Tempat Wisata

Rute, harga tiket, atraksi, fasilitas, dll

Rute, harga tiket, atraksi, fasilitas, dll

Kayen Hijau – Jangan sampai gagal fokus mendengar nama Green Kayen hingga Green Canyon. Karena kali ini kita tidak akan membahas tentang green canyon yang ada di amerika sana, melainkan tentang destinasi wisata air yang ada di kota jogja yaitu green kayen.

Seperti namanya, air sungai di Green Kayen ini memiliki warna hijau yang mempesona. Wisata kayen hijau ini merupakan salah satu tempat wisata alam jogja yang wajib dikunjungi.

Karena tempatnya yang masih sepi, perlu dukungan para pecinta travel untuk menjaga tempat ini, karena kunjungan anda sangat berarti.

Selain itu dijamin anda tidak akan menyesal mengunjunginya karena keindahan alam disekitarnya masih sangat alami dan belum tercemar sama sekali. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat terapi relaksasi alami.

Kondisinya yang sangat tenang dan bernuansa alam sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan diri akibat penat dan stress karena menghadapi rutinitas selama ini. Selain itu, udaranya masih sangat bersih sehingga kami enggan meninggalkan tempat ini.

Sementara Green Kayen masih dikelola sepenuhnya oleh warga sekitar, namun cukup nyaman dan layak untuk dikunjungi. Anda juga bisa bersenang-senang bermain air.

Liburan akan semakin menyenangkan jika Anda membawa serta keluarga dan orang tersayang. Ini adalah tempat di mana Anda dan seluruh keluarga Anda dapat dengan mudah basah sambil tertawa riang.

Jadi, jika Anda berkunjung ke kota Jogja, jangan lewatkan destinasi alam Green Kayen di Kabupaten Sleman.

Di bawah air terjun buatan via IG @fotoheryDi bawah air terjun buatan via IG @fotohery

Tempat wisata alam Green Kayen

Ingat, lokasinya bukan di Amerika sana, tapi di negara kita tercinta yaitu di Kabupaten Sleman. Dari situs Green Kayen anda bisa melihat beberapa destinasi alam lainnya yang tidak kalah keren, sehingga untuk menemukan situs Green Kayen terbilang sangat mudah.

Hotel ini terletak tidak jauh dari pusat kota Jogja, hanya berjarak sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit jika Anda datang dengan kendaraan pribadi.

Terpesona dengan keindahan hijau Kayen, Anda bisa datang langsung ke kawasan Dusun Kayen, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok.

Jangan takut tersesat saat menuju lokasi karena lokasinya sangat mudah ditemukan. Untuk memastikan perjalanan Anda, Anda bisa mencoba menggunakan Google Maps sebagai penunjuk jalan yang kini semakin canggih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Bukit Klangon, Sleman

Rute ke lokasi

Setelah melihat alamat green Kayen dengan jelas, kini sobat traveler bisa langsung menuju ke area bermain air ini. Situs tersebut berada di kawasan desa Catur Miring yang sangat dekat dengan kawasan wisata Kaliurang. Rute yang akan kita lalui juga cukup mudah dan sudah diaspal. Namun demikian, seseorang harus selalu berhati-hati saat mengemudi.

Perjalanan kita awali dari pusat kota Jogja kemudian arahkan kendaraan anda menuju Jakal km 7. Setelah itu jalan lurus beberapa kilometer, sesampainya di pertigaan sebelah toko cat Wawawa belok kiri atau barat.

Kemudian lurus saja hingga menemukan pasar Colombo, sesampainya di tempat ini anda harus melanjutkan perjalanan melewati jalan kecil, kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan yang ada tugu kecil, jadi silahkan ambil arah ke kanan.

Ikuti jalan utama beberapa meter dan Anda akan menemukan lapangan berukuran sedang. Berjalan lurus dari lapangan hingga menemukan papan penunjuk yang bertuliskan Green Kayen sebagai tempat wisata tidak jauh dari lapangan

Nikmati hidup melalui wonderfulsleman.idNikmati hidup melalui wonderfulsleman.id

Biaya masuk ke Green Kayen

Wisata alam Kayen hijau ini diresmikan oleh Bupati Sleman pada pertengahan tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat setempat yang peduli terhadap alam.

Oleh karena itu, harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Padahal, wisata alam di kawasan ini bukanlah wisata yang mahal, semua tiket masuknya hanya dipatok di bawah 10.000 rupiah.

Tidak perlu menyiapkan banyak uang jika ingin berkunjung dan menikmati air sungai di Kabupaten Sleman bernama Green Kayen.

Selain harga tiketnya yang sangat murah, tiket parkirnya juga tidak kalah murah. Untuk bisa menitipkan kendaraan Anda di tempat yang disediakan dan dilengkapi oleh beberapa anak muda yang akan menjamin keamanan dan ketertiban sepeda motor Anda, Anda hanya perlu menyiapkan uang tunai beberapa ribu saja.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar 2.000 rupiah saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar 5.000 rupiah.

Fasilitas yang tersedia

Nyatanya, wisata alam Green Kayen hingga saat ini belum menarik perhatian pemerintah, kemudahan pengelolaan oleh warga sekitar tidak membuat fasilitas tambahan yang tersedia sangat lengkap. Ada beberapa fasilitas yang meramaikan tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa fasilitas tambahan yang tersedia:

  • area parkir dijaga oleh beberapa anak muda yang akan merapikan kendaraan anda dan menjaganya tetap aman. Bagi pengunjung yang memarkirkan motor atau mobilnya di tempat ini harus membayar tiket parkir sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan
  • Tempat sampah terlihat di beberapa tempat menandakan bahwa petugas yang cinta bersih dan bagi pengunjung yang datang juga harus membantu pembuangan sampah di tempatnya
  • kursi santai terbuat dari bambu terlihat berjejer di titik ini dan bisa digunakan oleh setiap pengunjung yang datang
  • Saat ini belum ada toilet umum yang dibangun, sehingga pengunjung yang ingin buang air bisa menggunakan aliran sungai yang ada. 😀

Ga Ada Loe Ga Rame melalui komunitas UNYGa Ada Loe Ga Rame melalui komunitas UNY

Memilih nama Green Kayen

Meski Green Kayen dan Green Canyon hampir identik, namun jangan dikira Green Kayen di Jogja terinspirasi dari nama tempat di Amerika. pemilihan nama green kayen bukan tanpa alasan.

Dilihat dari warna air sungai yang kehijauan maka mendapat nama green sedangkan nama Kayen berasal dari nama desa tempat sungai tersebut berada.

Green Kayen sebenarnya lebih dikenal penduduk setempat sebagai Mantra atau Kali Mantra. Warga di sekitar sungai ini sudah lama memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci karena sungai ini sangat jernih dan bersih.

Oleh karena itu, perlu ditegaskan sekali lagi bahwa pemilihan nama Green Kaien mempertimbangkan letak sungai atau aliran air tersebut, yaitu di desa Kayen, Kabupaten Sleman.

Wisata Alam Green Kayen merupakan salah satu destinasi terbaru di Kabupaten Sleman. Wisata alam ini diresmikan oleh Bupati Sleman dan menjadi obyek wisata masyarakat dan pedesaan.

Turis memadati Green Kayen melalui Ig @drawilimaTuris memadati Green Kayen melalui Ig @drawilima

Pesona alam Green Kayen

Pada tahun 2016, Green Kayen resmi dibuka untuk umum. Semula aliran sungai di kawasan ini digunakan oleh penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari mandi, mencuci dan ada juga yang menggunakannya untuk mengairi sawah mereka.

Namun melihat potensi yang ada, muncul ide kreatif untuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata alam.

Anda dapat melihat aliran sungai yang bersih dan jernih, yang merupakan air terjun buatan alami bagi wisatawan dari Bendungan Sungai Boyong, yang bersumber dari mata air di kaki Gunung Merapi.

Berenang di Sungai Boyong Super Jernih via IG @jogjakuBerenang di Sungai Boyong Super Jernih via IG @jogjaku

Air yang mengalir terasa sangat segar karena berasal dari mata air pegunungan asli dan langsung membuat setiap orang yang melihatnya ingin bermain air.

Sebelum terjun ke air, pastikan Anda memakai jaket pelampung karena sungainya cukup dalam. Pelampung dapat diperoleh dari agen persewaan dengan harga yang wajar.

Jika Anda ingin merasakan pelayaran sungai yang mengasyikkan, maka silakan datang ke kawasan hijau Kayen. Anda bisa bermain air sepuasnya sambil berbasah basuh bersama keluarga yang bisa menjadi tempat mendekatkan diri dengan keluarga.

Selain wisata air, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar sungai. Kalaupun fasilitas umum sedikit, potensi alam yang ada sangat bagus dan bisa dikembangkan lebih lanjut.

Pemandangan indah ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera. Foto selfie dengan background hutan yang masih alami membuat hasil foto semakin cantik.

Terlihat pepohonan rimbun yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Apalagi jika Anda datang pada hari yang cerah saat musim hujan, pesonanya akan terlihat jelas. Hampir sama dengan di Blue Lagoon Jogja, di kawasan ini juga terdapat lompatan dengan ketinggian lebih dari 3 meter.

Sebelum melompat ke dalam air, Anda juga bisa mencoba jungkir balik di udara, yang membuat lompatan ala atlet profesional semakin seru.

tips liburan

Agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan, sebaiknya perhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar lokasi Green Kayen. Oleh karena itu, saat Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya bawa makanan dan minuman agar tidak kelaparan.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus karena kondisi alam saat ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto selfie dan setelah itu bisa Anda upload ke media sosial Anda.
  • Sebelum pergi berlibur sebaiknya perhatikan kondisi sekitar anda, jika kondisi tidak memungkinkan sebaiknya tunda perjalanan liburan anda, karena tidak baik untuk kesehatan anda pergi berlibur pada saat hujan.

***

Ini merupakan wisata terakhir di Kabupaten Sleman yang berbasis masyarakat pedesaan. Tetap saja, ada keseruan dan keindahan alam yang tidak boleh kita lewatkan. Anda juga bisa menyusuri sungai yang cukup seru menggunakan ban pelampung dan melompat dari ketinggian sekitar 3 meter.

Jangan lupa mampir ke Green Kayen saat berkunjung ke Kabupaten Sleman. Selamat berkunjung dan berlibur. Cukup sekian dan terima kasih.

Kunjungi juga:

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button