Berita Wisata

Saksikan Pujawali Pura Linggih Hyang Bhagawan Menyanyi Desa Adat Kuta, Bupati Giri Prasta Komitmen Tuntaskan Pembangunan Pantai Kuta | balipuspanews.com

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta Menghadiri Pura Begawan Pujawali Menyanyi Banjar Pering Kampung Adat Kuta Jumat (2/12/2022)Bupati Badung Nyoman Giri Prasta Menghadiri Pura Begawan Pujawali Menyanyi Banjar Pering Kampung Adat Kuta Jumat (2/12/2022)

BADUNG, balipuspanews.com– Sebagai wujud komitmen pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung untuk melestarikan dan meningkatkan adat agama dan budaya masyarakat, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta hadir pada Jumat (2/12/2022) di Pujawali Pura Begawan The Sarikan Banjar Pering di Desa Adat Kuta.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan sumbangan Rp 225 juta kepada Pemkab dan sumbangan swasta Rp 25 juta, dilanjutkan dengan penandatanganan pendaftaran peresmian balai Banjar setempat.

Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti dan Luh Gede Sri Mediastuti, Kepala Dinas Kebudayaan Badung Gde Eka Sudarwitha, Camat Kuta serta jajaran dan kepala adat desa Kuta .

Bupati Giri Prasta mensinyalir bahwa pujawali Pura Begawan Penyarikan ini merupakan bentuk bakti masyarakat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujudnya sebagai dewa agung pelindung organisasi dan dewa pemerintahan.

“Masyarakat Banjar Pering, baik pengusaha, pedagang, pegawai negeri, buruh atau Kelian dan seluruh masyarakat mohon berbakti atau mohon restu Ida Begawan Penyarikan agar selalu dibimbing ke arah yang benar,” jelasnya.

Ditambahkannya, selama masih menjadi kepala daerah di Bumi Keris, Pemkab Badung berkomitmen membantu masyarakat desa adat Kuta untuk menyelesaikan pembangunan pura Desa, pura Puseh dan pura Dalem agar Kuta orang tidak bisa lagi mengeluarkan dana crowdfunding.

Selain itu, pihaknya juga berjanji akan menyelesaikan pembangunan Pantai Kuta.

“Untuk mempercepat pemulihan Kuta, saya sudah menginformasikan kepada kepala desa adat dan semua prajuru bahwa akan ada penataan di depan Pantai Kuta, Hard Rock, dll. Kawasan Seminyak Legian Kuta juga tidak akan ada lagi kabel yang sebagian besar berjalan bawah tanah, saya mengajak seluruh pimpinan dan masyarakat untuk bersatu membangun jembatan emas bagi generasi mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Prawartaka Pujawali Pura Begawan Pening Banjar Pering Desa Adat Kuta, Dewa Made Suartana atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan tamu lainnya yang telah menghadiri Upacara Nugtug Karya Ngenteg Linggih di Pura Begawan, yang dirangkaikan dengan peresmian Prajuru Banjar Adat dan Prajuru ST Mandala Kerthi masa bakti 2022-2025.

“Sebagai perwakilan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah hadir dan memberikan bingkisan kepada pujawali Pura Begawan, Pengajuan Br Pering, Desa Adat Kuta,” ujarnya.

Pengarang: Kadek Adnyana
Penerbit : Oka Suryawan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button