Bantul ini merupakan replika Rumah Hobbit yang ada di New Zealand. Tempat pertama yang menarik wisatawan adalah rumah kayu kecil berbentuk kerucut tempat tinggal para kurcaci. Pemandangan itu seolah memberi kesan bahwa Anda sedang berada di negeri dongeng.

Taman hiburan unik ini sangat ideal sebagai tempat liburan. Selain keunikan rumah ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain yang tak kalah seru. Misalnya saat bermain di luar ruangan atau mengambil foto di beberapa lokasi selfie di hutan pinus yang rindang.

Atraksi Rumah Hobbit Songgo Langit

Shutterstock Daya tarik Rumah Hobbit Songgo LangitFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Keberadaan rumah Hobbit

Daya tarik utama dari objek wisata alam yang indah ini adalah rumah-rumah hobbit yang lucu dan unik. Ada 3 rumah hobbit di kawasan ini. Kini terdapat patung kurcaci atau orang kurcaci yang memakai topi berbentuk kerucut di halaman.

Seolah mengingatkan pengunjung pada film Selandia Baru “The Lord of the Rings”. Film tersebut bercerita tentang para kurcaci yang tinggal di rumah kayu dengan atap yang sangat rendah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pohon pinus yang rindang

Kawasan Mangunan, Dlingo, identik dengan pohon pinus. Termasuk tempat wisata unik ini. Lokasinya berada di tengah hutan pinus. Sehingga pengunjung yang bersantai di Rumah Hobbit Songgo Langit juga bisa menikmati teduhnya pepohonan pinus.

Petualangan ke Seribu Batu Songgo Langit

Untuk menuju objek wisata yang mengingatkan pengunjung pada film dongeng ini, harus melalui pendakian yang melewati medan yang cukup bagus.

Mengingat lokasinya yang berada di kawasan perbukitan dan jauh dari pusat kota, pengunjung harus mempersiapkan fisik dan memadai. Meski medannya cukup menantang, namun pemandangan di kedua sisi jalur cukup memikat. Dengan cara ini Anda tidak akan merasa terlalu lelah.

Tempat foto yang keren

Tempat paling populer untuk fotografi atau selfie di tempat wisata mempesona di Bantul ini adalah Rumah Hobbit. Meski hanya replika dan tidak benar-benar dihuni oleh kurcaci sungguhan, namun sensasinya nyata.

Pengunjung pun rela mengantri untuk mengambil foto di spot favorit ini. Terkadang Anda juga bisa menjumpai calon pengantin yang mengambil foto prewedding di lokasi ini. Karena nuansanya sungguh unik. Berbeda dari yang lain.

Perasaan alami yang sejuk

Keberadaan taman hiburan rumah hobbit yang berada di tengah hutan pinus memberikan nuansa alam yang asri. Udaranya segar dan alamnya sejuk.

Apalagi jika pengunjung datang pada pagi hari atau ingin bermalam di tempat ini. Terlihat kabut dan embun masih menggantung di dedaunan. Tentu saja memberikan rasa sejuk dan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Rumah Hobbit Songgo LangitFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Rumah Hobbit Songgo Langit terletak di kawasan perbukitan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Selengkapnya silahkan berkunjung ke Kecamatan Dlingo Desa Mangunan. Tidak jauh dari Kebun Mangunan. Atau di Jalan Hutan Pinus Nganjir.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 21 kilometer. Pengunjung dapat tiba dengan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Dari pusat kota Jogja, pengunjung bisa menuju ke arah selatan.

Arahkan kendaraan ke Jalan Imogiri Barat. Kemudian belok kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri dan melewati Alun-Alun Imogiri. Setelah itu perjalanan menuju Mangunan. Ikuti Jalan Mangunan yang memiliki ciri khas pohon pinusnya. Di sini Anda akan menemukan lokasi rumah unik ini.

Biaya masuk dan jam buka

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Rumah Hobbit Songgo Langit dikenakan biaya masuk yang harus dibayar. Harganya cukup terjangkau, Rp 5.000 per orang. Tidak ada perbedaan harga untuk hari libur atau hari kerja.

Untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000 per kendaraan bermotor, mobil Rp5.000, dan wisatawan yang membawa rombongan seperti bus harus membayar biaya parkir sebesar Rp20.000 per unit.

Di tempat wisata ini juga terdapat tempat perkemahan yang memiliki fasilitas mewah layaknya hotel berbintang. Jika ingin merasakan sensasi glamping semalaman, cukup membayar Rp 500.000 untuk menyewa kamar per malam. Harga sudah termasuk makanan dan minuman selamat datang.

Jam operasional Hobbit House Tour adalah pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Namun ada sedikit tipsnya: Jika ingin menikmati keindahan destinasi wisata ini, sebaiknya datang pada pagi hari atau bahkan sore hari.

Hal ini untuk menghindari teriknya sinar matahari. Jadi Anda bisa menikmati alam hijau dan udara segar. Saat trekking, Anda tidak menggunakan banyak tenaga karena cuaca yang panas.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Rumah Hobbit Songgo LangitFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

1. Menikmati sensasi seperti berada di negeri dongeng

Sesampainya di lokasi Rumah Hobbit Songgo Langit, tanpa disadari Anda akan langsung teringat dengan film dongeng Selandia Baru.

Ternyata keberadaan rumah unik ini tidak hanya ada di dunia fantasi saja. Namun, itu benar-benar ada di depan Anda. Meski tidak mirip aslinya seperti di film Lord of the Rings.

Selain itu, terdapat patung kurcaci yang sengaja ditempatkan di area taman hobbit. Tentu saja hal ini membuat pemandangan menjadi lebih unik dan menarik.

2. Berfoto di Rumah Hobbit

Memutuskan untuk berwisata ke tempat ini tak lain adalah tujuan utama mengambil foto dengan latar belakang yang unik. Oleh karena itu, pengunjung dapat mengabadikan setiap sudut Rumah Hobbit Songgo Langit dengan kamera terbaiknya.

Jika ingin mencari sudut kamera yang tepat, jangan lupa memilih fotografer berpengalaman. Hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Nah, di lokasi ini juga terdapat jasa rental fotografer. Biasanya Anda akan diinstruksikan untuk mendesainnya sesuai dengan lanskap yang ada.

Anda dapat memilih foto terbaik dari fotografer. Kemudian ditransfer dalam bentuk file. Bisa juga langsung dicetak. Tergantung pada permintaan Anda.

3. Menjelajahi kawasan hutan pinus

Selepas menikmati keindahan Rumah Hobbit, pengunjung dapat melakukan aktivitas wisata lainnya yang masih dekat dengan tempat tersebut. Yakni berjalan melewati hutan pinus.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pohon pinus, duduk santai, melihat bunga pinus, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini biasanya lebih menarik jika dilakukan pada pagi hari. Anda bisa menghirup udara segar bebas polutan.

4. Carilah kuliner yang nikmat

Meski Rumah Hobbit Songgo Langit terletak di tengah hutan, namun Anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar. Banyak sekali warung kuliner yang menawarkan berbagai makanan, minuman, jajanan dan jajanan lainnya di objek wisata mempesona ini.

Anda bisa membelinya sesuai selera atau kebutuhan Anda. Mengingat harganya, Anda tidak perlu khawatir akan mahal. Karena dealer sudah mengutip harga standar.

Warung kuliner juga buka pada malam hari. Anda bisa memesan minuman seperti secangkir kopi atau teh. Nikmati sambil menyaksikan pemandangan malam khas rumah hobbit.

5. Bermalam glamping

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keunikan rumah hobbit tetapi juga fasilitas berkemah. Pengunjung bahkan bisa serasa menginap di hotel. Ya, fasilitas camping glamour tersebut dilengkapi dengan lampu tidur, tempat tidur, lemari, kursi sofa, dan televisi.

Ruang berkemah glamor dapat menampung 4 orang. Jadi Anda bisa menikmatinya bersama keluarga. Namun wisatawan yang membawa rombongan study tour dll juga bisa menikmati sensasi menginap semalam.

Pemandangan malam di tempat ini justru terkesan lebih menawan. Banyak sekali lampu hias yang menggantung di setiap sudut. Lampunya yang terang juga membuat pemandangan rumah hobbit semakin indah.

6. Berjalan melintasi jembatan kayu

Jembatan kayu ini cukup panjang. Pada malam hari, tepian jembatan tempat pegangan kayu berada dihiasi lampu.

Wisatawan bisa memanfaatkan momen ini untuk berfoto selfie. Tentu hasilnya sangat Instagrammable. Cocok diunggah ke akun media sosial Anda sebagai penambah koleksi liburan Anda.

Siapapun yang melihatnya pasti penasaran dengan keberadaan tempat indah ini. Hal ini membuatnya penasaran atau ingin mencari tahu dimana letak tempat tersebut. Nah, hal ini tentunya dapat membantu mempromosikan keberadaan Rumah Hobbit Songgo Langit agar lebih dikenal wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Perlengkapan Rumah Hobbit Songgo LangitFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

1. Lokasi parkir

Sedangkan untuk tempat parkir, keberadaannya tidak perlu diragukan lagi. Lokasinya lengkap dan luas. Bahkan dapat menampung kendaraan besar seperti bus yang biasa digunakan rombongan study tour.

2. Ruang sholat

Pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah keagamaan dapat menggunakan fasilitas musala. Tempatnya cukup bersih dan terawat. Namun sebaiknya membawa perlengkapan sholat sendiri. Selain menghindari antrian, kebersihannya juga lebih terjaga.

3. Stand kuliner

Sejak tahun 2017, tempat wisata ini telah memiliki warung kuliner yang menyajikan berbagai menu lezat. Pengunjung dapat memesan makanan olahan dengan harga terjangkau.

4. Perkemahan

Jika menjelajahi tempat-tempat wisata di siang hari belum cukup bagi Anda, Anda bisa bermalam di lokasi perkemahan yang tersedia. Bahkan ada tempat perkemahan glamor yang hadir dengan fasilitas layaknya hotel klasik.

5. Paviliun

Di sekitar objek wisata terdapat pendopo yang dapat dijadikan tempat istirahat. Selain itu juga dapat memberikan perlindungan dari cuaca panas atau hujan. Anda bahkan bisa menikmati kuliner atau minum kopi di paviliun. Jangan lupa melihat pemandangan alam yang indah.

6. Jasa Penyewaan Jeep

Tersedia pula jasa penyewaan jeep di tempat wisata ini. Jika Anda ingin menjelajahi kawasan atau mengunjungi tempat wisata terdekat, Anda bisa menyewa mobil jeep. Tentu saja, pengemudi Jeep tersedia untuk mengantarkan Anda ke tujuan yang Anda inginkan.

Itulah sekilas keindahan Rumah Hobbit Songgo Langit. Jika Anda penasaran setelah membaca referensi ini, kami akan mengatur waktu yang tepat untuk berkunjung. Jika ingin suasana sibuk, Anda bisa memilih liburan. Dan sebaliknya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button