Berita Wisata

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru Bangkalan

LIMADTIK.COM, BANGKALAN – Mahasiswa saat ini tidak hanya dituntut untuk dapat berhasil secara akademik, tetapi juga berkontribusi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) adalah menyelenggarakan aksi pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pada Kamis, 29 Desember 2022 di Wisata Pantai Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Timur. Jawa.

Laporan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, saat ini kondisi ruang terbuka hijau di Kabupaten Bangkalan masih cukup rendah yaitu hanya 13,7% dan masih membutuhkan sekitar 16,3% lagi untuk mencapai target Ruang Terbuka Hijau (RTH), sesuai dengan apa yang ditentukan oleh undang-undang no. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kelompok tema KKN 5 UTM menggelar dan menekankan pentingnya menjaga lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon.

Pembimbing Lapangan (DPL), Choirul Umam S.TP, MT, mengatakan selain menjalankan program kerja, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bukti kepedulian mahasiswa akan pentingnya penghijauan bagi lingkungan.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa UTM melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan menanam pohon di Wisata Pantai Biru BangkalanFOTO: Antusiasme mahasiswa UTM saat menanam pohon

“Dengan menanam pohon, lingkungan akan lebih asri. Yang tak kalah penting, melalui gerakan penghijauan ini, berarti kita telah berkontribusi dalam penciptaan ruang hijau dan upaya mengurangi dampak pemanasan global,” ujarnya, Rabu (4/1/2023) kepada media ini.

Choirul mengatakan, kegiatan penghijauan dengan menanam pohon ditetapkan sebagai salah satu program kerja mahasiswa tematik kelompok KKN 5, mengingat lahan hijau di desa Telaga Biru hanya sedikit, khususnya di kawasan wisata Pantai Biru.

“Pemilihan kawasan Wisata Pantai Biru didasarkan pada potensi, dimana tempat wisata merupakan tempat yang paling banyak mendapat perhatian dari masyarakat. peduli dan cinta lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Telaga Biru menyampaikan terima kasih dan mendukung kegiatan ini, mengingat juga merupakan bagian dari program pembangunan desa. Kepala desa berharap dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan semangat masyarakat desa Telaga Biru untuk berpartisipasi dalam penanaman tanaman yang bermanfaat.

“Sehingga ke depannya desa Telaga Biru akan terasa lebih tenang dan segar. Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini tentu kami akan terus mendukung upaya pelestarian alam,” tandasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button