Berita Wisata

Samosir akan memiliki tempat wisata buah

HARIAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumatera Utara) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Persatuan Pemuda Batak (PBB) melakukan penghijauan dengan menanam 10.000 pohon di objek wisata Togaraja, kecamatan Harian, Samosir Kabupaten, Selasa (1/01).11).

Acara penanaman 10.000 pohon dibuka oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Turut hadir dalam kesempatan tersebut staf khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Irjen Pol Jhony Siahaan, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Penasihat PBB Gemsar, Ketua PBB Lambok F Sihombing, Ketua DPD PBB Sumut Ronal Gomar Purba, Ketua DPD PBB DPC PBB Samosir Roland MR Sitanggang, Penasihat PBB Mayjen Karev Marpaung dan lainnya.

Musa Rajekshah mengatakan pada kesempatan ini bahwa Togaraja sebenarnya sudah tidak asing lagi baginya. Ia sudah beberapa kali mendapat cerita dari anaknya tentang keindahan Togaraja.

“Anak saya sudah dua kali ke sini. Ketika saya tiba, saya pikir ini adalah tempat yang diceritakan putra saya kepada saya. Itu benar. Di luar dugaan saya dan di luar dugaan akhirnya saya bisa sampai di sini,” ujar yang akrab disapa Ijeck ini.

Perkebunan-BuahFoto: Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Persatuan Pemuda Batak (PBB) melakukan penghijauan di objek wisata di Togaraja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Selasa (1/11). (Diskominfo Sumut)

Ia pun menyambut baik apa yang telah dilaksanakan PBB. Ia mengapresiasi Presiden PBB yang masih mengingat tempat kelahirannya.

“Karena kalau tidak ingat desanya juga tidak bagus. Semoga apa yang dilakukan UN bisa bermanfaat. Di Togaraja bisa menghasilkan buah. Dan menjadi tempat wisata buah di Samosir,” kata Ijeck.

Jika Togaraja berkembang ke depan, bukan tidak mungkin akan berdampak ekonomi bagi Samosir. Selain itu, Pemprov Sumut saat ini tengah fokus membantu pemerintah pusat mengembangkan desa wisata di Sumut.

“Kita di Sumut, kepala desa kita akan diajak melihat perkembangan desa wisata di Yogyakarta. Di Borobudur pembangunannya dibantu oleh pusat. Sama dengan Danau Toba. pemahaman. Saya harap bupati juga mendapat bantuan. sini,” harap Ijek.

Staf khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Irjen Pol Jhony Siahaan berharap pada kesempatan ini bantuan pohon yang diberikan kepada PBB dapat terpelihara dengan baik. “Dan kami juga berharap hasil dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Bupati Samosir Vandiko mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sumut yang telah datang ke Samosir. Togaraja akan menjadi tempat wisata baru yang dikembangkan oleh Samosir. Nantinya, tempat wisata ini menjadi tempat wisata buah. “Ada juga jogging track, ada fasilitas sanitasi dan pemandangannya sangat indah, Wagub. Kebetulan sedang berkabut,” katanya.

Sekjen PBB Lambok F Sihombing mengatakan pohon yang ditanam adalah mangga, durian, alpukat, dan petai.

“Kami memilih Togaraja karena merupakan destinasi wisata baru. Kami ingin melakukan penghijauan di sini. Dan kami berterima kasih kepada Wakil Gubernur karena telah datang ke sini. Kami tidak menyangka, Pak,” katanya sambil menyerahkan secara simbolis miniatur rumah adat Batak itu kepada Wakil Gubernur Sumut. (wol/pel/d2)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button