Berita Wisata

Sebuah RT di Jakarta Utara kebanjiran Rob

Jakarta, CNNIIndonesia

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta mengabarkan bahwa sebuah RT di Jakarta Utara kebanjiran banjir pasang surutJumat (6/1) pagi.

RT yang terendam berada di Kelurahan Koja, Jakarta Utara. Ketinggian air laut yang meluap di koloni dilaporkan sekitar pukul 09:50 WIB.

“Saat ini (06/1) terjadi gelombang pasang yang menyebabkan Pintu Air Pasar Ikan naik status waspada menjadi Siaga 2 (Siaga) dan banjir pesisir (Rob) di beberapa lokasi di wilayah DKI Jakarta,” tulis BPBD. laporan.

PUBLISITAS

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Meski begitu, BPBD DKI memprediksi banjir di sebuah RT akan segera surut dalam waktu singkat.

BPBD sebelumnya mengingatkan warga pesisir utara Jakarta untuk mewaspadai potensi banjir rob yang akan terjadi pada 3 hingga 10 Januari 2023.

“BPBD DKI mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi banjir,” tulis laporan BPBD tersebut.

Tanggul pantai bocor

Sebelumnya, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com ada sejumlah tanggul pantai yang bocor di Muara Baru, Jakarta Utara.

Salah satunya keluar dari lubang seukuran ibu jari orang dewasa. Rembesan air laut dari tanggul juga terpantau di beberapa titik di pantai Muara Baru.

“Ya, air laut merembes masuk, merembes masuk dan bocor ke luar sana,” ujar warga Siyatma (66) sambil menunjuk tanggul, Rabu (4/1).

Airnya tergenang dengan luas sekitar 500 meter dengan kedalaman berkisar antara 7 hingga 10 cm. Anda juga dapat melihat sampah mengambang di atasnya.

Dari tambak, air laut mengalir seperti sungai kecil dengan diameter 1,5 meter menuju dataran rendah dan berakhir di selokan.

Anda juga bisa melihat sekawanan kambing yang sedang minum dari kubangan dan orang-orang lain yang berjalan-jalan tidak peduli dengan kebocoran tanggul.

Jarak tanggul yang bocor dengan rumah warga cukup jauh, sekitar 200-300 meter.

Siyatma juga tinggal tidak jauh dari tempat itu, hanya sekitar 300 meter.

Pakar: Kebocoran isi ulang tidak boleh dianggap enteng

Pengawas tata kota Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai tanggul pantai yang bocor dan rembes tidak bisa dianggap enteng.

Nirwono menjelaskan, hempasan gelombang laut yang terus menerus terjadi dari waktu ke waktu dapat berdampak pada jebolnya tanggul.

“Gelombang yang kuat dan gelombang laut yang terus menerus akan memperlebar retakan dan kemungkinan retakan ini akan menyebabkan tanggul runtuh,” kata Nirwono kepada CNNIndonesia.comRabu (4/12).

Sementara itu, Sekretaris Dinas SDA DKI Jakarta Dudi Gardesi mengaku pihaknya sedang melakukan penjajakan dan segera memperbaiki retakan tanggul tersebut.

“Teman-teman masih belajar, tahun ini diperbaiki,” kata Dudi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta periode 3 hingga 10 Januari 2023 juga sudah membunyikan alarm potensi banjir rob di pesisir utara Jakarta.

“Hati-hati banjir di pesisir. Durasi: mulai 03 Januari hingga 10 Januari 2023,” tulis BPBD melalui unggahan di akun Instagramnya, Minggu (1/1).

Berdasarkan informasi dari BMKG, BPBD menyebut ada fenomena bulan purnama (bulan purnama) pada hari Jum’at tanggal 6 Januari 2023 berpotensi meningkatkan pasang tertinggi maksimum.

Dengan memantau data tinggi muka air dan memprediksi pasang surut, banjir rob dapat terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, termasuk pesisir utara DKI Jakarta.

(ya, mnf/anak)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button