Berita Wisata

Sebelum evaluasi akhir semester Mimau, lakukan kunjungan pendidikan

Banjarnegara – Melakukan aktivitas seru sambil belajar pasti sangat menarik. Belajar di sekolah dalam suasana formal terkadang membuat anak cepat bosan dan lelah. Belajar sambil jalan-jalan memang menyenangkan tapi selalu menambah ilmu. Demikian yang dilakukan MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (Mimau) bersama siswa kelas V dan VI pada Jumat dan Sabtu (12/11).

Diberikan oleh Wahyul Khomisah selaku Kepala Madrasah kepada seluruh siswa Kelas V dan VI sebelum pemberangkatan.

“Kegiatan wisata ini sebagai penyegaran otak dan raga kita menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Semester (PAS). Semoga setelah pelaksanaan ini, kita dapat meningkatkan semangat kita untuk belajar bagaimana mencapai semua prestasi, dan berdoa untuk perjalanan kita ke lancar, sehat dan aman,” kata Wahyul.

Wisata edukasi di kota Semarang ini membidik tiga tempat yaitu Masjid Raya, Cimory dan Saloka. Berangkat dari kota Gilar-gilar Banjarnegara pada hari Jumat pukul 00:00 sampai tiba di Masjid Raya Semarang pada pukul 04:00. Setibanya di Masjidil Haram, seluruh santri dan Dewan Guru Mimau melakukan pembersihan badan dan melakukan sholat subuh berjamaah. Dilanjutkan dengan makan pagi sebelum menuju tempat wisata Cimory dan Saloka.

Kesan salah satu guru di kelas tersebut tersampaikan saat ia beristirahat sambil bercengkerama usai sarapan pagi di halaman masjid bersama rekan-rekan guru lainnya.

“Belajar dan bepergian dapat membantu anak-anak mengalami dunia dengan cara yang berbeda,” kata Nuri.

Sebanyak 78 orang yang terdiri dari panitia, seluruh guru dan OSIS mengikuti kegiatan tersebut. Belajar dan jalan-jalan tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut menambah ilmu, salah satunya menjadi destinasi kedua yaitu Cimory. Wisata edukasi ini mengenalkan anak-anak pada proses memerah susu sapi dan kebun binatang mini.

Selain itu, di Cimory, anak-anak dapat belajar menanam dan memanen sayuran di kebun sayur yang telah disediakan. Bisa juga memberi makan kelinci dan juga bisa belajar memanah dengan bantuan petugas. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, berwisata juga bisa memicu adrenalin (pertahanan tubuh) dengan bermain Taman Wisata Bertema Saloka, tujuan akhir perjalanan. Selama kurang lebih 5 jam di Saloka, rombongan Mimau akhirnya selesai menikmati aktivitas dengan sangat senang dan ceria. Sesuai dengan slogan Saloka Cheers Never Ends.(nf)

Tampilan postingan: 8

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button