Berita Wisata

Savana Tianyar, tempat wisata alam di Karangasem

JournalPost.com – Jika anda berlibur ke Bali khususnya di bagian timur, Savana Tianyar merupakan tempat rekomendasi yang wajib anda kunjungi. Di Karangasem sendiri tempat ini sangat populer karena keindahan alam yang disuguhkannya. Namun banyak juga wisatawan dari luar daerah yang tidak mengetahui keberadaan Savana Tianyar.

Adapun lokasinya, Savana Tianyar berada di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Pastinya kalian penasaran bukan? Apa itu Savana Tianyar?

Savannah adalah hamparan dataran tempat hewan seperti kuda mencari makan. Keindahan savana ini bisa berubah tergantung musim. Saat musim hujan, rerumputan yang gersang akan menghijau. Tetapi jika musim panas, rumput akan menjadi tandus.

Dengan latar belakang Gunung Agung yang megah, serta deretan perbukitan termasuk Bukit Mangun dan bendungan di kawasan ini menambah keindahan sabana.

“Pertama kali saya berwisata ke tempat ini, awalnya saya agak ragu untuk datang, namun setelah saya sampai saya sangat pusing dengan pemandangan yang luar biasa, karena saya mencintai alam terutama untuk melepas penat, liburan bersama keluarga ini juga recommended untuk orang yang suka berfoto bertema alam,” kata Budi, salah satu pengunjung.

Ada beberapa spot di savana yaitu yang tidak di kelola oleh warga dan ada dua lahan yang di kelola warga yang dijadikan objek wisata dengan berbagai fasilitas yang disediakan.
“Untuk tiket masuk bayar sepuasnya kalau ke tempat wisata yang dikelola warga sekitar. Tapi yang tidak dikelola warga gratis,” kata Putri, salah satu warga.

Perlu diketahui sabana Tianyar dulunya juga dikenal sebagai tanah lava, karena daerah ini memang paling parah terkena dampak letusan Gunung Agung, termasuk Tianyar yang menjadi aliran lahar dari letusan Gunung Agung. Jadi tidak asing lagi jika menemukan batu-batu besar di sekitar.

Akses jalannya sendiri cukup bagus karena masih bisa dilalui dengan mobil namun minusnya jalan agak rusak dan banyak bebatuan, harus hati-hati saat melintas. Juga, ada tambang pasir dan beberapa pemukiman pemukiman. Sifat Savana bisa berubah karena hal tersebut, jika ingin menikmati keindahannya, Anda bisa mengunjunginya sekarang juga.

Oleh: Novi, murid Stahn Mpu Kuturan Singaraja

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button