Tempat Wisata

Sawah Lodok: Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ketika seseorang berbicara tentang sawah, secara alami orang akan berpikir tentang tempat di mana para petani melakukan kegiatan pertanian. Sawah sebagian besar berbentuk persegi dan dibagi menjadi petak-petak besar. Namun, pernahkah Anda melihat persawahan unik di wilayah Nusa Tenggara Timur? Sawah unik ini berbentuk seperti jaring laba-laba. Sawah berbentuk jaring disebut sawah Lodok oleh penduduk setempat.

Sawah Lodok

Bentuk sawah yang unik terutama terkait dengan jenis pengelolaan lahan dan fungsi lahan sawah. Sistem distribusi padi di daerah ini dikenal dengan istilah Lingko. Menurut informasi, Lingko merupakan tanah ulayat yang dimiliki bersama untuk memenuhi kebutuhan bersama masyarakat adat. Tanah tersebut dibagi oleh pemimpin biasa atau oleh masyarakat setempat disebut Tu’a Teno.

Daya Tarik Sawah Lodok :

Di Desa Cancar terdapat pemandangan menarik berupa hamparan sawah yang bentuknya menyerupai jaring laba-laba. Mungkin lebih dikenal dengan sebutan Spider Field. Bentuk sawah yang unik merupakan tradisi tradisional masyarakat setempat, khususnya Kabupaten Manggarai. Di kabupaten ini pembagian kebun dan sawah dikenal dengan istilah lingko, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan umum.

Tanah biasa dibagikan kepada penduduk menurut peraturan yang biasa. Sawah berbentuk sarang laba-laba dibawa keluar dengan tangga biasa dari titik pusat di tengah sawah. Pembagian sawah Lodok juga dilakukan secara adil oleh seluruh keluarga yang ada.

Luas tanah yang diperoleh disesuaikan dengan posisi masyarakat yang tinggal di desa tersebut. Selain itu, jumlah keluarga juga mempengaruhi distribusi sawah. Semakin banyak jumlah keluarga dan semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin luas tanah yang diperolehnya.

Untungnya, sawah yang berbentuk seperti ini dikelilingi perbukitan. Pengunjung yang penasaran dan ingin melihat bentuk sawah yang mengingatkan pada jaring laba-laba bisa sekaligus menikmati pemandangan yang menakjubkan. Saat pengunjung melihat sawah dari atas bukit, bentuk sawah menyerupai bentuk crop circle yang misterius.

Bentuknya yang unik ini juga dipercaya menyerupai persawahan di Ubud dengan ciri khas bertingkat. Area persawahan di desa Cancar semakin menarik minat wisatawan. Banyak yang penasaran dengan keunikan bentuk dan cara membelah sawah Lodok di Kabupaten Manggarai.

Daerah ini tidak hanya dikenal dengan persawahannya yang unik, tetapi juga memiliki nilai budaya dan warisan yang ditawarkan. Area persawahan ini juga menjadi salah satu ekspresi budaya di Nusa Tenggara Timur.

Tu’a Teno adalah sebutan untuk pemimpin tanah yang memiliki kekuasaan untuk membagi tanah. Ia biasanya membagi sawah dengan membentuknya dari tengah sesuai pola tengah lalu menyeretnya ke arah sudut untuk membentuk bentuk yang berbeda. Jika dilihat dari atas, sebenarnya bentuknya seperti jaring laba-laba.

Juga bagian tengah sawah memiliki arti dan kepentingan tersendiri. Bagian yang sering disebut sebagai pusat merupakan simbol kebersamaan, kekeluargaan dan kekeluargaan. Saat Anda berkunjung ke Sawah Lodok, masyarakat setempat juga melakukan upacara adat yang disebut ritus. Upacara adat ini dilakukan di sawah Lodok sebelum masyarakat menanam padi.

Terdapat 11 Sawah Lodok yang menarik di kawasan ini, yaitu Lingko Molo, Lingko Pong Ndung, Lingko Lindang, Lingko Jeggok, Lingko Sepe, Lingko Temek, Lingko Wae Toso, Lingko Purang Pane, Lingko Ngaung Meler dan Lingko Lumpung, serta Linko Lumbung II. Sawah tersebut tersebar di delapan desa di Desa Meler, Cancar.

Semua pemandangan sawah Lodok yang menakjubkan ini dapat dinikmati dari Puncak Weol. Untuk mencapai puncak Weol, pengunjung harus berjalan cukup jauh. Sekitar 250 anak tangga yang harus dilalui dari Blasushütte. Anak tangganya terbuat dari tumpukan tanah dan bambu sebagai penopang. Bentuknya dibuat dengan gaya zigzag dan memiliki pagar bambu di bagian pinggirnya.

Fasilitas Sawah Lodok:

Karena tur ini relatif baru, belum ada fasilitas yang memadai di sekitar perbukitan Weol-da.

Biaya masuk ke sawah Lodok

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 5.000/orang
  • Harga Tiket Masuk Nasional: Rp 10.000/orang
  • Biaya masuk untuk orang asing: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka operator sawah Lodok:

Lokasi dan Rute Sawah Lodok:

Alamat Kawasan Wisata Sawah Lodok berada di SMPN 1 Cancar, Bulan, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Jalan menuju tempat tersebut adalah dari Ruteng menuju desa Cancar dengan jarak tempuh sekitar 45 m, Anda dapat menggunakan jasa ojek atau ojek dengan biaya sekitar 50.000 rupiah. Setelah sampai di Pasar Cancar, Anda bisa memasuki tempat tersebut dengan jarak sekitar 3 km. Setelah menemukan jalan kecil terakhir dan juga tanjakan yang sempit dan curam, Anda tinggal menyusuri jalan tersebut.

Sawah Lodok merupakan salah satu destinasi wisata unik berupa hamparan sawah yang berbentuk jaring laba-laba. Hamparan sawah yang indah ini bisa dinikmati dari atas bukit yang mudah dijangkau. Sesampainya di kawasan wisata ini, Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata, hati, dan pikiran. Wisata persawahan Lodok yang unik ini telah menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena kelezatan yang menarik tidak hanya terletak pada bentuk sawahnya, tetapi juga pada nilai budaya dan lingkungan yang sangat alami. Pemandangan indah ini hanya bisa Anda temukan di Nusa Tenggara Timur.

Peta lokasi sawah Lodok

Tips mengunjungi sawah Lodok

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Sawah Lodok semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi sawah Lodok adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Sawah Lodok bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Sawah Lodok.

Galeri foto sawah Lodok di NTT

Lodok PadiLodok Sawah Sumber : instagram.com/aje_6506Sawah LodokSawah Lodok Sumber : .instagram.com/hope_rent_car/Potret sebuah rumah di dekat sawahBerburu foto di atas bukit di atas sawahTitik foto terbaik dengan latar belakang sawah Lodok

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button