Berita Wisata

Rusak sejak Badai Seroja, fasilitas Pantai Napae belum diperbaiki

Laporan reporter POS-KUPANG.COM Jevon Agripa Dupe

POS-KUPANG.COM, SABU RAIJUA – Fasilitas tempat wisata Pantai Napae di Desa Mebba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua rusak akibat Badai Tropis Seroja tahun 2021 dan belum diperbaiki.

Kepala Dinas Pariwisata Sabu Raijua (Kadis) Charles Meyok mengatakan pengelolaan Pantai Napae berada di bawah kewenangan Dinas Pariwisata, sehingga akan ditingkatkan secara bertahap.

“Saat ini kami masih dalam proses penganggaran untuk perbaikan lebih lanjut dan ada pembuatan ulang master plan karena posisi lahan sudah berubah. Nanti kalau ada anggaran akan kami perbaiki secara bertahap”, ujar Charles Meyok pada hari Senin. 30 Januari 2023.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sabu Raijua Menempati Kantor Baru, Bupati: Harus Jadi Penggerak

Ia berharap kedepannya, setelah fasilitas di Pantai Napae diperbaiki, ia bisa menyewa pihak ketiga untuk mengelola pantai tersebut.

“Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan pihak ketiga yang baik untuk menjalankannya, mulai dari resto yang standar di sana, hingga manajemen yang baik untuk mendukung pariwisata di daerah tersebut,” harap Charles.

Pantauan oleh POS-KUPANG.COM terlihat ada 14 paviliun di Pantai Napae, terdapat 13 paviliun kecil dan 1 paviliun besar, terlihat 6 paviliun kecil mengalami kerusakan atap ringan, sedangkan 7 paviliun lainnya rusak berat. rusak.

Terlihat 1 pendopoh besar dengan atap rusak ringan, lampu di sekitar pantai juga terlihat tidak berfungsi dan beberapa sudah tumbang.

Sementara itu, Mebba Lurah Sjali Adriana Thome mengatakan rusaknya fasilitas wisata di Pantai Napae bisa menjadi pertimbangan.

“Setidaknya segala sesuatu yang berkaitan dengan itu harus dipertimbangkan. Misalnya bagian dalam lopo-lopo tidak didukung,” kata Sjali.

Ia berharap kawasan sekitar pantai bisa terus dibersihkan agar lebih baik lagi ke depannya.

“Dinas Pariwisata bisa mengatur jadwal bersih-bersih dan ke depan Pantai Napae akan lebih baik lagi,” kata Sjali.

Baca Juga: Pantai Tebbi Raemea, Surga Tersembunyi di Sabu Raijua

Hasan Amirudin, salah satu warga, berharap fasilitas di Pantai Napae bisa diperbaiki dan pantainya bisa lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan secepatnya diurus untuk mengurus kembali memperbaiki yang sudah rusak, baik dari segi pembangunannya maupun dari segi penataannya,” kata Hasan.

Hasan juga berharap agar Pantai Napae menjadi pantai yang menjadi ciri khas Kabupaten Sabu Raijua.

“Semoga Pantai Napae bisa menjadi signature beach Kabupaten Sabu Raijua,” harap Hasan. cr22)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM lainnya di BERITA GOOGLE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button