Tempat Wisata

Saung Angklung Udjo, Traveling sambil belajar budaya Sunda di Bandung

harga tiket: Rp60.000 Waktu aktif: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata budaya sekaligus edukasi komprehensif tentang budaya Sunda. Dimaksudkan sebagai wisata budaya dan edukasi karena di tempat ini terdapat arena pertunjukan, bengkel alat musik bambu dan pusat kerajinan bambu. Saung Udjo didirikan pada tahun 1966.

Pertunjukan di Saung Angklung di Bandung tidak terbatas pada pertunjukan seni, tetapi juga menampilkan berbagai alat musik bambu tradisional. Misalnya alat musik Angklung, Calung, Arumba untuk dibeli pembeli.

Tentunya bagi anda yang memiliki hobi melestarikan budaya daerah khususnya sunda, wisata ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Anda juga bisa melihat pertunjukan seni dari luar daerah bahkan dari luar negeri.

Daya Tarik Saung Angklung Udjo

Daya tarik Saung Angklung UdjosSumber Gambar: Google Maps Hidayat Asep

1. Desain interior bambu

Keunikan Saung Angklung adalah desain interiornya yang lebih banyak menggunakan bambu. Pemandangan ini tidak lagi hanya menawarkan pemandangan yang berbeda, tetapi juga memiliki nilai eksotik.

Nuansa tradisional juga akan semakin terdengar ketika ada alunan suara angklung. Hal ini membuat setiap wisatawan yang datang merasa lebih tenang dan nyaman.

2. Pertunjukan Wayang Golek

Wayang Golek merupakan budaya khas Sunda yang diperankan oleh wayang kayu yang diiringi dengan kostum. Pertunjukan wayang golek biasanya digunakan sebagai upacara pembukaan pada hari-hari tertentu.

Pertunjukan wayang golek bukan sekedar hiburan. Ada pesan moral yang bisa diserap oleh penonton. Waktu atau durasi pertunjukan biasanya sekitar 20 menit, yang kemudian diisi dengan acara selanjutnya.

3. Pertunjukan tari topeng

Pertunjukan tari topeng adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari di Saung Angklung Udjo. Tari Topeng memiliki arti seorang penyiar dari Majapahit yang bertugas menyelidiki kasus di kerajaan Blambangan. Penari bertopeng itu tampak mengenakan topeng saat menyampaikan pesan.

4. Upacara Helaran

Helaran adalah upacara yang diadakan pada saat khitanan dan upacara panen padi. Helaran adalah atraksi tradisional Sunda yang menghibur pengunjung. Pesan yang terkandung dalam pertunjukan ini merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan.

Nuansa pertunjukan Helaran adalah keceriaan dan semangat, sehingga musik yang mengiringinya juga bernuansa ceria. Tarian gembira diiringi lagu daerah setempat biasanya dibawakan oleh anak-anak.

5. Permainan Orkestra Angklung

Pertunjukan orkestra Angklung dimainkan bersama, diiringi oleh tarian Jawa. Jenis lagu yang dibawakan alat musik tradisional seperti Angklung adalah lagu Twinkle Little Star, lagu Balonku dan beberapa lagu daerah lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Saung Angklung UdjoSumber gambar: Google Maps Benvenutus Paskha

Wisata budaya dan edukasi ini bertempat di Jalan Padasuka nomor 118 tepatnya di Desa Pasir Layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung Barat, Jawa Barat. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai lokasi Saung Angklung Udjo.

Jika Anda berkendara dari Kota Jakarta, pilih arah Cipularang, ambil Jembatan Pasopati lalu ikuti petunjuk arah yang ada di papan tersebut. Ambil arah Cicaheum. Sebelum Anda sampai sekitar 100 meter ke terminal Cicaheum, Anda bisa membaca rambu-rambu untuk menuju lokasi.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, pilihlah jalur Cicaheum-Ciroyom nomor 06 dari Surapati, mereka meminta berhenti di pertigaan Padasuka. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki, karena jaraknya hanya sekitar 500 meter.

Biaya masuk ke tempat-tempat seni

Tarif tetap untuk bisa masuk ke Saung Angklung Udjo tidaklah mahal. Harganya standar sesuai dengan tujuan yang dicapai wisatawan. Untuk pengunjung dewasa dari Indonesia (WNI) tarifnya Rp 60.000 per orang. Untuk pengunjung asing dewasa tarifnya Rp 100.000 per orang.

Jika pengunjung masih duduk sebagai warga negara Indonesia, harga akan ditetapkan sebesar Rp40.000 per orang. Untuk turis pelajar asing, harganya Rp 60.000 per orang. Untuk anak-anak di bawah usia tiga tahun, tarif biaya gratis (tidak dibayar).

Hal menarik yang bisa dilakukan di Saung Angklung Udjo

Kegiatan Saung Angklung UdjoSumber gambar: Google Maps Mutiara Lestari

1. Menikmati Masakan Sunda

Jika Anda berwisata ke Saung Angklung Udjo, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Anda juga tidak perlu repot membawa bekal makanan yang berat. Fasilitas restoran dengan kuliner khas sunda tersedia di wisata ini.

Salah satu restoran yang bisa Anda temukan adalah Dapoer Angklung. Beragam menu bisa Anda pilih antara lain nasi timbel, nasi liwet, nasi bakar, ikan gurame bakar, cah kangkung dan masih banyak lagi. Tentu tidak terlepas dari lalapan khas Sunda.

Selain itu, Anda juga bisa memesan makanan seperti batagor dan siomay bandung. Harga yang dipatok pun standar, tidak terlalu mahal.

2. Menikmati pertunjukan Angklung

Seperti namanya, Saung Angklung, Anda juga dipersilakan untuk memainkan angklung. Jenis pertunjukan yang diadakan juga beragam. Ada pertunjukan angklung untuk pemula, massa, angklung orkestra dan permainan arumba.

Jangan hanya melihat penampilan angklung saja. Di penghujung acara, wisatawan juga diajak untuk beraktifitas yaitu menari bersama. Terutama pengunjung yang masih dalam masa pelatihan akan mendapatkan pengalaman baru.

3. Lihat Pelatihan Angklung

Selain menikmati pertunjukan angklung, Anda juga bisa belajar tentang proses pembuatan angklung. Anda akan dipandu oleh guide yang akan menjelaskan cara membuat dan memainkan angklung.

Ya, sesuai dengan namanya Wisata Budaya dan Edukasi, kamu juga bisa minum air sambil menyelam. Artinya, Anda tidak hanya bisa berwisata untuk menghilangkan penat, tapi juga menimba ilmu dan belajar. Selain hiburan, tentu juga memberikan kontribusi untuk perluasan pengetahuan.

4. Main angklung bersama

Selain melihat pertunjukan angklung orkestra, Anda juga bisa memainkan angklung bersama dengan pemain aslinya. Setiap pengunjung yang tertarik memainkan angklung akan dipinjamkan sebuah angklung dan diberikan petunjuk cara memainkannya.

Sebelum bermain bersama, pengunjung berkesempatan membunyikan angklung dengan benar. Setelah semuanya selesai, konduktor memberikan aba-aba seperti menggoyangkan angklung sesuai dengan kode yang diberikan. Ini merupakan sarana edukasi untuk mencintai kesenian daerah khususnya sunda.

5. Ikut menari bersama

Pengunjung Saung Angklung Udjo dapat menari bersama para penari yang sedang melakukan pertunjukan. Para penari memberikan contoh gerakan mereka untuk diikuti pengunjung.

Kegiatan menari yang melibatkan penari dan pengunjung ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Sunda kepada penonton. Budaya yang perlu dilestarikan dan dipupuk oleh generasi mendatang.

6. Bernyanyi bersama

Aktivitas Seru Saung Angklung UdjoKredit foto: Google Maps Erik Husby

Selain berbagai pertunjukan, pengunjung juga bisa bernyanyi bersama para pemain angklung. Lagu yang dinyanyikan merupakan lagu daerah khas Jawa Barat. Ini bisa menjadi pendidikan dan cara untuk mencintai budaya lokal.

7. Ambil foto

Saung Udjo menawarkan berbagai spot foto yang bagus. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar sambil berfoto bersama keluarga atau kerabat. Nuansa pepohonan bambu yang diiringi gemerisik dedaunan yang tertiup angin membuat pengunjung serasa berada di pedesaan.

Tentu saja, bagi Anda yang senang mengabadikan momen-momen tertentu saat bepergian, hal ini sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mengambil foto di sembarang tempat yang tersedia di sekitar kabin.

8. Belanja oleh-oleh

Tak hanya wisata budaya dan edukasi yang ditawarkan, sejumlah toko souvenir juga dibuka. Usai menikmati wisata, kini pengunjung dapat membeli berbagai pernak-pernik dari toko suvenir.

Anda bisa mencari oleh-oleh untuk orang tersayang. Jenis pernak pernik pun beragam ukurannya dari kecil hingga besar. Ada gaya utama angklung, kendang, kujang, gambang, dan gantungan kunci.

Aneka souvenir seperti sandal, kaos, gelang, tas, topi dan lainnya. Semuanya lengkap tersedia di Toko Oleh-Oleh Saung Udjo.

9. Nikmati keindahan alam

Konsep alam hijau dengan suasana seni pertunjukan tradisional sengaja dipadukan dalam Saung Angklung Udjo Tour. Kedua konsep tersebut dibuat secara sadar agar wisatawan tidak bosan jika hanya fokus pada satu nuansa wisata.

Bunyi musik tradisional berupa angklung dan penampilan panggung yang sedikit terbuka membuat suasana semakin natural. Seolah-olah pengunjung dibawa ke sebuah kawasan tradisional yang sarat dengan budaya Sunda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Saung

Fasilitas Saung Angklung UdjoKredit foto: Google Maps Ruli Riyanto

1. Toko suvenir

Pengunjung dapat membeli berbagai oleh-oleh di toko-toko suvenir yang ada di sekitar Saung Angklung Udjo. Toko suvenir juga menawarkan pembelian dalam jumlah besar. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli oleh-oleh yang anda inginkan.

2. Restoran khas sunda

Restoran yang ada di Saung Udjo tentu identik dengan kuliner khas Sunda. Nah, bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung, tidak ada salahnya jika ingin mencoba kuliner khas Sunda.

Anda bisa memilih berbagai jenis minuman, makanan dan jajanan khas sunda. Oleh karena itu, jika Anda pergi ke saung yang memiliki ciri khas Angklung ini, Anda tidak perlu khawatir kelaparan.

3. Taman

Taman yang mengelilingi tempat wisata ini cukup luas. Anda bisa menikmati udara sejuk dan nuansa alam. Anda dapat melihat-lihat halaman taman sambil berjalan-jalan atau menikmati makanan ringan yang Anda beli. Jangan lupa jaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah.

4. Akomodasi

Bagi Anda yang ingin bermalam di Saung Udjo, tim tour guide akan memandu Anda. Anda tidak perlu bermalam jauh-jauh untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

5. Masjid

Tempat ibadah atau mushola juga tersedia di kawasan Saung Angklung Udjo. Sehingga ketika waktu pelayanan tiba, para pengunjung tidak perlu khawatir untuk segera memenuhi kewajibannya.

6. Tempat parkir

Tempat parkir mobil yang luas dan aman juga tersedia di kawasan wisata ini. Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan besar beserta rombongan, tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir.

7. Toilet

Kehadiran toilet di tempat umum sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengunjung. Toilet di Saung tergolong bersih karena ada cleaning service yang rutin membersihkan.

Itulah hal tentang Saung Angklung Udjo. Jika Anda sedang merencanakan liburan atau wisata bertema budaya dan edukasi, berikut rekomendasi tempat yang tepat. Segera atur jadwalnya dan hubungi pihak terkait agar tidak kehabisan tiket.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button