Berita Wisata

Sebelum upacara Tulude, siswa SMAN 3 Bitung membersihkan pantai Pulau Lembeh

Bitung, DetikManado.com – Ratusan siswa SMAN 3 Bitung melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang pantai Lembeh Selatan dan Kepulauan Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Jumat (27/01/2023) pagi.

Kepala SMAN 3 Bitung Goldfriet Ronny Sirfles Bawotong SPd MPd mengatakan, program bersih-bersih pulau Lembe Selatan dan Lembeh Utara dilaksanakan untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan upacara adat Tulude di Kota Bitung, Sabtu (02/04/2018). 2023).

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan bagian dari dukungan dan kesuksesan program upacara adat Tulude kota Bitung dan juga agar Pulau Lembeh bebas dari sampah terutama sampah plastik,” kata Bawotong.

Untuk aksi bersih dan gotong royong ini, ratusan siswa SMAN 3 Bitung diterjunkan di beberapa titik di pantai Pulau Lembeh.

Selain aksi bersih pantai, momentum ini juga dimanfaatkan Bawotong untuk mengajak dan menyadarkan para siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan membersihkan lingkungan dari sampah.

“Gerakan bersih ini harus menjadi contoh bagi masyarakat. Mahasiswa bisa menjadi agen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan, memilah sampah dan memanfaatkannya,” ujarnya.

Selain itu, siswa didorong untuk bekerja sama. Ada nilai karakter yang ditanamkan melalui keterlibatan langsung dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Anak-anak muda perlu peka untuk membiasakan diri mengolah sampah, dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Bawotong berharap ke depannya, kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti pada bersih-bersih, tetapi juga dilakukan penanaman pohon dan penghijauan lingkungan. (Yosep Ikanubun)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button