Berita Wisata

Rute, harga tiket dan tempat menarik

Gresik

Gresik tidak hanya dikenal sebagai kota Santri dan industri. Di sini ada sejumlah wisata yang memikat hati. Salah satu pantai ikonik di Gresik adalah Pantai Delegan.

Pemandangan Laut Jawa Utara juga bisa dinikmati di sini. Bagi Anda yang berencana untuk berlibur, Pantai Delegan bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Simak ulasannya!

1. Lokasi pantai

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Gresik, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sebagian orang mengira Pantai Delegan berada di Lamongan karena letaknya yang dekat. Namun secara administratif, Pantai Delegan termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Pantai Dalegan GresikPantai Dalegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

2. Instalasi dan tempat menarik

Pantai Delegan memiliki keistimewaan yang selalu menarik perhatian pengunjung yaitu ombak yang tenang dan pasir putih. Berbeda dengan pantai selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar, di sini ombaknya relatif tenang. Pengunjung bisa duduk-duduk di pantai pasir putih sambil menikmati deburan ombak.

Namun, jika berkunjung ke Pantai Delegan, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Di sini Anda bisa mencoba ikan bakar bakar dan es krim kelapa muda atau degan hijau yang menyegarkan.

Pantai Dalegan GresikPantai Dalegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Sejumlah gazebo juga disediakan untuk relaksasi. Untuk anak-anak, kemungkinan permainan air di pantai, tentu saja di bawah pengawasan orang tua. Ada juga persewaan pelampung di sekitar pantai.

Atraksi lain yang bisa Anda coba adalah bermain banana boat hingga duck boat. Penyewaan perahu juga tersedia jika Anda ingin menikmati perjalanan laut singkat.Aktivitas menarik lainnya termasuk bermain sepak bola pantai dengan layang-layang.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah spot foto di sekitar pantai. Anda bisa berfoto di ayunan dengan dasar pasir putih. Kemudian ada juga dermaga berbentuk jalan kecil dengan latar belakang perahu nelayan yang bersandar.

Saat matahari terbenam, pemandangannya sangat indah. Pada malam hari juga indah, karena di sekitar dermaga juga dihiasi dengan lampu.

Fasilitas di Pantai Delegan cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, ruang bilas, mushola, tempat parkir yang cukup luas, hingga persewaan peralatan renang. Sejumlah restoran sederhana juga tersedia di sini, jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

Pantai Dalegan GresikPantai Gresik Delegan Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

3. Harga tiket masuk

Harga tiket masuk Pantai Delegan cukup terjangkau. Tiket reguler dipatok Rp 10.000, belum termasuk sewa parkir dan perlengkapan renang.

4. Akses dan Rute

Pantai Dalegan GresikPantai Gresik Delegan Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Akses menuju pantai Delegan cukup baik. Bahkan Anda yang berasal dari Lamongan pun cepat datang ke sini. detikers tinggal di sebelah timur Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Jika Anda memulai dari pusat kota Gresik, Anda bisa mengambil jalan menuju Sidayu. Kemudian ikuti rambu tersebut sampai Anda melintasi hutan jati Panceng. Tidak jauh atau sekitar satu mil jauhnya Anda dapat mengambil jalur utara dari jalan raya.

Ini dia sederet informasi tentang pantai Delegan Gresik, ditunggu kehadirannya ya gan!

Tonton video “Pesona Bukit Jamur, Gresik”
[Gambas:Video 20detik]
(hil/matahari)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button