Berita Wisata

Sandal bekas pendiri Apple Steve Jobs tahun 1970-an dilelang seharga Rp 3,3 miliar, apa istimewanya?

Prototipe Steve Jobs komputer Apple-1 akan dilelang

Memperbesar

Prototipe Steve Jobs komputer Apple-1 akan dilelang dan diperkirakan akan terjual lebih dari 7,5 miliar rupee. (Dok: Lelang RR)

Sementara itu, prototipe komputer Apple juga dikatakan berhasil dijual di lelang. Adalah kolektor anonim dari San Francisco Bay Area, AS, yang diketahui telah membeli prototipe Apple-1.

Dikutip dari Tech Spot, Minggu (21/8/2022), prototipe tersebut berhasil dijual dengan nilai USD 677.196 atau sekitar Rp 9,9 miliar. Nilai penawaran ini akan jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan oleh RR Auction sebagai lembaga lelang.

Awalnya, RR Auction memperkirakan prototipe ini hanya bisa dijual dengan nilai sekitar 500.000 USD atau sekitar Rp 7,5 miliar. Diketahui, lelang itu sendiri berakhir pada 18 Agustus 2022.

Sebagai informasi, prototipe lelang ini akan memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena Apple-1 ini merupakan komputer pertama yang diproduksi dan dilas secara manual oleh Steve Wozniak pada tahun 1976.

Mengingat masih berupa prototipe, perangkat ini belum sepenuhnya menjadi komputer, melainkan tetap berupa papan sirkuit. Namun, prototipe ini diduga digunakan oleh Steve Jobs untuk mendemonstrasikan Apple-1 kepada Paul Terrell, pemilik The Byte Shop di Mountain View, California.

Seperti yang kita ketahui, The Byte Shop merupakan peritel pertama Apple-1 setelah Steve Jobs berhasil meyakinkan Terrel untuk memesan 50 mesin rakitan lengkap dan menjualnya masing-masing seharga 666,66 USD.

Prototipe komputer Apple-1 yang akan dilelang dicocokkan dengan foto yang diambil oleh Terrel pada tahun 1976, menunjukkan prototipe yang sedang digunakan.

dilaporkan dari Orang Dalam Applemesin ini terdaftar sebagai mesin nomor dua dalam register Apple-1 dan dianggap hilang hingga diautentikasi oleh pakar Corey Cohen.

Seperti yang dijelaskan RR Auctions, situs penyelenggara lelang, ada beberapa kerusakan pada lukisan itu.

Rumah lelang menjelaskan bahwa prototipe ini ada di properti ‘Apple Garage’ bertahun-tahun sebelum diberikan oleh Steve Jobs kepada pemiliknya saat ini sekitar 30 tahun yang lalu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button