Tempat Wisata

Sayangnya Taman Nasional Purwo, wisata alam yang penuh pesona

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Ini memiliki pemandangan hutan yang luas serta beberapa spesies hewan yang bebas berkeliaran. Melakukan Taman Nasional Alas Purwo diminta oleh banyak orang. Terutama orang-orang yang berjiwa petualang dan pecinta alam. Tentu saja tempat yang satu ini wajib dikunjungi sekali seumur hidup.

Tempat di daerah Banyuwangi ini sering menjadi tempat yang bagus untuk berfoto. Untuk pasangan yang akan menikah atau untuk orang yang ingin mencari sudut terbaik.

Atraksi Taman Nasional Alas Purwo

Tempat Wisata Taman Nasional Alas PurwoKredit foto: Google Maps Joris van Dongen

Sebagai kawasan yang diakui pemerintah sebagai kawasan hutan tertua di pulau Jawa, Taman Nasional Alas Purwo secara alami menyimpan begitu banyak keindahan. Taman ini juga terkenal dengan nuansa mistis dan misteriusnya, membuat para pengunjung semakin terpacu adrenalinnya.

1. Kawasan hutan hijau

Karena memiliki vegetasi yang begitu variatif yang membuat kawasan hutan ini begitu hijau. Pertumbuhan tanaman di sekitarnya selalu dijaga baik oleh warga maupun pemerintah setempat.

Pengunjung tidak akan bosan dengan pemandangan dari hutan ini. Karena pengunjung dituntun masuk ke dalam hutan yang masih asri dan hijau.

Saat pengunjung menembus lebih dalam ke kawasan hutan. Pengunjung akan menemukan banyak flora yang tidak tumbuh di tempat lain selain di hutan ini.

2. Fauna yang beragam

Sayangnya, Taman Nasional Purwo juga kaya akan fauna. Pengunjung akan menemukan berbagai satwa liar yang hidup di kawasan hutan.

Mulai dari hewan liar biasa hingga yang eksotis, pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari di hutan ini. Satwa seperti sapi liar, burung merak bahkan harimau jawa khas pulau jawa masih bisa ditemukan oleh pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis satwa yang tidak terdapat di daerah lain. Misalnya kera besar, babi rusa dan ular khas daerah endemik.

3. Pepohonan yang rindang

Kawasan Alas Purwo juga terkenal dengan pepohonannya yang bisa tumbuh hingga ratusan tahun. Pengunjung bisa melihat pepohonan puluhan meter di atas permukaan tanah.

Pepohonan di sekitar hutan selalu dijaga dengan baik oleh pihak berwenang. Agar anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan hutan.

Alhasil, air yang mengalir di sekitar hutan akan selalu jernih. Karena daerah sekitarnya memiliki fungsi penyaringan air, yang dapat menyerap banyak resapan air tanah.

Objek Wisata yang dimiliki Taman Nasional Alas PurwoKredit foto: Denah lantai dari Google Maps momo

4. sabana yang indah

Di bawah pohon-pohon yang tumbuh dekat dengan hutan. Ada hutan sabana yang menjadi rumah bagi beberapa hewan endemik.

Pengunjung dibawa kembali ke masa ketika semuanya indah dan indah. Pemandangan hijau rerumputan yang tinggi tidak akan membuat pengunjung bosan.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengamati satwa liar dari dekat. Selama pengunjung tidak mengganggu mereka, pengunjung bisa leluasa berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut.

5. Pantai yang indah

Selain pemandangan hutan dan pepohonan yang mengelilingi kawasan hutan. Kawasan ini juga memiliki panorama pantai yang berbeda.

Pengunjung yang datang disuguhi pemandangan pantai yang indah. Juga pemandangan hutan yang berada persis di belakang pantai.

Bagi pengunjung yang ingin bermain di sekitar pantai. Anda diharapkan membawa perlengkapan pribadi seperti pelampung, tenda, dll.

6. Matahari terbenam yang menakjubkan

Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan berupa hutan dan sabana yang indah. Pengunjung juga bisa melihat indahnya matahari terbenam di Taman Nasional Alas Purwo.

Karena kawasan di sekitar padang sabana yang luas bisa menyuguhkan keindahan tersendiri. Apalagi saat senja telah menyapa kawasan itu.

Pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan matahari terbenam di kawasan ini. Apapun masalahnya, pengunjung dapat melihat matahari dari jauh, yang telah berubah menjadi merah kekuningan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman NasionalSumber gambar: Google Maps Aida Lutfiati

Untuk sepenuhnya menghargai keindahan Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung harus melakukan perjalanan darat ke Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Pengunjung yang datang dari luar pulau bisa datang ke bandara setempat, dan pengunjung yang datang dari daerah sekitar bisa menggunakan angkutan umum atau kereta api.

Begitu pengunjung tiba di Kabupaten Banyuwangi, pengunjung bisa menuju Kecamatan Purwoharjo atau Kecamatan Tegaldlimo. Kedua tempat ini merupakan wilayah yang termasuk Alas Purwo sebagai bagian dari wilayah administrasi.

Setibanya di kecamatan terkait, pengunjung memiliki dua pilihan untuk menuju Alas Purwo. Pertama, pengunjung dapat mengikuti transportasi yang disediakan oleh pemandu wisata.

Kedua, pengunjung dapat mengikuti petunjuk di peta dari perangkat pribadi mereka. Kemudian pengunjung akan dibawa ke pintu masuk hutan Alas Purwo.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket masuk Taman Nasional Alas PurnomoSumber gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Jika pengunjung ingin masuk ke Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung hanya perlu membayar Rp15.000.00. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, dan harga tersebut dapat berbeda untuk wisatawan asing.

Untuk wisatawan dari luar negeri, pengelola mematok harga sekitar Rp150.000,00 untuk tiket masuknya. Hal ini agar wisatawan lokal dapat menikmati keindahan Alas Purwo tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Biaya lain yang harus dibayar pengunjung adalah biaya akomodasi pemandu. Namun, biaya ini tampaknya opsional karena pengunjung mungkin atau mungkin tidak menggunakan layanan pemandu wisata secara bebas.

Selain itu, biaya perjalanan adalah biaya opsional lain yang dapat dimasukkan pengunjung. Jika pengunjung datang dengan angkutan umum, tentu saja harga tiket dapat diimbangi dengan biaya perjalanan.

Saat ini kawasan Alas Purwo tidak buka selama 24 jam. Hal ini disebabkan oleh keadaan yang mengharuskan pengelola untuk membatasi akses terhadap hutan.

Namun, pengunjung tidak perlu khawatir. Karena Alas Purwo masih buka dari subuh hingga senja untuk menyambut pengunjung.

Aktivitas Menarik di Taman Nasional Alas Purwo

Aktivitas di Taman Nasional Alas PurwoKredit foto: Google Maps Tria Valentina Anggraini

1. Memberi makan satwa liar

Karena begitu banyak satwa yang hidup dan hidup di Taman Nasional Alas Purwo. Memungkinkan pengunjung untuk terlibat dalam kegiatan seperti memberi makan hewan.

Memperhatikan bahwa pengunjung tetap harus didampingi oleh pemandu wisata atau pengelola. Sehingga pakan yang diberikan kepada hewan di daerah tersebut tetap higienis.

2. Nikmati pantai

Di ujung hutan ada pantai yang menyambut pengunjung. Wisatawan dan pengunjung bisa bersantai sejenak sambil melepas penat di pantai.

Pengunjung juga bisa sekedar bermain air atau pasir di sekitar pantai. Pengunjung tidak akan bosan menginap di area sekitar pantai karena pantai-pantai di Alas Purwo terkenal indah dan asri.

3. Petualangan di hutan

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan di kawasan Alas Purwo. Daerah ini terkenal dengan pepohonannya yang lebat dan menjulang tinggi.

Oleh karena itu, pengunjung dapat bertualang melihat ke dalam hutan. Pengunjung juga dapat memasuki area sabana untuk menikmati tumbuh-tumbuhan berumput yang tumbuh.

4. Memotret hewan dan tumbuhan

Aktivitas Menarik di Taman Nasional Alas PurwoSumber gambar: Twitter Ramon Yusuf Tungka

Aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung di hutan Alas Purwo adalah fotografi. Kawasan ini masih terkenal dengan ruang terbuka hijaunya.

Oleh karena itu, pengunjung dapat mengambil banyak foto dengan bebas. Baik foto satwa yang hidup di kawasan tersebut maupun foto tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh.

5. Perjalanan ke Goa

Sayangnya, Taman Nasional Purwo juga memiliki gua bernama Songgo Langit. Pengunjung bisa datang ke gua ini pada waktu-waktu tertentu.

Misalnya pada sore atau malam hari. Karena pada jam-jam tersebut sinar matahari jatuh dengan sempurna ke dalam gua dan dapat mengungkap keindahannya sendiri.

6. Wisata Religi

Pengunjung yang ingin menikmati wisata religi bisa datang ke Makam Gandrung. Kawasan ini terkenal dengan pengunjung yang ingin menikmati ketenangan batin.

Karena Makam Gandrung juga menjadi kawasan wisata selanjutnya. Sehingga pengunjung bisa langsung datang ke tempat ini setelah sampai di Alas Purwo.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Alas Purnomo, kawasan Taman NasionalKredit foto: Instagram ingin menjadi Mulu

Ada banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung secara gratis saat pengunjung datang ke Taman Nasional Alas Purwo. Salah satunya adalah toilet umum, tempat ibadah dan juga kantor pengaduan.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola adalah pemandu wisata. Ini seharusnya membuat pengunjung pertama kali merasa lebih nyaman di hutan.

Selain itu, pengunjung dapat bersantai sejenak di beberapa bangunan semi permanen yang disediakan pengelola. Agar pengunjung yang lelah kembali segar setelah masa istirahat.

Nah itulah beberapa manfaat, fasilitas, atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung ketika datang ke Taman Nasional Alas Purwo. Tentu saja, sebagai tempat yang lama dikelola pemerintah, hutan wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan liburan bagi pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button