Tempat Wisata

Savana Tegal Panjang, pesona sabana yang menakjubkan di Bandung

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Neglawangi, Kec. Paperari, Cab.Bandung Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Savana Tegal Panjang merupakan objek wisata yang saat ini sedang naik daun. Bukan tanpa alasan tentunya karena memiliki banyak keindahan yang tidak dimiliki objek wisata lainnya. Kali ini sebenarnya bukan tempat wisata melainkan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Seperti namanya, tempat ini adalah padang rumput yang sangat luas. Sejauh mata memandang ada warna hijau yang menyejukkan mata. Berkunjung ke sini dijamin tidak akan membosankan karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Selain itu udaranya juga sejuk, hampir tidak ada polusi dari asap pabrik dan kendaraan bermotor.

Perlu diketahui bahwa savana ini terletak di Bandung, lebih tepatnya di kecamatan Kertasari. Pasti banyak yang tahu kalau Bandung merupakan kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata. Udaranya yang sejuk membuat kawasan ini semakin populer di kalangan wisatawan dari penjuru nusantara.

Daya Tarik Savana Tegal Panjang

Daya tarik savana Tegal yang panjangSumber gambar: Google Maps Tanpa Nama

Meski bukan tempat wisata resmi, Savana Tegal Panjang memiliki banyak daya tarik yang tak bisa dipandang sebelah mata. Atraksi ini adalah alasan mengapa banyak wisatawan datang ke sini. Mulai dari penumpukan hewan di dalamnya, udara yang sejuk hingga pemandangan alam yang menakjubkan.

1. Koleksi hewan savana di Tegal Panjang

Daya tarik pertama adalah banyaknya satwa liar yang hidup di hutan lindung ini. Kebanyakan dari mereka adalah burung yang dilindungi, seperti elang dan harimau Jawa yang hampir punah. Ada juga babi hutan yang suaranya hanya terdengar dari jauh. Kambing hutan dengan tanduknya yang unik juga sering terlihat di waktu-waktu tertentu.

Beberapa satwa liar di Savana Tegal Panjang dilindungi, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan merusak atau memburunya. Karena ada beberapa hewan liar, disarankan untuk berhati-hati. Mendirikan tenda dan kemah juga diperbolehkan di tempat ini, namun Anda tetap harus menjaga keselamatan diri sendiri karena masih banyak hewan liar.

2. Keindahan alam yang memukau

Tak bisa dipungkiri daya tarik utama tempat wisata di Bandung ini adalah keindahan alamnya yang mempesona. Savannah yang berarti padang rumput yang luas, bisa dilihat dengan sangat jelas di sini. Bukan sembarang rumput tentunya, melainkan rumput alang-alang atau alang-alang yang setinggi pinggang orang dewasa.

Keindahan Savana Tegal Panjang bisa dilihat dari berbagai sudut. Misalnya, dari jauh terlihat seperti lembah dengan konturnya yang bertingkat-tingkat yang khas. Hal ini disebabkan perbedaan warna rerumputan yang terlihat akibat bias sinar matahari. Selain hijau, di satu sisi Anda bisa melihat warna kekuningan yang sangat indah dan tak pernah bosan memanjakan mata.

Cukup banyak turis yang menyamakan kecantikannya dengan padang rumput di Eropa. Mungkin Anda juga berpikir begitu setelah mengunjungi dan mengamati semua yang ada di lokasi. Meski ada pendapat lain, mereka tetap tidak menghilangkan pesona cantiknya yang luar biasa.

3. Suasana alami dan asri

Savana Tegal Panjang jauh dari perkotaan, bisa dikatakan lokasinya dekat dengan pedesaan. Ini membuatnya menjadi tempat yang terlihat indah dan alami. Hampir setiap titik lokasinya belum pernah tersentuh oleh tangan manusia jahil. Udaranya sejuk, dingin dan suasananya sangat bagus.

Menariknya, sungai kecil mengalir di tengah padang rumput ini. Sungai membuat suasana semakin asri dan cocok sebagai media penyembuhan. Dari dekat, gumaman merdu sungai yang terhalang bebatuan kecil terdengar cukup jelas. Selain mata dimanjakan pesonanya, kepala pun lebih jernih dan jauh dari stres.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Savana Tegal PanjangSumber gambar: Google Maps Abdul Latif

Jika ingin mengunjungi Savana Tegal Panjang, silahkan berkunjung ke Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di situlah tempat wisata hits ini berada. Untuk mencapainya bisa menggunakan kendaraan jenis apapun, namun tetap disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun yang jelas anda harus melanjutkan wisata hiking dengan berjalan kaki setelah sampai di pedesaan. Tidak ada akses jalan menuju objek wisata, hanya jalan setapak. Lumayan jauh, butuh waktu minimal 6 jam untuk sampai di tempat. Perjalanan menjadi semakin sulit, karena kontur khas pegunungan yang menjulang terus mengiringi perjalanan Anda.

Sebelumnya anda harus ke desa Neglawangi terlebih dahulu untuk mengunjungi Savana Tegal Panjang. Desa ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Bandung yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan sepeda motor atau mobil. Rute yang paling direkomendasikan adalah berkendara ke Ciparay kemudian ambil jalan yang mengarah ke kolam renang Tirta Raya.

Lanjut ke Jalan Raya Pacet lalu ke Jalan Raya Cibeureum. Setelah itu anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju Tugu Desa Tarumajaya. Perjalanan dilanjutkan menuju Kantor Desa Neglawangi, disini anda perlu memarkir kendaraan anda dan melanjutkan perjalanan anda menuju tempat tujuan wisata.

Meski sangat jauh, perjalanan menuju Savana Tegal Panjang sangat menyenangkan. Karena selama perjalanan selalu dibarengi dengan keindahan alam. Misalnya perkebunan teh yang Anda jumpai saat memulai pendakian. Setelah itu, jika Anda menuju ke hutan yang lebih lebat, Anda bisa merasakan pemandangan yang hijau dan suasana yang tenang.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak perlu membayar apa pun saat berada di sini. Pasalnya, objek wisata tidak resmi ini gratis dan tidak dipungut biaya. Hanya saja, Anda perlu mengurus SIMAKSI sebagai syarat utama pendakian. Ada juga sebagian besar biaya parkir sukarela.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Savana Tegal Panjang

Kegiatan Savana Tegal PanjangKredit foto: Google Maps Ari Geang

Karena sulitnya pendakian, tidak semua wisatawan bisa mengunjungi Savana Tegal Panjang. Kebanyakan pengunjung berasal dari pelajar dan pecinta alam. Tujuan dan kegiatannya berbeda-beda, ada yang ingin melakukan penelitian atau sekedar menikmati keindahan alam yang mempesona.

1. Pelacakan ke lokasi

Kegiatan pertama yang tidak boleh dilewatkan karena sangat menarik adalah tracking. Kegiatan ini dinilai sangat menarik karena selalu dibarengi dengan keindahan alam selama perjalanan. Hamparan sawah dan perkebunan warga sangat jelas terlihat, begitu indah dan menyejukkan mata.

2. Menikmati pemandangan alam

Selanjutnya menikmati pemandangan alam termasuk kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan bisa dikatakan tujuan utama para wisatawan yang datang ke Savana Tegal Panjang adalah untuk menikmati pesonanya. Pemandangan alam yang hijau dan asri semakin lengkap dengan sungai kecil yang mengalir di tengah padang rumput.

3. Camping atau berkemah

Berkemah atau berkemah adalah kegiatan wajib saat mengunjungi tempat wisata eksotis di Bandung ini. Alasannya adalah Anda mungkin tidak akan melakukan perjalanan naik turun hanya dalam satu hari. Belum lengkap rasanya jika belum merasakan pesona matahari terbit yang begitu indah.

4. Berburu spot foto

Obyek wisata ini tidak memiliki tempat khusus untuk kegiatan foto. Namun, karena keindahannya dapat dilihat dari segala arah, hampir semua titik lokasi cocok dijadikan objek foto. Yang harus Anda lakukan adalah menentukan latar belakang yang tepat, apakah Anda ingin mengabadikan padang rumput, bukit, atau sungai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Savana Tegal PanjangKredit foto: Facebook Hendra Messa

Karena Savana Tegal Panjang bukan objek wisata resmi, tidak banyak fasilitas yang bisa ditemukan. Tidak ada fasilitas di situs utama yang dapat Anda gunakan. Beberapa fasilitas hanya dapat ditemukan di desa tempat Anda memulai pendakian. Tidak banyak juga, hanya tempat parkir dan kios sederhana.

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai objek wisata populer di Bandung yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Meski fasilitasnya minim, bukan berarti tempat ini tidak layak untuk dikunjungi. Seperti halnya mengunjungi gunung dan bukit lainnya, mengunjungi Savana Tegal Panjang diharapkan membawa perbekalan yang cukup.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button