Berita Wisata

Rute pantai selatan disiapkan untuk Alternatif Pantura

Bisnis.comJAKARTA – Pemerintah menyiapkan jalur lintas pantai selatan (Pansela) untuk mengurai kepadatan arus mudik Lebaran di jalur pantura.

Manager Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana menjelaskan kajian kesiapan infrastruktur dan sarana pendukung mulai dari jalan yang melewati Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga DIY.

Pengecekan jalur mudik dilakukan di sejumlah titik krusial sepanjang jalur tersebut, antara lain Tol Merak-Serang Panimbang-Tanjung Lesung, Pelabuhan Ratu, Jembatan Cibuni Jawa Barat, Kalipucang yang berbatasan dengan Cilacap, Jembatan Wawar yang berbatasan dengan Kulonprogo dan berakhir di Yogyakarta.

Penertiban ini juga sebagai bentuk sosialisasi jalur alternatif yang bisa digunakan masyarakat saat mudik nanti. “Selain menghindari macet di jalan tol dan jalan pantura, masyarakat yang lewat jalur selatan juga bisa singgah di tempat wisata karena pemandangannya sangat bagus,” ujarnya, Kamis (26/1/2023).

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari, Dewi berharap keamanan mobilitas masyarakat menjelang Lebaran dapat diantisipasi dengan baik.

“Seperti yang sudah kita lakukan beberapa hari ini bersama Kemenhub dan Polri. Ini sebagai persiapan Operasi Ketupat 2023, sebagai program rutin kita untuk memastikan waktu mudik aman, nyaman, dan selamat,” jelasnya.

Ia juga berharap agar semua kecelakaan lalu lintas dapat ditekan semaksimal mungkin.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button