Berita Wisata

Rusia menyebarkan sistem rudal pertahanan pantai Bastion di Kepulauan Kuril, dengan jangkauan hingga 500 kilometer

JAKARTA — Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah mengerahkan sistem rudal pertahanan pesisir bergerak di Kepulauan Kuril utara, bagian dari rantai pulau yang berlokasi strategis yang membentang antara Jepang dan Semenanjung Kamchatka Rusia.

Jepang mengklaim Kepulauan Kuril Selatan yang dikuasai Rusia, yang disebut Tokyo sebagai Wilayah Utara, sengketa wilayah yang muncul pada akhir Perang Dunia II ketika pasukan Soviet merebutnya dari Jepang.

Sistem Bastion Rusia, yang memiliki rudal dengan jangkauan penerbangan hingga 500 km (310 mil), dikerahkan di pulau Paramushir, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

“Petugas pesisir Armada Pasifik akan tetap berjaga sepanjang waktu untuk mengontrol perairan teritorial dan area selat yang berdekatan,” kata kementerian itu. Reuters 6 Desember.

Kementerian mengatakan sebuah kamp militer telah didirikan di Paramushir dengan fasilitas yang memungkinkan layanan, akomodasi, rekreasi, dan makanan sepanjang tahun untuk personel.

Pengerahan itu dilakukan setahun setelah Rusia memasang sistem Bastion di pulau Matua di bagian tengah punggung bukit Kuril, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Secara terpisah, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa bahwa pemerintah akan memantau secara dekat aktivitas militer Rusia, menambahkan bahwa itu telah meningkat di wilayah Timur Jauh, sejajar dengan invasi Moskow ke Ukraina.

Jepang telah bergabung dengan sekutu Baratnya dalam menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia setelah mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina dalam apa yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus”.

Sementara itu, Rusia telah menarik diri dari pembicaraan perjanjian damai dengan Jepang, membekukan proyek ekonomi bersama terkait Kepulauan Kuril yang disengketakan karena sanksi Jepang menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button